Batik, Seni Tradisional Indonesia yang Mendunia. Kelas 6, Tema 4, Subtema 1, Pembelajaran 2

Tahukah kamu bahwa batik Indonesia sudah mendunia? Ini membuktikan bahwa produk Indonesia juga mampu bersaing di era global. Sebagai warga negara Indonesia, kita pasti sangat bangga dengan hal tersebut. Ayo, kita cari tahu lebih lanjut tentang batik Indonesia.

Seni batik berawal dari seni tradisional yang dibuat khusus untuk para petinggi keraton pada zaman kerajaan di Nusantara. Seiring dengan perkembangannya, kini kain batik telah dipakai oleh berbagai kalangan, bahkan telah mendunia. Pada 2 Oktober 2009, UNESCO memberikan pengakuan dan mengesahkan secara resmi batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. Dalam sejarahnya, pulau Jawa merupakan titik awal perkembangan seni batik di Indonesia. Ragam motif batik pun dibedakan berdasarkan area pembuatannya: batik pedalaman dan batik pesisir. Berbagai ragam motif dan simbol yang digambarkan di atas sehelai kain memiliki makna filosofis yang menjadi pedoman kehidupan. Kerumitan dalam proses pembuatan, kekayaan ragam dan makna yang terkandung dalam batik Indonesia menjadi daya tarik bagi warga dunia. Melalui berbagai pameran seni tradisional yang diadakan di dalam dan luar negeri, batik Indonesia semakin dikenal dan diminati. Bahkan, beberapa tokoh dunia gemar mengenakan pakaian dengan motif batik Indonesia setelah mengenalnya sebagai tanda mata ketika berkunjung ke Indonesia. Misalnya, mendiang Nelson Mandela, mantan presiden Afrika Selatan, beliau kerap menggunakan batik Indonesia dalam kesehariannya. Begitu juga saat beliau berkunjung ke Inggris untuk bertemu dengan Ratu Elizabeth II di Istana Buckingham.

Saat ini batik karya pengrajin tradisional mengalami lonjakan pemesanan dari mancanegara untuk pasar dunia. Salah satu strategi yang dilakukan oleh pengrajin batik untuk menembus pasar dunia adalah membuat kreasi motif dan warna yang disesuaikan dengan selera calon pembeli di negara tujuan. Kelestarian batik sebagai seni tradisional harus terus dikembangkan dan dipelihara untuk meningkatkan daya jual dan kesejahteraan pengrajinnya.
Sumber: diolah dari berbagai sumber

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks
1. Apa tujuan awal pembuatan batik?
Seni batik berawal dari seni tradisional yang dibuat khusus untuk para petinggi keraton pada zaman kerajaan di Nusantara.

2. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang motif batik Indonesia.
Ragam motif batik dibedakan berdasarkan area pembuatannya yaitu batik pedalaman dan batik pesisir. Berbagai ragam motif dan simbol yang digambarkan di atas sehelai kain memiliki makna filosofis yang berbeda dan menjadi pedoman kehidupan.

3. Apa upaya yang telah dilakukan untuk mengenalkan batik Indonesia ke dunia internasional?
Upaya yang telah dilakukan untuk mengenalkan batik Indonesia ke dunia internasional adalah melalui berbagai pameran seni tradisional yang diadakan di dalam dan luar negeri.

4. Tulis komentarmu setelah mengetahui bahwa batik Indonesia diakui sebagai salah satu warisan budaya dunia.
Sebagai warga Indonesia tentu merasa bangga karena kesenian asli Indonesia telah diakui sebagai salah satu warisan budaya dunia dan digunakan oleh tokoh-tokoh dunia.

5. Jelaskan arti kata ‘mendunia’ pada teks yang telah kamu baca.
Mendunia artinya terkenal (meluas) ke seluruh dunia; menjadi milik dunia.

6. Tulis kesimpulanmu menggunakan 3 kalimat tentang bacaan yang telah kamu baca.
Seni batik berawal dari seni tradisional yang dibuat khusus untuk para petinggi keraton pada zaman kerajaan di Nusantara. Melalui berbagai pameran seni tradisional yang diadakan di dalam dan luar negeri, batik Indonesia semakin dikenal dan diminati. Batik Indonesia kini elah mendunia dan menjadi warisan budaya dunia.

Ayo Berkreasi!
Setelah mengenal batik Indonesia, sekarang saatnya kamu mempraktikkan menggambar motif batik di atas kain mori atau blacu (atau bahan apa saja yang tersedia di wilayahmu yang dapat digunakan untuk merancang motif batik)
Amati berbagai motif batik berikut.
Pulau Jawa, khususnya daerah Jawa Tengah, memang dikenal sebagai salah satu daerah penghasil batik terpopuler di Indonesia. Hal ini juga turut dipengaruhi oleh keanekaragaman motif batik khas Jawa Tengah. Banyak sekali motif batik yang menarik dan punya latar belakang unik. Hingga akhirnya jenis batik khas Jawa Tengah tersebut bisa dikelompokkan berdasarkan latar belakang motifnya.

Ayo Berkreasi!
Sekarang kita akan membuat rancangan motif batik. Perhatikan langkah-langkah membuat batik berikut.

Alat & Bahan :
  • Mori (kain putih khusus untuk membatik) atau blacu (atau bahan apa saja yang tersedia di wilayahmu yang dapat digunakan untuk merancang motif batik)
  • Pensil
  • Rancangan pola
1. Merancang pola
Pola batik yang sudah kamu rancang akan digunakan untuk kegiatan membatik di pertemuan berikutnya.

Ayo Lakukan!
Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa batik Indonesia sudah diekspor ke berbagai negara. Batik tersebut dikemas dalam berbagai bentuk. Berikut adalah contoh beberapa kemasan batik. Tahukah kamu cara merancang kemasan tersebut? Ayo, kita cari tahu.
Agar terlihat menarik, sekarang batik dikemas dalam berbagai bentuk. Ada kemasan yang berbentuk balok, silinder, dan kubus. Hal serupa juga kita temukan pada kemasan berbagai produk yang ada di sekitar kita.

Ayo Bekerja Sama!
Kamu akan bekerja secara berpasangan untuk mencari diagonal ruang dan diagonal bidang pada kubus.
Alat yang diperlukan untuk kegiatan ini:
  • Gunting
  • Lem
  • Penggaris
  • Alat tulis
  • Spidol
  • Double tape/selotip/lem
Bahan-bahan
  • Lidi (tusuk sate) atau sedotan
  • Benang wol secukupnya
  • Kalender bekas
Langkah-langkah membuat kerangka kubus dari lidi (tusuk sate):
  1. Ukur lidi (tusuk sate) sepanjang yang dibutuhkan dengan menggunakan penggaris dan alat tulis (lidi sebanyak 12 buah karena kubus terdiri atas 12 buah rusuk).
  2. Potong lidi (tusuk sate) yang sudah diukur sama panjang.
  3. Rekatkan 12 buah lidi tersebut menjadi sebuah kerangka kubus dengan menggunakan lem kayu (atau lem sejenis).
  4. Setelah terbentuk kerangka kubus, gunakan kertas kalender bekas untuk menulis label A, B, C, D, E, F, G, H dan tempelkan seperti pada gambar.

Cara penggunaan:
Perhatikan kerangka kubus yang telah dibuat. Dari kerangka tersebut, kita dapat menemukan ciri-ciri kubus, yaitu:
  1. Rusuknya sama panjang
  2. Sudutnya sama besar
  3. Jumlah rusuknya 12 buah
  4. Jumlah bidangnya 6 buah
Bagaimana cara mengetahui diagonal bidang pada kubus?
Perhatikan bidang ABCD
  • Ikatkan ujung benang wol pada sudut A.
  • Tarik ujung lainnya pada sudut C.
  • Benang dari A-C adalah merupakan diagonal bidang.
Bagaimana cara mengetahui diagonal ruang pada kubus?
Perhatikan gambar kubus berikut!

Diagonal ruang pada kubus tersebut adalah garis AG, BH, DF, dan CE. Jika kita tarik benang dari A ke G dan A ke C, maka akan dihasilkan bangun datar baru. Tahukah kamu apa nama bangun datar tersebut?

Ada berapa diagonal ruang yang terdapat pada kubus?
Ada 4 diagonal ruang, yaitu AG,EC,BH,FD
Sekarang ayo, kita cari tahu sifat-sifat kubus lainnya melalui gambar berikut!
ABCD = contoh sisi
AB = contoh rusuk
AF = contoh diagonal sisi (bidang)
AG = contoh diagonal ruang
∠A = contoh sudut

Kalau kubus tersebut dibuka, maka jaring-jaringnya akan terlihat seperti berikut.
Jawab pertanyaan berikut:
1. Berapa banyak sisi yang terdapat pada kubus?
Jawab:
Terdapat 6 sisi, yaitu sisi ABCD, EFGH, ABFE, DCGH, BCGF, dan ADHE.

2. Berapa banyak rusuk yang terdapat pada kubus?
Jawab:
Terdapat 12 rusuk, yaitu rusuk AB, BC, CD, DA, AE, BF, CG, DH, EF, FG, GH, HE

3. Berapa banyak titik sudut yang terdapat pada kubus?
Jawab;
Terdapat 8 titik sudut yaitu titik ABCD EFGH

4. Berapa banyak diagonal bidang yang terdapat pada kubus?
Jawab;
Kubus mempunyai 12 diagonal bidang yaitu AB, BD, AF, BE, BG, CF, CH, DG, AH, DE, EG, dan FH

5. Berapa banyak diagonal ruang yang terdapat pada kubus?
Jawab;
Ada 4 diagonal ruang, yaitu; Ag, BH, CE, dan DF

Tahukah Kamu?
Globalisasi: Menembus Ruang dan Waktu
Dewasa ini kita dapat dengan mudah menemukan berbagai produk dari Jepang, Korea, Cina, Amerika, Jerman, dan berbagai negara lainnya. Begitu pun produk Indonesia juga bisa ditemukan di banyak negara. Kita juga dengan mudah menyaksikan siaran langsung dari berbagai belahan dunia melalui tayangan televisi. Kita pun merasakan betapa mudahnya berkomunikasi dengan sahabat, keluarga, dan rekan bisnis. Kita merasakan seolah-olah tidak ada lagi batasan ruang dan waktu di era globalisasi ini.

Apa itu globalisasi?
Secara sederhana Globalisasi dapat diartikan sebagai proses masuknya ke ruang lingkup dunia (Kamus Besar Bahasa Indonesia 2011). Globalisasi akan berpengaruh pada suatu bangsa, masyarakat, dan individu. Pengaruh yang ditimbulkan globalisasi terjadi di berbagai bidang, di antaranya: pendidikan, politik, ekonomi, sosial, budaya, serta pertahanan dan keamanan.

Globalisasi membuat suatu kenyataan bahwa kehidupan dunia menjadi satu kesatuan seperti sebuah desa global dimana kehidupan manusia secara individu, kelompok, atau bangsa-bangsa menjadi saling bergantung dan saling memengaruhi dalam berbagai aspek kehidupan.

Sumber: diolah dari berbagai sumber

Diskusikan dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan berikut.
1. Apa yang dimaksud dengan ungkapan ‘menembus ruang dan waktu’ pada bacaan di atas? Jelaskan.
Jawab;
Maksud ungkapan menembus ruang dan waktu adalah kita seolah-olah tidak merasakan ada batas antar ruang dan waktu di era sekarang. Kita bisa mendapatkan produk dari negara lain, dan diluar sana negara lainpun bisa menggunakan produk kita. Kita juga dengan mudah menyaksikan siaran langsung dari berbagai belahan dunia melalui tayangan televisi. Kita pun merasakan betapa mudahnya berkomunikasi dengan sahabat, keluarga, dan rekan bisnis.

2. Apa yang dimaksud dengan globalisasi? Berikan contoh dalam kehidupanmu sehari-hari?
Jawab;
Secara sederhana Globalisasi dapat diartikan sebagai proses masuknya ke ruang lingkup dunia. Contohnya dalam kehidupan sehari-hari yang dapat kita rasakan adalah penggunaan berbagai produk seperti makanan, minuman, sampai fashion atau produk elektronik dari luar negeri.

3. Apa pengaruh globalisasi yang kamu rasakan saat ini?
Jawab;
Pengaruh globalisasi saat ini sangatlah besar. Banyak sekali kemudahan yang dapat kita rasakan dengan adanya globalisasi ini.

4. Jelaskan maksud ‘saling bergantung dan saling memengaruhi’ Berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari.
Jawab;
Saling bergantung dan saling memengaruhi bisa mengandung maksud saling membutuhkan antaa satu dengan yang lainnya, contohnya dalam kehidupan sehari-hari adalah seorang petani membutuhkan peternak untuk menyediakan pupuk kandang untuk tanamannya, peternak juga membutuhkan petani agar dia dapat memperoleh nasi sayuran dan lainnya.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments