4 Tanda Apabila kita Berlebihan Meminum Kopi

Siapa yang tidak mengenal munuman seduhan ini. Kopi... merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica). Dan Kopi arabika merupakan tipe kopi tradisional dengan cita rasa terbaik dimana sebagian besar kopi yang ada dibuat dengan menggunakan biji kopi jenis ini. Dan kopi robusta  dapat dikatakan sebagai kopi kelas 2, karena rasanya yang lebih pahit, sedikit asam, dan mengandung kafeina dalam kadar yang jauh lebih banyak.

Sebagian besar dari kita bahkan termasuk Anda mungkin suka mengkonsumsi kopi. Memang untuk para penikmatnya, sehari tanpa menyeruput kopi rasanya kurang lengkap. Salah satu manfaat yang dapat kita peroleh dengan meminum kopi adalah mampu mengurangi rasa lelah dengan kandungan stimulan bernama kafein didalamnya yang akan menghasilkan efek rangsangan pada otak sehingga kita menjadi lebih enerjik. Tapi apabila sudah ada pada level ketergantungan, ternyata kafein bisa menimbulkan dampak yang tidak baik untuk kesehatan.
Dari health.detik.com yang dikutip dari Dazzling News, berikut ini adalah beberapa dampak apabila kita berlebihan dalam mengkonsumsi kopi.

1. Mulut Kering
Tanda yang pertama adalah mulut akan terasa kering. Jika Anda minum kopi dalam jumlah besar, selain menyebabkan mulut kering, mulut Anda juga akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Hal ini terjadi karena kopi membuat mukosa menjadi kering, yang mengarah ke akumulasi bakteri berbahaya. Tentu itu tidak menyenangkan, bukan? Pilihan yang lebih baik ialah minum air putih atau teh herbal.

2. Kesulitan Menyerap Mineral
Bagi yang minum banyak kopi setiap hari, ada baiknya melakukan tes darah secara teratur. Bahkan jika makan banyak makanan bergizi atau minum suplemen khusus sekalipun, efek dari banyak minum kopi ini adalah mengalami kesulitan dalam menyerap mineral yang cukup. Dan ini karena kopi. Jafi kesimpulannya bahwa kopi mempengaruhi penyerapan zat besi dalam perut kita dan juga ginjal yang biasa untuk menyerap kalsium, magnesium, zinc dan banyak mineral yang lebih penting.

3. Kelalahan
Kopi mampu menstimulasi pencernaan kita dan memproses makanan dari organisme dengan cara yang lebih cepat. Namun, dengan cara ini organisme tidak dapat menyerap nutrisi dengan cepat, sehingga membuat kita merasa lelah. Dan apabila tidak mendapatkan cukup nutrisi, organisme akan menjadi lebih lemah dan kurang kebal.

4. Perasaan Gelisah
Dalam takaran yang cukup kafein dapat membuat kita menjadi enerjik. Akan tetapi apabila berlebihan maka kita akan mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi bahkan untuk level yang lebih parah dapat mengakibatkan depresi. Inilah konsekuensi dari jumlah kafein yang berlebihan. Cukup minum 1 atau dua cangkir dalam sehari.

Selain 4 hal diatas, dengan minum lebih banyak kopi maka mungkin akan memiliki masalah dengan organ jantung. Beberapa gejala yang harus diwaspadai di antaranya adalah pusing, pernapasan lebih cepat, denyut nadi lebih tinggi, dan perasaan tegang di dada Anda. Terlebih bagi orang yang memiliki penyakit jantung, kafein berlebih dapat menyebabkan serangan jantung.

Organ lain yang mendapatkan efek dari kafein berlebih selain jantung adalah organ pencernaan. Kenapa? mengonsumsi kopi dalam jumlah yang berlebih dapat menghasilkan asam tambahan pada sistem pencernaan. Hal ini menimbulkan refluks dan membuat perut menjadi mulas.

Dan ini ada kaitannya dengan penampilan, yaitu gigi. Jika minum kopi terlalu banyak setiap harinya, jangan berharap gigi akan terlihat putih. Jadi jika ingin memiliki gigi putih dan cantik minumlah kopi dalam jumlah wajar. Terlbih lagi jika ada tambahan lain seperti dengan gula, madu ataupun krim, ini akan meningkatkan risiko pembusukan dan membuat gigi terlihat kurang cantik.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments