William Herschel, Sang Penemu Uranus, Kelas 6, Tema 9, Subtema 3, Pembelajaran 4

Tahukah kamu, siapa penemu planet Uranus? Mengapa dinamakan Uranus? Untuk mengetahui hal ini, ayo pelajari uraian berikut ini.

Uranus adalah planet yang berada pada urutan ke-7 dalam tata surya. Siapakah tokoh yang menjelajah luar angkasa hingga menemukan planet Uranus? Apa yang dilakukannya? Bernama asli Friedrich William Herschel, ilmuwan ini adalah tokoh astronomi Inggris yang lahir di Jerman pada tahun 1738. Karena rasa ingin tahunya yang tinggi terhadap apa yang ada di langit, ia pun menciptakan sebuah teleskop. Ia telah mengalami beberapa kali kegagalan dalam membuat teleskop. Namun, dengan kegigihannya akhirnya teleskop yang ia ingin kan pun dapat diciptakan. Dengan teleskop ciptaannya itu, Herschel menemukan planet Uranus pada tahun 1782. Awalnya ia memberi nama planet ke-7 dari Matahari itu dengan nama Georgium Sidus, sebagai penghormatan terhadap Raja George III dari Inggris. Kemudian, Johann Bode, seorang astronom Jerman mengusulkan nama “Uranus” yang berasal dari nama dewa Yunani kuno. Willian Herschel tentunya membuka mata kita bahwa angkasa luar menyimpan banyak misteri yang dapat kita cari terus.

Setelah membaca informasi tersebut di atas, menurutmu apa dampak dari penemuan tersebut bagi manusia?
Penemuannya telah membuka mata kita bahwa angkasa luar menyimpan banyak misteri yang belum terpecahkan dan akan kita cari terus.

William Herschel menjelajah angkasa luar dengan teleskopnya hingga menemukan planet Uranus. Tahukah kamu bahwa para ahli astronomi membagi planet-planet dalam tata surya menjadi dua kelompok, yaitu planet dalam dan planet luar? Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars merupakan planet dalam. Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus merupakan planet luar.
Tahukah kamu apa yang membedakan planet dalam dan planet luar? Selain keduanya dipisahkan oleh sabuk asteroid, kamu dapat mengetahui perbedaannya dengan membaca informasi pada tabel berikut ini.
NoFaktor PembedaPlanet DalamPlanet Luar
1. Ukuran planet.Berukuran kecilBerukuran besar
2. Bahan penyusun.Terdiri atas benda
padat
Terdiri atas gas
3. Jaraknya dari matahariBerjarak dekat dari
Matahari
Berjarak jauh dari
Matahari
4. Waktu revolusi.Mengelilingi
Matahari dalam
waktu yang pendek
Mengelilingi
Matahari dalam
waktu yang panjang
Ayo Menulis!
Setelah mengetahui tentang planet dalam dan planet luar, kini saatnya kamu menulis teks eksplanasi yang menjelaskan tentang perbedaan keduanya. Gunakan tabel sebelumnya sebagai bekal informasimu.

Sebelum menulis, perhatikan kriteria yang diharapkan dalam tulisanmu berikut ini.
  1. Menjelaskan ciri-ciri planet dalam dan planet luar.
  2. Menggunakan kosakata baku.
  3. Menggunakan huruf besar/kecil dan tanda baca yang tepat.
  4. Menggunakan kalimat efektif.
  5. Menulisnya rapi dan mudah terbaca rapi.
Perbedaan Planet Dalam dan Planet Luar

Planet dalam adalah planet yang jarak rata-rata ke matahari lebih pendek dari jarak rata-rata Bumi ke Matahari. Planet-planet yang termasuk dalam kelompok ini adalah Merkurius dan Venus. Planet luar adalah planet yang jarak rata-rata ke Matahari lebih panjang dibandingkan dengan rata-rata jarak Bumi-Matahari. Planet yang termasuk dalam kelompok ini adalah planet Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Perbedaan diantara planet dalam dan planet luar antara lain sebagai berikut.
  1. Ukuran Planet. Palnet dalam biasanya berukuran kecil, sedangkan planet luar erukuran besar
  2. Material Penyusun Planet. Material penyusun planet dalam terdiri atas benda padat, sedangkan materi penyusun planet luar terdiri atas benda gas
  3. Jarak dari Matahari. Planet dalam berjarak dekat dari Matahari, sedangkan planet luar berjarak jauh dari Matahari
  4. Kala Revolusi. Planet dalam mengelilingi Matahari dalam waktu yang pendek, sedangkan planet luar mengelilingi Matahari dalam waktu yang panjang
Ayo Diskusikan!
Sistem tata surya dan planet-planet telah banyak kamu ketahui. Tentunya pengetahuanmu akan semakin baik jika kamu dapat mendiskusikannya lebih lanjut. Sekarang, diskusikan pertanyaan berikut dengan kelompokmu.

1. Menurutmu, planet mana yang mungkin dapat dihuni oleh manusia selain Bumi? Jelaskan alasanmu.
Tidak ada planet lain yang mungkin dapat dihuni oleh manusia selain Bumi, karena tidak ada tempat selain Bumi yang memiliki air, letaknya terlalu dekat ke Matahari sehingga panas, atau letaknya terlalu jauh dari Matahari sehingga dingin.

2. Andaikan kamu tinggal di Planet Mars, apa kesulitan yang akan kamu hadapi? Bagaimana kamu akan menghadapi kesulitan tersebut?
Mars bersuhu -63oC, sehingga akan sangat tidak mungkin manusia hidup di sana karena suhunya yang sangat dingin. Atmosfernya pun tipis, sehingga sinar Matahari dapat dengan mudah menembus planet dan tentunya akan berbahaya bagi makhluk yang ada di sana (jika ada).

3. Jika Bumi adalah planet yang paling baik untuk dihuni, apa yang harus kamu lakukan untuk menjaganya? Berikan contohnya dalam kehidupan sehari-hari paling sedikit 4 hal.
  • menjaga kelestarian tumbuhan dan hewan, 
  • menjaga bumi agar tetap bersih agar nyaman untuk ditinggali, 
  • menjaga kebersihan air agar dapat dikonsumsi, dan 
  • mengurangi pemakaian kendaraan bermotor untuk mengurangi polusi udara.
Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelas! Dengarkan jawaban teman-teman dari kelompok lain agar kamu mendapatkan pengetahuan lebih banyak lagi. Ajukan pertanyaan kepada temanmu jika ada hal-hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut.

Ayo Berkreasi!
Para penjelajah angkasa luar telah meneliti planet-planet. Namun, berdasarkan penelitian belum ada planet yang paling tepat untuk dihuni manusia selain Bumi.

Sekarang, buatlah poster yang menginspirasi orang lain. Isi poster adalah ajakan untuk lebih mencintai Bumi. Menurutmu, bagaimanakah cara membuat poster yang baik? Apa tujuan membuat poster?

Poster yang kamu buat harus lengkap dengan ajakan, alasan, dan fakta. Lengkapi dengan gambar agar menarik.
Buatlah rancangan posternya terlebih dahulu pada kolom berikut.
Ajakan:
Buanglah sampah pada tempatnya
Alasan:
Alam telah menyediakan segalanya untuk kita, kitalah yang berkewajiban menjaganya
Fakta:
  • Membuang sampah di sungai dapat menyebabkan banjir
  • Membuang sampah sembarangan menimbulkan bau tak sedap
  • Membuang sampah sembarangan mendantangkan berbagai penyakit
Gambar:
Setelah membuat poster ini, teruslah berupaya untuk menjaga Bumi kita. Syukuri apa yang kita miliki di Bumi dengan menjaga sebaik-baiknya.

Ayo Berlatih!
Planet-planet dalam sistem tata surya menempati posisi sesuai dengan orbitnya. Tentunya kamu masih ingat ketika berlatih meletakkan titik-titik benda angkasa luar pada bidang koordinat Kartesius. Sekarang, coba berlatih lagi.

1. Gambarkan titik-titik pada koordinat Kartesius dengan x adalah 2, 3, 4, 5 dan 6. Jika hubungan x dan y adalah 2x + 2.
Data Masuk
(x)
Data keluar
(y)
Pasangan titik
(x,y)
2 62,6
3 83,8
4 104,10
5 125,12
6 146,14
2. Perhatikan tabel berikut!
Data Masuk
(x)
Data keluar
(y)
2 3
3 6
4 9
5 12
6 15
a. Pola apa yang kamu lihat pada tabel di atas? Data masuk dikali 3 dikurangi 3
b. Tuliskan pola tersebut dalam bentuk persamaan. (3x - 3)
c. Gambarkan grafik Kartesius untuk tabel di samping. Gunakan pensil dan penggaris agar rapi.

d. Dimanakah letak titik untuk x = 8? 21
e. Dimanakah letak titik untuk y=21? 8

Penjelajahan William Herschel ke angkasa luar menemukan planet Uranus. Dengan demikian, semakin memperkaya pengetahuan kita akan alam semesta dan ciptaan Tuhan. Penemuan ini juga mengajarkan kita akan keistimewaan Bumi bagi
manusia dan mengajarkan kita untuk lebih mencintai Bumi.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments