Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan, Kelas 5, Tema 3, Subtema 1, Pembelajaran 1

Makanan sehat baik untuk tubuh kita. Tubuh manusia mengolah makanan menjadi nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan tubuh. Makanan yang kita konsumsi tentunya betujuan untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi harian tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas. Jika kita mengkonsumsi makanan yang sehat tentu efeknya akan sangat baik bagi tubuh. Hal ini disebabkan didalam makanan yang kita konsumsi dapat menghasilkan energi untuk kita melakukan aktivitas. Dengan mengkonsumsi makanan sehat dan pola makan yang baik, maka kualitas tubuh dan hidup akan tercapai dengan ideal. Tidak hanya makanan sehat, kita juga perlu mengimbangi dengan olahraga secara rutin. Kombinasi keduanya akan menghasilkan kondisi tubuh sehat yang kita idam-idamkan.

Untuk lebih jelasnya, bacalah dialog di bawah ini dengan saksama!
Dayu : “Wah, sedapnya sarapanku hari ini.”
Edo : “Sarapan apa kamu pagi ini, Dayu? Kalau aku seperti biasa, nasi, sayur dan telur mata sapi sudah cukup.”
Dayu : “Ibuku membuat bubur ayam istimewa, Edo.”
Siti : “Aduh, semuanya terdengar enak untukku, sekalipun hanya nasi, sayur, dan telur mata sapi. Apalagi kalau bubur ayam istimewa. Bersyukurlah kita dikaruniai sistem pencernaan, teman-teman. Dengan begitu makanan yang kita makan dapat membawa manfaat untuk tubuh kita.”
Dayu : “Betul juga ya. Apa sebenarnya manfaat sistem pencernaan itu, Siti?”
Siti : “Sistem pencernaan merupakan organ yang dapat ditemui pada manusia dan hewan. Sistem pencernaan berfungsi untuk memperhalus makanan sehingga menghasilkan nutrisi yang dapat diserap oleh tubuh. Dengan adanya nutrisi tersebut, maka manusia dan hewan, dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Jika makanan yang dikonsumsi itu sehat dan bergizi tinggi, maka manusia atau hewan yang mengonsumsinya akan bertumbuh dengan sehat.”
Edo : “Aku pernah melihat iklan tentang bubur ayam dengan beras organik.
Dalam iklan tersebut terdapat kalimat yang mengajak orang untuk memakan bubur organik itu.”
Dayu : ”Wah, kedengarannya menarik, ya, Edo. Kapan-kapan kita makan bubur ayam di tempat itu, yuk. Pastinya lebih sehat karena berasnya organik.”
Sebutkan contoh-contoh makanan yang menurutmu sehat!
Nasi, daging, ikan, tempe, tahu, bayam, brokoli, wortel, tomat, buah apel, semangka, mangga,dll

Apakah kriteria dari makanan yang sehat?
Makanan sehat adalah makanan yang memiliki kandungan gizi yang seimbang, mengandung serat dan zat-zat yang diperlukan tubuh seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air. Makanan sehat dengan gizi yang berimbang juga tidak harus mahal dan enak. Selain itu makanan sehat adalah makanan yang tidak mengandung bahan pengawet atau zat yang berbahaya bagi tubuh.

Makanan sehat penting bagi tubuh kita. Oleh karena itu, banyak iklan yang dapat kita temui di tempat-tempat umum yang mengetengahkan tentang makanan sehat. Iklan memang dimaksudkan untuk mempromosikan sesuatu kepada para pembaca. Coba kamu amati iklan-iklan berikut dengan saksama.
Kalimat-kalimat yang umumnya dipergunakan oleh bahasa iklan adalah kalimat yang menarik atau kalimat yang mengajak pembacanya untuk mengikuti apa yang ditulis atau disarankan oleh pembuat iklan. Amatilah iklan di atas dengan saksama. Tuliskanlah apa yang kamu lihat dalam iklan media cetak tersebut!
NoGambarTulisan yang Kulihat
1.

Makanan sehat dan bergizi, solusi hidup sehat dan awet muda
2.

Makanan sehat dan bergizi penting untuk pertumbuhan otak anak Anda
3.
Cintailah jantung Anda, konsumsi sayur dan buah segar.
Manfaat prima dengan rasa yang dahsyat
Ayo berdiskusi!
Berdasarkan tulisan iklan yang kamu baca di atas, diskusikan dengan teman sebangkumu tentang beberapa hal berikut.
  • Kata-kata kunci dari iklan tersebut.
  • Ciri-ciri dari sebuah kata kunci.
  • Alasan kamu memilih kata-kata tersebut sebagai kata kunci.
Jelaskan hasil diskusimu dengan menggunakan peta pikiran seperti berikut.
Buatlah kesimpulan dari hasil diskusi kelompokmu tentang kata kunci!
Menurut KBBI, kata kunci berarti kata atau ungkapan yg mewakili konsep atau gagasan telah disebutkan. Secara istilah, kata kunci adalah kata atau kumpulan beberapa kata  yang unik yang digunakan untuk mewakili sebuah konsep/ informasi dari sebuah bacaan.
Ciri-ciri sebuah kata kunci:
  1. Terdiri dari satu kata atau dua kata yang membentuk frase kata.
  2. Mengandung kata yang unik yang terdapat dalam sebuah bacaan.
  3. Mewakili sebagian besar/ keseluruhan topik/ konsep/ informasi dari sebuah bacaan.
Ayo Mengamati!

Dengan menemukan kata kunci pada iklan-iklan makanan sehat, kita jadi tahu bahwa masyarakat kita sudah banyak yang peduli tentang pentingnya makanan sehat. Penyempurna makanan sehat adalah susu. Seperti kita ketahui, susu umumnya dihasilkan oleh sapi. Apa yang dimakan oleh sapi hingga dapat menghasilkan susu? Bagaimana sistem pencernaan makanan pada hewan ruminansia? Simak penjelasan berikut ini.

Hewan ruminansia adalah kelompok hewan mamalia yang biasa memamah (memakan) dua kali dan dikenal dengan hewan memamah biak.

Contoh hewan ruminansia ialah sapi, kerbau, rusa, domba, kambing, dan kijang.

Sistem pencernaan hewan ruminansia lebih kompleks dibandingkan pencernaan hewan lainnya. Pada hewan ruminansia terdapat empat bagian lambung dengan fungsi yang spesifik. Selain itu, pencernaan makanan pada hewan ruminansia dibantu oleh beberapa mikrob (bakteri dan protozoa). Mikrob tersebut dapat membantu mencerna rumput.

Coba kamu perhatikan penjelasan mengenai proses pencernaan pada hewan ini dengan saksama.

Mekanisme pencernaan makanan pada hewan ruminansia
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu contoh hewan ruminansia ialah sapi. Mari kita baca informasi mengenai organ pencernaan pada sapi. Makanan seperti rumput, pertama kali masuk ke dalam mulut sapi. Di dalam mulut terdapat organ-organ pencernaan seperti berikut.
  • Gigi : gigi sapi tersusun dari gigi seri yang berguna untuk memotong makanan dan gigi geraham untuk mengunyah makanan.
  • Lidah : lidah sapi berguna untuk merenggut rumput (makanan) dan mendorong makanan yang sudah dikunyah menuju lambung.
  • Saliva: merupakan cairan atau enzim khusus yang dihasilkan oleh kelenjar khusus pada sapi yang kemudian disalurkan ke dalam rongga mulut. Saliva berperan dalam proses pencernaan kimiawi.
Lambung sapi berbeda dengan lambung manusia, ukurannya jauh lebih besar. Lambung sapi merupakan organ pencernaan yang sangat penting bagi sapi. Lambung sapi terdiri atas empat bagian, yaitu rumen, retikulum, omasum dan abomasum. Oleh karena itu, sapi dikatakan memiliki empat perut.
Berikut bagian-bagian dari lambung sapi

1. Rumen (perut besar)
Rumen atau perut besar merupakan tempat terjadinya pencernaan dengan bantuan mikroba (bakteri). Di sini makanan dicerna hingga menjadi bubur dengan gerakan mengaduk yang dilakukan oleh dinding rumen. Pada saat sapi beristirahat, makanan kembali ke mulut dan dikunyah kembali. Setelah dikunyah untuk yang kedua kalinya, makanan masuk ke retikulum (perut jala).

2. Retikulum (perut jala)
Di dalam retikulum, makanan kembali mengalami proses fermentasi dengan bantuan bakteri anaerob dan protozoa. Di dalam bagian perut ini, terjadi proses absorpsi dan penyaringan benda-benda asing yang masuk bersama makanan sehingga tidak masuk ke omasum (perut kitab).

3. Omasum (perut kitab)
Di dalam omasum, makanan dicerna dengan bantuan enzim pencernaan. Selanjutnya, makanan masuk ke abomasum.

4. Abomasum (perut masam)
Perut bagian inilah yang sebenarnya disebut dengan lambung. Di sini makanan dicerna dengan bantuan enzim pencernaan pepsin yang dihasilkan oleh abomasum.

Setelah melewati seluruh proses pencernaan makanan di dalam abomasum, makanan bergerak menuju usus halus. Panjang usus halus seekor sapi dewasa dapat mencapai 40 meter. Di dalam usus halus, terjadi proses absorpsi dan fermentasi. Selanjutnya, sisa-sisa makanan akan dikeluarkan melalui anus.

Ayo Berdiskusi!
Tuliskan kosakata-kosakata baru yang kamu temukan dalam bacaan di atas! Selanjutnya, diskusikan dengan guru dan temanmu tentang arti dari kosakata-kosakata tersebut.
NOKosakata
Baru
Arti
1. MikrobaOrganisme yang berukuran sangat kecil sehingga untuk mengamatinya diperlukan alat bantu seperti mikroskop.
2. AnaerobOrganisme yang dapat hidup dengan baik tanpa oksigen
3. ProtozoaJasad renik hewani yang terdiri atas satu sel, seluruh fungsi protozoa dilakukan oleh sel satu itu
4. AbsorpsiPenyerapan
5. EnzimMolekul protein yang kompleks yang dihasilkan oleh sel hidup dan bekerja sebagai katalisator dalam berbagai proses kimia di dalam tubuh makhluk hidup.
6. FermentasiPenguraian metabolik senyawa organik oleh mikroorganisme yang menghasilkan energi yang pada umumnya berlangsung dengan kondisi anaerobik dan dengan pembebasan gas

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments