Cara Mencegah Penyakit Organ Peredaran Darah, Tema 4, Subtema 3, Pembelajaran 1

Agar terjadi pertukaran udara, Siti membuka jendela kamar. Kamar Siti menjadi sejuk dan segar. Siti selalu menghirup udara segar di kamar. Siti pun hidup sehat. Itulah salah satu cara Siti menjaga kesehatan. Bagaimana cara lain yang dilakukan Siti untuk menjaga kesehatan? Minggu pagi Siti, Dayu, dan Lina bersepeda santai. Mereka bersepeda santai dari rumah Siti pukul 06.00 menuju alun-alun. Jarak rumah Siti menuju alun-alun tidak jauh, lebih kurang 5 km. Siti, Dayu, dan Lina hanya menghabiskan waktu 15 menit untuk sampai ke alun-alun.

Siti, Dayu, dan Lina telah melakukan salah satu bentuk olahraga yang bisa memperlancar peredaran darah mereka yaitu bersepeda santai. Tahukah kamu bahwa bersepeda santai dapat menjaga kesehatan organ peredaran darah, khususnya jantung? Sebagaimana ditegaskan dalam sebuah penelitian di Inggris tepatnya British Medical Association (BMA) bahwa bersepeda sejauh 20 mil dalam seminggu akan mengurangi risiko penyakit jantung koroner sebesar 50%. Bersepeda dengan santai akan mengatur detak jantung sehingga otot- otot jantung bekerja dengan baik. Jantung sangat berperan dalam peredaran darah manusia, yaitu sebagai pemompa. Selain jantung, organ peredaran darah manusia lainnya adalah pembuluh darah. Pembuluh darah manusia memiliki fungsi sebagai pengangkut makanan dan berbagai zat sisa-sisa metabolisme tubuh.

Pembuluh darah dan jantung bertanggung jawab untuk mengalirkan darah yang mengandung nutrisi, oksigen, hormon, dan gas-gas lain. Organ peredaran darah manusia, dapat mengalami gangguan oleh penyakit maupun berbagai kelainan, di antaranya jantung koroner. Oleh karena itu, jantung perlu dijaga kesehatannya. Apa itu jantung koroner? Jantung koroner merupakan penyakit jantung yang disebabkan oleh tersumbatnya arteri koroner, yaitu pembuluh yang menyuplai darah ke jantung. Penyumbatan pembuluh tersebut dapat terjadi karena adanya endapan lemak, terutama berupa kolesterol pada lapisan dalam dinding pembuluh. Penyumbatan pembuluh arteri dikenal dengan istilah arteriosklerosis.

Ayo Menulis!
Selain jantung koroner, masih banyak contoh penyakit yang dapat mengganggu organ peredaran darah. Sekarang, tugas kamu untuk mencari contoh penyakit yang bisa mengganggu organ peredaran darah manusia beserta cara pencegahannya. Kamu bisa mencari informasi tersebut dari berbagai sumber bacaan, termasuk internet. Tuliskan hasilnya dalam bentuk tabel seperti berikut!

NoPenyakitCara Pencegahan
1. Anemia
  1. Konsumsi Makanan Tinggi Zat Besi seperti kacang-kacangan, sereal, sayuran berwarna hijau, dan daging merah tanpa lemak.
  2. Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin B12 seperti ditemukan pada susu, semua olahan susu, daging, dan produk kedelai.
  3. Konsumsi Makanan Tinggi Serat
2. Hipotensi
  1. Cukupi cairan tubuh dengan memperbanyak konsumsi air untuk tubuh supaya terhindar dari dehidrasi.
  2. Mengkonsumsi makanan bergizi tinggi, empat sehat lima sempurna.
  3. Hidari tidur larut malam
  4. Olahraga secara teratur
3. Hipertensi
  1. Mengonsumsi makanan sehat.
  2. Berolahraga secara teratur.
  3. Menurunkan berat badan, jika diperlukan.
  4. Mengurangi konsumsi garam dan kafein.
4. Kanker darah
  1. Mengkonsumsi makanan sehat
  2. Rutin melkukan aktivitas fisik
  3. Melakukan pemeriksaan kesahatan tubuh secara rutin.
  4. Perbanyak konsumsi sayuran seperti brokoli, kubis, tomat, lobak dsb.
5. Varises
  1. Olahraga secara teratur
  2. Usahakan agar berat badan selalu tetap seimbang
  3. Hindari untuk berdiri yang terlalu lama.
  4. Hindari penggunaan pakaian sempit atau ketat pada bagian pinggang, paha, dan kaki.
  5. Biasakan mengonsumsi vitamin C dan E. 
”Mencegah lebih baik daripada mengobati”. Itulah slogan kesehatan yang sering kita dengar. Apa makna slogan tersebut? Tentu saja slogan yang berisi nasihat. Adapun makna dari slogan tersebut, adalah mencegah timbulnya faktor yang dapat menyebabkan terjangkitnya penyakit. Mencegah lebih baik daripada mengobati penyakit yang terlanjur menjangkiti tubuh kita. Pada dasarnya, faktor penyebab timbulnya penyakit dapat diminimalisasi dengan cara mencegah.

Nasihat bagi masyarakat secara umum bisa dilakukan melalui berbagai media seperti melalui slogan. Selain itu, nasihat bisa disampaikan melalui pantun seperti contoh berikut.
Indahnya persahabatan
Saling menjaga dan menghormati
Jagalah kesehatan badan
Jangan sampai mengobati
Ayo Mengamati!
Perhatikan pantun berikut ini!
Kacang goreng enak dimakan
Kue tape diberi ragi
Kalau tembok sudah dibersihkan
Jangan ada coretan lagi 
Apa jenis pantun di atas? Pantun nasihat
Ada berapa baitkah pantun di atas? 1 bait
Terdiri atas berapa bariskah bait pantun di atas? 4 baris
Tuliskan baris yang merupakan sampiran!
Kacang goreng enak dimakan
Kue tape diberi ragi

Tuliskan pula baris yang merupakan isi pantun!
Kalau tembok sudah dibersihkan
Jangan ada coretan lagi 


Pantun berbentuk puisi, terdiri atas empat baris, berirama silang (a-ba-b), disusun dengan irama yang indah, dan memiliki makna yang penting. Pantun termasuk karya yang dapat menghibur sekaligus menegur. Pantun merupakan ungkapan perasaan dan pikiran yang disusun dengan kata-kata indah, sehingga sangat menarik untuk didengar atau dibaca. Pantun menjadi ciri khas bangsa Indonesia dalam mendidik dan menyampaikan hal-hal yang bermanfaat.

Perhatikan contoh pantun berikut!
Memang indah bunga selasih
Selasih bunga tanpa getah
Lingkungan asri juga bersih
Belajarnya nyaman hatinya betah
Berdasarkan pantun di atas dapat dijelaskan sebagai berikut.
1. Pantun memiliki satu bait yang terdiri atas 4 baris.
2. Suku kata pada setiap baris secara urutan berjumlah 9, 9, 10, dan 11.
3. Setiap baris terdiri atas 4 kata.
4. Baris yang menunjukkan sampiran yaitu:
Memang indah bunga selasih (baris pertama)
Selasih bunga tanpa getah (baris kedua)
5. Baris yang menunjukkan isi yaitu:
Lingkungan asri juga bersih (baris ketiga)
Belajarnya nyaman hatinya betah (baris keempat)
6. Pantun bersajak a-b-a-b.
7. Pantun di atas termasuk jenis pantun nasihat.

Organ peredaran darah memegang peranan penting dalam kelangsungan hidup manusia. Oleh karena itu, sudah seharusnya setiap orang menjaga dan mencegah terjadinya gangguan-gangguan terhadap organ peredaran darah dalam tubuh. Bagaimanakah caranya?

Cara paling mudah dan murah tanpa biaya dalam menjaga dan mencegah terjadinya gangguan-gangguan organ peredaran darah manusia, sudah dicontohkan oleh Siti dan teman-temannya, yaitu dengan bersepeda santai. Masih banyak cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatanorgan peredaran darah dalam tubuh. Apa sajakah itu?

Ayo Membaca!
Peredaran darah juga sangat erat kaitannya dengan kerja dari jantung. Semakin baik kondisi jantung, maka peredaran darah di dalam tubuh juga menjadi semakin baik. Namun demikian, tidak semua orang memiliki kondisi peredaran darah yang normal dan dapat berfungsi dengan baik. Ada beberapa orang yang memiliki kelainan dan juga penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah mereka.

Ada beberapa penyebab yang menjadi faktor timbulnya penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah manusia. Beberapa penyebab yang dimaksud seperti faktor keturunan, obesitas, pengaruh timbulnya suatu penyakit kronis, gaya hidup tidak sehat, dan karena asap r0k0k, baik pada per0k0k aktif maupun per0k0k pasif.

Berdasarkan penyebab yang ada, kamu tentunya bisa mengidentifikasi cara mencegah timbulnya penyakit seperti berikut.
  1. Berolahraga secara teratur.
  2. Tidur yang cukup.
  3. Atur pola makan.
  4. Hindari asap rokok, baik sebagai perokok aktif maupun perokok pasif.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments