Temperatur 8 Planet, Tema 9, Subtema 3, Pembelajaran 2

Penjelajahan Galileo Galilei dengan teropongnya dapat membuka wawasan manusia untuk semakin meneliti alam semesta. Siapa lagi ya tokoh astronomi yang menjelajah angkasa luar? Untuk mengetahuinya, ayo pelajari uraian berikut ini.

Pada tahun 1500 ada seorang tokoh astronomi Polandia bernama Nicolaus Copernicus. Ia memperkenalkan gagasan bahwa Bumi dan planet-planet lainnya mengelilingi Matahari. Awalnya orang-orang tidak memercayai tentang hal itu. Namun, gagasan Copernicus tentang planet mengelilingi Matahari terbukti benar. Penemuan itu terus berkembang. Apakah kamu pernah membayangkan dari mana asal mula nama-nama planet? Cobalah kamu cari informasi dari berbagai sumber, untuk dibahas bersama-sama pada pertemuan berikutnya.

Ayo Temukan!
Penjelajahan para ahli astronomi ke angkasa luar membuat pengetahuan tentang planet-planet semakin berkembang. Salah satunya, dengan ditemukannya bahwa suhu planet berbeda-beda. Berikut disajikan data mengenai suhu planet!
Hubungan antara planet dan suhu juga dapat dituliskan dalam bentuk grafik. Jika kamu membaca grafik berikut ini, apakah kamu dapat menuliskan pasangan titik antara planet dan suhu?

Contoh:
(Merkurius, 150oC), (Venus, 450oC)
Bagaimana dengan suhu planet-planet lain? Cobalah kamu temukan pasangan titik antara planet-planet dan suhunya.
(Bumi, 32F/0oC), (Mars, -50oC)
(Jupiter, -150oC), (Saturnus, -175oC)
(Uranus, -250oC), (Neptunus, -225oC)

Tentunya kamu masih ingat pembelajaran tentang koordinat Kartesius, bukan? Coba berlatih lagi dengan soal-soal berikut.

Ayo Lakukan!
1. Tuliskan pasangan titik untuk grafik Kartesius berikut.
A (0,7)
B (1,5)
C (7,0)
D (5,1)

2. Gambarkan data berikut ke dalam bidang Kartesius.
Data masuk
(x)
Data keluar
(y)
Pasangan titik
(x,y)
1 41,4
2 82,8
3 123,12
4 164,16
5 205,20
Bagaimana hubungan data masuk dan data keluar pada tabel di atas?
Data masuk dikali 4
Tuliskan persamaannya!
1 x 4 = 4
2 x 4 = 8
3 x 4 = 12
4 x 4 = 16
5 x 4 = 20
Bila ditulis, persamaannya adalah 4n. 4n di sini yang dimaksud adalah 4 x n. n adalah data masuk.

3. Perhatikan grafik berikut!
Dari grafik di atas tulislah hubungan titik yang menyatakan x dan y.
a. Pola apa yang kamu lihat pada grafik di atas? (1,4); (2,6); (3,8); (4,10); dan (5, 12).
b. Tuliskan persamaan dari pola tersebut.? Persamaannya dapat ditulis sebagai 2n+2
c. Jika x= 7, dimanakah letak titik koordinatnya? X=7 dapat disebut data masuk, jadi 2x7=14, kemudian 14+2=16. Jadi titik koordinatnya adalah (7,16).
d. Jika y=20, dimanakah letak titik koordinatnya?
y=20 diartikan sebagai data keluar, artinya bahwa
(nx2) + 2 = 20
nx2 = 18 n=18/2
Jadi, n = 9

Ayo Cari Tahu!
Ternyata, suhu di setiap planet berbeda. Menurutmu, apa yang memengaruhi suhu di setiap planet? Suhu rata-rata di Bumi adalah 15oC. Suhu ini adalah suhu yang paling ideal bagi makhluk hidup. Saat ini, beberapa ilmuwan menyatakan bahwa Bumi adalah planet yang paling istimewa.

1. Mengapa bumi disebut planet istimewa, sehingga makhluk hidup dapat tinggal di planet ini? Coba jelaskan!
Bumi disebut sebagai planet istimewa karena Suhu rata-rata di Bumi adalah 15oC. Suhu ini adalah suhu yang paling ideal bagi makhluk hidup. Selain itu, sebagain besar juga tersusun dari air, sedangkan air merupakan sumber kehidupan. Di bumi juga terdapat oksigen untuk makhluk hisup bernapas.

2. Apakah mungkin kita dapat tinggal di planet lain? Mengapa? Jelaskan.
Kemungkinan besar kita tidak bisa tinggal di planet lain karena kondisi planet lain sangatlah ekstrim, bisa sangat dingin dan bisa sangat panas, selain itu ada planet yang atmosfernya sangat tipis, hanya nitrogen tanpa oksigen, tanpa karbon dioksida. Kondisi yang demikian sangat tidak memungkinkan untuk kita manusia dapat tinggal disana.

3. Para ahli astronomi menyatakan bahwa sampai saat ini masih belum ada planet yang dapat dihuni oleh manusia selain Bumi. Melihat hal itu, apakah hak dan kewajiban kita sebagai manusia?
Kita harus menjaga kondisi bumi kita ini tetap layak untuk dihuni dengan tidak melakukan pengrusakan. Hal kecil yang bisa kita lakukan untuk hal itu adalah berhemat air dan melakukan penghijauan.

Ayo Bacalah!

Menjaga Air Bersih dan Berhemat Air Bersih untuk Keselamatan Bumi

Jakarta – Tanggal 22 April 2013 adalah Hari Bumi, dan pada tanggal itu masyarakat di seluruh dunia kembali memeringati hari penting dan bersejarah. Setidaknya, lebih dari 175 negara secara serentak merayakan Hari Bumi secara bersama. Hari Bumi yang diperingati pertama kali pada 22 April 1970 ini awalnya dicetuskan oleh seorang senator asal Amerika Serikat bernama Gaylord Nelson, yang juga seorang aktivis berprofesi sebagai pengajar lingkungan.

Saat pertama kali diperingati, Hari Bumi dihadiri oleh sekitar 20 juta warga AS. Peringatan Hari Bumi mulai menyebar ke seluruh penjuru dunia pada tahun 1990. Namun, sejak 2009 AS menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Bumi Internasional.

Hari Bumi diperingati untuk meningkatkan kesadaran dan penghargaan terhadap lingkungan hidup. Oleh karenanya, banyak aksi penyelamatan Bumi yang diusung oleh berbagai pihak, baik pemerintah, pihak swasta, maupun LSM untuk memperingati hari tersebut.

Di tengah kondisi Bumi yang kini sangat memprihatinkan, seperti mulai terjadinya pemanasan global dan adanya pencemaran lingkungan secara besar-besaran, upaya penyelamatan memang sangat dibutuhkan. Untuk memperingati Hari Bumi, ada banyak upaya mudah yang dapat dilakukan oleh setiap orang. Misalnya, dengan menjaga air dan menangani sanitasi. Dalam menjaga air, ada banyak langkah, misalnya tidak mencemari air dengan membuang sampah sembarangan ke sungai, kali, maupun waduk. Juga dengan menghemat air bersih!

Selain itu, hal lain yang dapat dilakukan ialah tidak menjalankan aktivitas seperti mencuci atau mandi di sumber-sumber air tersebut, karena akan mencemari air.

Dalam menangani sanitasi, langkah yang dapat dilakukan adalah dengan tidak buang hajat/air seni di sembarang tempat. Melalui peringatan Hari Bumi, mari kita serentak dan sepakat bersama selamatkan Bumi dengan menjaga air, menghemat air bersih, dan menangani sanitasi untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan. Selamat Hari Bumi 2013.
(Ditpam/yys)

Sumber: ditpam-pu.org

Ayo Diskusikan!
Diskusikan dengan kelompokmu hal-hal berikut.
1. Mengapa Hari Bumi diperingati?
Hari Bumi diperingati untuk meningkatkan kesadaran dan penghargaan terhadap lingkungan hidup.

2. Mengapa kita perlu menjaga dan menghemat air bersih?
Karena demi kehidupan yang lebih baik di masa depan.

3. Apa yang akan terjadi jika air yang ada di Bumi tercemar?
Jika air di bumi tercemar, akan terjadi kerusakan ekosistem yang berarti interaksi antar makhluk hidup di suatu tempat akan berubah. Tercemarnya air di bumi juga akan mengakibatkan terjadinya kematian biota air. Ikan, kepiting, burung camar dan banyak hewan lain terbunuh karena adanya polutan berbahaya yang meracuni habitat mereka. Contoh sederhana dari dampak ini adalah hilangnya populasi ikan di badan sungai daerah perkotaan. Dan, sudah pasti akan muncul berbagai wabah penyakit jika air yang ada di bumi ini tercemar.

4. Apa kewajibanmu terhadap air yang ada di Bumi?
Kewajiban kita terhadap air yang ada di bumi adalah menjaga air, menghemat air bersih, dan menangani sanitasi untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan.

5. Apa hakmu terhadap air yang ada di Bumi?
Hak kita terhadap air yang ada di bumi adalah memanfaatkan atau menggunakan air tersebut untuk berbagai kebutuhan.

6. Apa yang dapat kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga air di Bumi?
Yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga air di Bumi adalah dengan menjaga air dari pencemaran serta menghemat penggunaannya dan menangani sanitasi dengan baik.

Ayo Lakukan!
Tulislah contoh-contoh kegiatan menjaga Bumi yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga air bersih dan menghemat air.

Ada banyak cara mudah dan sederhana yang dapat lakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk menghemat pemakaian air bersih, diantaranya;
1. Hemat air saat mandi.
2. Jangan biarkan air keran mengalir percuma
3. Perbaiki Kebocoran sesegera mungkin
4. Hemat air saat mencuci Piring dan pakaian
5. Menghemat air saat menyiram tanaman, dan lain sebagainya...

Cara menjaga kebersihan air;
1. Mendaur ulang barang bekas
Barang-barang yang tidak didaur ulang sering dibuang ke air seperti sungai atau laut yang akan memberi efek buruk pada air dan tanah. 

2. Minimalkan penggunaan bahan kimia
Menghilangkan atau meminimalkan penggunaan bahan kimia merupakan cara tepat untuk melindungi perairan global. Ketika bahan kimia larut ke dalam air, mereka dapat menghancurkan ekosistem. Zat kimia yang ada di air bisa menghancurkan alga yang merupakan makanan plankton.

3. Buang bahan kimia dengan benar
Bahan berbahaya seperti cat, oli motor dan kimia dengan benar. Jangan buang di sungai yang dapat mencemarkan air serta kehidupan masyarakat. Masih banyak makhluk hidup yang menggantungkan hidupnya dari sungai. 

4. Mengurangi penggunaan air
Kurangi penggunaan air untuk menjaga pasokan air bersih. Penggunaan air yang tidak bertanggung jawab dapat menyebabkan kekeringan. Jangan mandi terlalu lama dan matikan keran setelah selesai mandi. Ketika membersihkan mobil, sebaiknya gunakan ember untuk mengisi air. Penggunaan air akan makin boros saat memakai selang, sebab kita tidak bisa membatasi penggunaan air. 

5. Menjaga lingkungan
Bersihkan sampah di sepanjang sungai, pantai, atau di sepanjang jalan-jalan kota atau jalan raya. 

6. Menanam pohon
Hutan di sepanjang aliran air juga bertindak sebagai penyaring, sehingga melestarikan atau penanaman pohon di sepanjang sungai dan sungai juga dapat membantu untuk menjaga saluran air bersih. Tanaman hijau berperan dalam mencegah polusi udara, tanah dan air. 

7. Mengadakan penyuluhan
Sampai sekarang, masih banyak masyarakat yang belum sadar pentingnya menjaga air. Jika kita mempunyai pengetahuan cara menjaga kebersihan air, alangkah baiknya kita berbagi ilmu tersebut pada yang lain agar mereka memiliki kesadaran pentingnya air dalam kehidupan. Kita juga bisa mengajak masyarakat untuk kerja bakti membersihkan lingkungan bersama. 

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments