Pembahasan Soal Evaluasi Tema 9, Subtema 2, Pembelajaran 6

Kemarin kamu telah membuat dialog untuk pertunjukan drama tentang benda-benda angkasa luar. Kini saatnya kamu mempraktikkannya.

Ayo Diskusikan
Sebelum kamu mempraktikkan pertunjukan drama, diskusikan terlebih dahulu tentang hak dan kewajibanmu dengan teman-temanmu saat melakukan dan melihat pementasan drama. Ikuti perintah gurumu untuk melakukan kegiatan ini.

HakkuKewajibankuHak TemankuKewajiban Temanku
1. Menonton dengan nyaman. 1. Menjaga ketenangan1. Menonton pementasan sampai selesai.1. Menjaga ketenangan.
2. Tidak terganggu oleh penonton yang lain 2. Mematuhi tata tertib yang ada di tempat pertunjukan2. Menikmati pementasan tanpa ganguan apapun2. Mematuhi peraturan yang ada di tempat pertunjukkan

Ayo Bekerja Sama!
Sekarang, praktikkan dialog yang kamu buat kemarin dalam bentuk drama bersama kelompokmu. Tentunya kamu telah menentukan tokoh-tokoh dramanya, bukan? Jangan lupa menerapkan hak dan
kewajiban yang telah kamu diskusikan. Bagaimana penampilan kalian tadi? Apakah kamu puas dengan penampilan tersebut? Mengapa? Jelaskan.

Ayo Ceritakan!
Setelah kegiatan drama tersebut di atas, kini buatlah tulisan mengenai semua benda angkasa luar yang telah kamu pelajari selama satu minggu ini. Tulisanmu harus memuat seluruh informasi tentang benda-benda angkasa luar, yaitu bintang, planet, asteroid, meteor, meteorit, serta komet. Sebelumnya, ingat-ingatlah kembali isi teks eksplanasi ilmiah yang telah kamu pelajari sebelumnya. Bagaimanakah ciri-ciri teks tersebut? Sampaikan kepada seorang temanmu.

Ciri-ciri teks eksplanasi yang harus dipenuhi yaitu :
  1. Memuat informasi berupa fakta.
  2. Membahas suatu fenomena yang bersifat keilmuan atau ilmu pengetahuan.
  3. Bersifat informative dan tidak berusaha mempengaruhi pembaca untuk mempercayai hal yang dibahas di dalam teks.
Tulislah teks eksplanasi ilmiahmu pada kotak berikut. Perhatikan penggunaan kalimat efektif dan tanda baca sesuai kaidah bahasa Indonesia.

Teks Eksplanasi tentang Tata Surya
Tata surya merupakan kumpulan dari benda-benda langit seperti matahari, planet, asteroid, komet, satelit, meteor, dan debu ruang angkasa, dimana matahari menjadi pusatnya. Inilah kenapa matahari menjadi pusat tata surya dimana planet-planet bergerak mengelilingi matahari.

Nicolaus Copernicus, seorang astronom Polandia mengemukakan teori dimana teori ini telah mematahkan teori sebelumnya yang menyatakan bahwa bumi sebagai pusat tata surya dan planet-planet bergerak mengitarinya. Teori inilah yang dinamakan dengan Teori Heliosentris.

Selain matahari sebagai pusatnya, anggota-anggota tata surya terdiri dari Planet. Planet adalah bintang yang beredar mengelilingi matahari. Selain itu ada asteroid: Asteroid adalah gugusan (kumpulan) benda-benda kecil seperti planet yang beredar mengelilingi matahari, dan terletak di antara lintasan planet Jupiter dan planet Mars. Ada juga meteor yang merupakan benda langit yang berpijar akibat gesekan dengan atmosfer bumi dengan kecepatan yang tinggi. Meteorit adalah meteor yang jatuh ke bumi. Kita juga mengenal istilah bintang berekor atau komet. Akan tetapi sebenarnya keliru jika kita menyebutnya bintang. Komet adalah benda langit yang mengelilingi matahari dengan garis edar (orbit) yang bentuknya sangat lonjong. Contoh komet antara lain; Komet Halley, Komet Encke, Komet Brooks, dan Komet Cogging Stephen. Kemudian ada juga Satelit. Satelit adalah benda langit yang beredar mengelilingi planet dan berotasi di sumbu atau porosnya.

Evaluasi
1. Apa yang dimaksud dengan Matahari sebagai pusat tata surya? Jelaskan.
Matahari disebut sebagai pusat tata surya karena semua benda langit seperti planet, komet, asteroid, meteorit dan lain sebagainya berputar mengelilinginya matahari.

2. Apa yang dimaksud dengan pemanasan global?
Pemanasan global merupakan peningkatan suhu rata-rata di Bumi, baik di darat, laut, maupun udara.

3. Mengapa pemanasan global dapat terjadi? Jelaskan.
Efek rumah kaca merupakan salah satu hal yang berperan besar dalam pemanasan global. Sebagian besar sinar Matahari yang mencapai permukaan Bumi akan dipantulkan kembali. Namun, ada pula lapisan gas yang menahan sebagian panas Matahari, seperti halnya kaca pada rumah kaca

4. Tuliskan contoh perilaku manusia yang menyebabkan terjadinya pemanasan global.
Perilaku manusia menggunakan kendaraan menjadi penyebab pemanasan global karena pembakaran bahan bakar fosil menghasilkan CO2. Perilaku manusia menumpuk sampah menghasilkan gas metana, yang dihasilkan oleh pembuangan gas hewan atau pembusukan sampah.

5. Tuliskan pengaruh pemanasan global bagi kenampakan Bumi dan kondisi lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.
Adanya fenomena cuaca yang ekstrem di berbagai belahan Bumi, beberapa spesies hewan punah, banjir karena naiknya permukaan laut, dan sebagainya merupakan pengaruh pemanasan global.

6. Apa perbedaan antara hak, kewajiban, dan tanggung jawab?
Hak adalah sesuatu yang pantas kita terima, kewajiban adalah sesuatu yang harus kita kerjakan/laksanakan, sedangkan tanggung jawab adalah bentuk tindakan setelah menerima hak.

7. Tuliskan contoh hak yang harus kamu dapatkan di sekolah dan di lingkungan rumah. (Sebutkan masing-masing 2)
Hak di sekolah yaitu belajar denga tenang, mendapat bimbingan dari guru, dapat belajar ilmu agama dan keterampilan, menggunakan fasilitas di sekolah, meminjam buku perpustakaan, perlakuan adil dari guru.

Hak di rumah diantaranya adalah :mendapat kasih sayang, mendapat makan dan pakaian yang layak, mendapat pendidikan dari orang tua, bermain dengan, mendapat perawatan ketika sakit, dan mendapat perlindungan serta perhatian.

8. Tuliskan contoh kewajiban yang harus kamu lakukan di sekolah dan di lingkungan rumah. (Sebutkan masing-masing 2)
Kewajiban siswa di sekolah
  1. Mengikuti seluruh kegiatan sekolah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  2. Mematuhi tata tertib dan mewujudkan dan memelihara ketertiban, keamanan, keindahan, kekeluargaan dan kerindangan
Kewajiban siswa di rumah antara lain :
  1. Belajar dengan tekun
  2. Patuh Kepada Peraturan Orang Tua
  3. Menghormati Anggota Keluarga Lain
9. Tuliskan contoh tanggung jawab yang harus kamu dapatkan di sekolah dan di lingkungan rumah. (Sebutkan masing-masing 2)
Tanggungjawab siswa di sekolah antara lain :
  1. Membawa nama baik sekolah baik di lingkungan masyarakat maupun lingkungan sekolah.
  2. Bertanggungjawab atas kebersihan dan keamanan lingkungan sekolah
10. Perhatikan pola gambar berikut!
1. Pola apa yang kamu temukan?
Bangun persegi + 1

2. Dapatkah kamu menggambar bentuk untuk gambar ke-10? Bagaimana caramu menemukannya? Jelaskan.
Cara menemukannya adalah 10 + 1 = 11
3. Gambarlah grafik yang sesuai dengan pola gambar tersebut.
11. Perhatikan tabel berikut.

Gambar ke-Banyak bangun
penyusun
1. 1
2. 4
3. 7
4. 10
5. 13
Buatlah gambar berpola berdasarkan tabel di atas!
Pola apa yang kamu temukan? Gambar bangun x 3 - 2
Bagaimanakah cara kamu menggambar bentuk yang ke-10? Jelaskan caranya. 10 x 3 - 2= 28

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments