Seperti Planet, Komet juga Berevolusi Mengelilingi Matahari. Kelas 5, Tema 9, Subtema 2, Pembelajaran 5

Ada benda angkasa luar lain yang bentuknya unik dan berbeda dengan benda angkasa luar lainnya. Benda ini mempunyai ekor yang panjang. Benda apakah yang dimaksud? Benda luar angkasa yang dimaksud adalah Komet. Seperti planet, komet juga berevolusi mengelilingi Matahari  sama seperti Bumi dengan orbitnya yang berbentuk lonjong.. Sebagian inti dari komet berubah menjadi gas yang membentuk ekor yang panjang dan bersinar. Ekor ini membuat komet terlihat begitu spektakuler dan panjangnya mencapai ratusan mil. Terkadang sebuah komet bersinar sangat terang, sehingga dapat terlihat pada siang hari.

Kenapa dinamakan komet? Nama Komet berasal dari bahasa Yunani yaitu “kometes” yang memiliki arti rambut panjang. Di Jawa, sering menyebut komet ini dengan “lintang kemukus” karena memiliki ekor seperti kukusan.

Ciri- ciri Komet
Komet merupakan benda langit yang mirip dengan asteroid. Tapi akan sangat sulit membedakan yang mana komet jika kita berada di bumi dan melihat ke langit tanpa menggunakan alat bantu apapun. Oleh karena itulah perlu kiranya kita mengetahui tentang ciri- ciri yang dimiliki oleh komet. Adapun beberapa ciri dari komet antara lain sebagai berikut:
  1. Tersusun atas partikel debu dan es yang telah membeku
  2. Memiliki orbit atau lintasan yang berbentuk lonjong atau elips
  3. Sangat mudah terbakar, terlebih di bagian ekornya
Ayo Menulis!
Pernahkah kamu membayangkan jika Bumi kita terbuat dari gas dan es seperti halnya komet? Perbedaan apa yang akan kamu alami? Bagaimana dengan makhluk hidup di dalamnya? Bagaimana dengan keberlanjutan makhluk hidup di dalamnya? Tuliskan pendapatmu tentang pertanyaan di atas. Tuliskan juga alasan yang mendukung pendapatmu itu.

Jika keadaan bumi kita ini seperti halnya komet yang terbuat dari gas dan es, sudah dapat dipastikan tidak akan ditemukan kehidupan, atau dengan kata lain makhluk hidup yang ada di bumi tidak akan bertahan hidup. Dengan material- material penyusun komet ini yang hampir seluruhnya terbentuk dari gas karbondioksida, maka manusia dan hewan juga akan bisa bernafas.

Selain itu, komet terdiri dari kumpulan debu dan gas yang membeku ketika berada jauh dari matahari, namun ketika mendekati matahari, material- material penyusun komet ini sebagian menguap. Perbedaan ekstrim yang dialami ini tidak memungkinkan untuk tempat hidup makhluk. Ketika jauh dari matahari makhluk hidup didalamnya akan membeku kedinginan, dan saat mendekati matahari, makhluk hidup akan ikut menguap bersama komet tersebut.

Ayo Lakukan!
Setelah kamu mengetahui benda-benda angkasa luar dari pertemuan pertama hingga hari ini, buatlah sebuah pertunjukan drama dengan teman dalam kelompok. Tujuan pertunjukan ini adalah untuk menjelaskan keunikan dari benda angkasa luar itu. Setiap orang berperan sebagai salah satu benda langit yang telah dipelajari.

Tuliskan dialog yang akan kelompokmu ucapkan pada kolom yang tersedia sebelum kamu memerankannya di depan kelas esok hari. Berlatihlah agar kamu lebih siap lagi. Tuliskan pula peralatan yang kamu perlukan untuk pementasan drama tersebut. Kriteria penilaian dari drama ini adalah kesesuaian naskah dengan tema, penghayatan peran, kesiapan, dan suara.

Pentaskan kerja kelompokmu dalam sebuah drama pertunjukan. Buatlah pernak-pernik angkasa luar untuk mendukung drama tersebut.

Ayo Cari Tahu!

Amati grafik berikut!
Apakah kamu menemukan pola dalam grafik di atas?
Dari grafik diatas ditemukan pola 3, 5, 7, 9, dan 11

Coba buat gambar berpola yang sesuai dengan grafik tersebut!

Ayo Berlatih!
Perhatikan gambar berikut!
1. Pola apa yang kamu temukan?
Pola yang ditemukan dari gambar diatas adalah; kotak x 2 + 3
Kotak Jumlah
1. 5
2. 7
3. 9
4. 11

2. Dapatkah kamu menggambar bentuk untuk gambar ke-10? Bagaimana caramu menemukannya? Jelaskan. Gambar kotak ke 10 = 10 x 2 + 3 = 23

3. Gambarlah grafik yang sesuai dengan pola gambar tersebut!
Sampaikan hasil jawabanmu kepada teman dalam kelompokmu. Mintalah pendapat mereka. Apakah pekerjaanmu sudah benar atau belum? Bagaimana cara memperbaikinya?

Secara individu, kerjakan latihan berikut.
Perhatikan grafik berikut!
Buatlah sebuah gambar berpola yang sesuai dengan grafik tersebut di atas.
Jawaban;

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments