Tumbuhan Sumber Karbohidrat, Protein, dan Vitamin

Tumbuhan merupakan sumber kehidupan bagi manusia dan hewan di muka Bumi ini. Ada beragam jenis tumbuhan yang dapat memberikan sumber energi dan dapat menjaga kesehatan manusia. Adanya sumber energi dari tumbuhan, kamu dapat melakukan aktivitas setiap hari.

Tumbuhan Sumber Karbohidrat, Protein, dan Vitamin_Manusia dan hewan memerlukan makanan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, jenis tumbuhan yang banyak mengandung sumber energi perlu dikonsumsi setiap hari. Ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung karbohidrat, seperti padi, sagu, jagung, dan umbiu-mbian. Manusia dan hewan juga memerlukan makanan yang cukup mengandung protein untuk pertumbuhannya. Seperti untuk tumbuh tinggi, besar, dan untuk mengganti sel-sel yang rusak dalam tubuh. Ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung protein, sehingga membuat kita tumbuh sehat. Tumbuhan tersebut meliputi kacang kedelai yang terkandung dalam tahu dan tempe, kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, serta jenis kacang-kacangan lain.

Manusia juga memerlukan jenis makanan yang mengandung vitamin. Vitamin ini untuk menjaga kesehatan dan melindungi tubuh kita dari serangan berbagai penyakit. Ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung vitamin untuk menjaga tubuh kita selalu sehat, yaitu sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan tersebut meliputi bayam, kangkung, kacang panjang, terong, buncis, tomat, pepaya, mangga, apel, jeruk, dan banyak lagi.

Oleh: Nuniek

Kamu dapat memanfaatkan gizi dari tumbuhan melalui makanan yang disantap sehari-hari. Coba kamu rencanakan membuat menu makanan sehat setiap hari selama satu minggu. Jangan lupa memasukkan sayur dan buah dalam daftar menumu setiap hari.

Menu makanan sehat selama satu minggu
HariDaftar Menu
Senin Sayur bening
Bacem Tempe
Omelet Jamur
Kerupuk bawang
Sambal terasi
Selasa Sayur asem
Tumis tempe kecap
Balado ikan asin jambal
Sambal terasi
Rabu Soto Ayam
Acar bening ketimun
Sambal rawit
tempe goreng
Kamis Tumis buncis
Sambal goreng telur puyuh
Mi goreng
Kerupuk udang
Jumat Cah Kangkung
Balado ikan gembung
Tahu sambal goreng tauco
Sabtu Sop Jagung dan telur kocok
Udang goreng asam manis
Cah kembang kol
Pangsit goreng
Minggu Tumis Tauge
Pepes tahu
Balado telor ceplok
Kerupuk bawang
Ayo Berlatih!
Sepulang sekolah, Beni ingin membuat jus buah yang sehat dan segar. Beni mencampurkan 2 cangkir air jeruk dengan 3 cangkir air tomat.

a. Buatlah diagram untuk menunjukkan perbandingan tersebut pada kertas berpetak berikut ini.
b. Berapa cangkir air tomat yang diperlukan, jika air jeruk yang digunakan 10 cangkir? 11
c. Berapa cangkir air jeruk yang diperlukan, jika air tomat yang digunakan 21 cangkir? 20

Ayo Lakukan!
Lakukan pemanasan terlebih dahulu dengan melakukan permainan melempar bola ke dalam keranjang.
Teknik memukul bola
Keterampilan memukul bola sangat menentukan perolehan nilai dalam permainan rounders. Lakukan latihan memukul bola sesuai instruksi yang diberikan guru.
Cara melakukan pukulan adalah sebagai berikut.
  1. Badan sedikit membungkuk, kedua kaki sejajar sedikit ditekuk dan terbuka.
  2. Pandangan ke arah datangnya bola.
  3. Kedua tangan memegang kayu dengan tangan kanan di atas atau tangan kiri di atas apabila kidal.
  4. Kayu pemukul di atas bahu tetapi tidak dipikul, bahu kiri sedikit lebih rendah daripada bahu kanan.
EVALUASI!
1. Cermati kembali teks berjudul “Tumbuhan Sumber Karbohidrat, Protein, dan Vitamin.” Buatlah ringkasan dari teks tersebut dengan memperhatikan penggunaan kosakata baku, huruf besar, dan tanda baca.
Manusia dan hewan memerlukan makanan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, jenis tumbuhan yang banyak mengandung karbohidrat perlu dikonsumsi setiap hari seperti padi, sagu, jagung, dan umbiu-mbian. Manusia juga memerlukan jenis makanan yang mengandung vitamin. Vitamin ini untuk menjaga kesehatan dan melindungi tubuh kita dari serangan berbagai penyakit

2. Ceritakan pengalamanmu dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Jelaskan dengan singkat manfaat dari perilaku tersebut bagi masyarakat dan lingkungan di sekitarmu.
Dalam satu kelas ada teman yang berbeda agama dengan kita. Walaupun demikian kita harus menghormatinya dan tidak mengganggu ibadahnya. Ini merupakan penerapan sila kedua Pancasila. Dan manfaatnya bagi kita adalah hidup kita akan terasa nyaman dengan kita menghargai sesama walaupun berbeda agama atau keyakiknan. 

3. Ceritakan tentang satu proses perkembangbiakan tumbuhan yang telah kamu pelajari. Jelaskan dengan singkat dan sertakan gambar sehingga tulisanmu akan tampak menarik.

1. Perkembangbiakan Generatif pada tumbuhan;
  • Perkembangbiakan secara generatif (kawin) dilakukan melalui proses penyerbukan dan pembuahan.
  • Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan diawali dengan penyerbukan, yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik.
  • Setelah terjadi penyerbukan, pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ruang bakal biji. Kemudian sel kelamin jantan (spermatozoid) masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari.
  • Di dalam ruang bakal biji terjadi pembuahan, yaitu peleburan sel kelamin (spermatozoid) dengan sel kelamin betina atau sel telur.
  • Hasil dari pembuahan adalah zigot.
  • Zigot berkembang menjadi lembaga, bakal biji berkembang menjadi biji, dan bakal buah berkembang menjadi daging buah.
  • Lembaga yang berada di dalam biji merupakan calon tumbuhan baru.
2. Perkembangbiakan Vegetatif
Perkembangbiakan secara vegetatif adalah perkembangbiakan yang terjadi tanpa melalui proses penyerbukan atau pembuahan. Pada proses vegetatif alami, makhluk hidup baru terbentuk tanpa bantuan manusia. Sedang pada vegetatif buatan, makhluk hidup baru terbentuk dengan bantuan manusia. Perkembangbiakan secara vegetatif pada tumbuhan dikelompokkan menjadi :
  • Vegetatif Alami menggunakan Spora contoh : paku, pakis. Akar tinggal (rhizoma) : kunyit, jahe, lengkuas, kunci, temulawak, rumput. Umbi: kentang/ubi jalar, singkong/wortel, bawang merah. Geragih : rumput teki, arbei, pegagan, semanggi. Tunas: pisang dan bambu.
  • Vegetatif Buatan dengan cara Cangkok : batang beragam jenis buah dari pohon berkayu yang dicangkok. Setek : batang singkong, daun cocor bebek.
4. Berikut ini adalah data buah kesukaan siswa kelas 6 SD Nusantara.
Nama buahPersen
Jeruk 13%
Apel 45%
Sawo 34%
Semangka 8%
a. Ada 0,13 siswa menyukai jeruk. 0,13 = 13/100 (benar)
b. Ada 58/100 siswa menyukai jeruk dan apel. 0,45 + 0,13 = 0,58 (benar)
c. Ada 66% siswa tidak menyukai sawo. 100 - 44 = 66 (benar)
d. Hanya ada 0,08 siswa yang menyukai semangka. 8/100 = 0,08 (benar)

5. Perhatikan angka-angka pecahan berikut ini. Angka pecahan manakah yang lebih besar? Angka pecahan manakah yang lebih kecil? Bagaimana cara kamu mengetahuinya? Jelaskan dengan singkat!
10%,  1/10,  0,01
Bilangan yang paling kecil nilainya adalah 0,01 (10% =0,10, 1/10 = 0,1)

6. Siti dan Edo mengikuti tes Matematika bersama-sama. Siti dapat menjawab benar 23 soal dari 25 soal yang ada. Edo dapat menjawab benar 88% soal dari 25 soal yang ada. Nilai siapa yang lebih tinggi? Bagaimana cara kamu mengetahuinya?
Nilai Siti lebih besar daripada nilai Edo, karena Nilai Siti = [23 : 25] x 100 = 92%
Jawaban benar Edo = 88 : 100 x 25 = 22

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments