Pembahasan Materi Kelas 5, Tema 9, Subtema 1, Pembelajaran 4

Hari ini Pak Tagor mengajak Siti dan teman-teman untuk melakukan kegiatan di luar kelas. Siti dan teman-teman menyambutnya dengan gembira. Ke mana mereka akan melakukan kegiatan? Oh, ternyata mereka menuju ke belakang sekolah. Di sana terdapat hamparan sawah dan sungai. Dari belakang sekolah juga tampak daerah pegunungan. Pak Tagor menjelaskan mengenai kenampakan alam Indonesia.

Ketampakan alam disebut juga dengan istilah bentang alam. Indonesia memiliki bentang alam yang berbeda-beda di setiap daerah. Ada daerah dataran tinggi dan ada daerah dataran rendah. Ada penduduk yang tinggal di daerah pegunungan. Ada juga penduduk yang tinggal di daerah pantai. Ketampakan alam dibagi menjadi dua bagian, yaitu ketampakan alam wilayah daratan dan ketampakan wilayah perairan. Ayo, lakukan kegiatan berikut.
Ayo Berdiskusi!
Bentuklah kelompok terdiri atas empat anak. Carilah informasi mengenai kenampakan alam wilayah daratan dan ketampakan alam wilayah perairan beserta ciri-cirinya. Saat kelompokmu mencari informasi melalui internet, mintalah bantuan orang tua atau orang dewasa di sekitarmu. Diskusikan hasil informasi yang kalian peroleh. Kemudian tuliskan dalam kolom berikut.

Kenampakan alam daratan;

1. Gunung
Gunung adalah bentuk permukaan bumi yang menjulang tinggi dan memiliki puncak, lereng, serta kaki gunung. Ketinggian suatu gunung dapat mencapai lebih dari 600 m di atas permukaan laut. Gunung-gunung tinggi yang ada di Indonesia antara lain Gunung semeru. Gunung Kerinci, dan Gunung Puncak Jaya. Gunung merupakan kenampakan alam yang dapat dijadikan sebagai tempat perkebunan, rekreasi atau oleh raga. juga berfungsi untuk melindungi dataran rendah dari angin besar.

2. Dataran tinggi
Dataran tinggi adalah adalah daerah datar yang memiliki ketinggian lebih dari 400 meter di atas permukaan laut (dpl). Dataran tinggi dapat dimanfaatkan untuk perkebunan maupun tempat peristirahatan. Selain itu, dataran tinggi digunakan untuk menanam tanaman jenis sayuran dan buah-buahan. Beberapa Dataran Tinggi di Indonesia, antara lain Alas (Nanggoe Aceh Darussalam), Kerinci (Sumatera barat), Dieng (Jawa Tengah), Tengger (Jawa Timur), Bone (Sulawesi Selatan), dan Minahasa (Sulawesi Utara).

3. Dataran rendah
Dataran rendah adalah bagian penampakan alam dari permukaan bumi dengan letak ketinggian 0-200 m di atas permukaan laut (dpl) yang bermanfaat sebagai lahan pertanian, perikanan, pemukiman, dan peternakan. Dataran rendah pada umumnya terdapat di sekitar pesisir pantai.

4. Pegunungan
Pegunungan adalah bagian dari daratan yang merupakan kumpulan deretan dari gunung
dengan ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Pegunungan umumnya dipakai untuk
rekreasi atau tempat peristirahatan. Beberapa kenampakan alam berupa Pegunungan di Indonesia, antara lain Pegunungan Dieng (Jawa Tengah), Sewu (DI Yogyakarta), Schwaner (Kalimantan barat dan Kalimantan Tengah), Siunandaka (Sulawesi utara), Utimbela (Gorontalo), Pompange (Sulawesi tengah), dan Jaya Wijaya (Papua).

Kenampakan alam perairan;

1. Pantai
Pantai adalah penampakan alam diperairan yang berupa dataran yang berbatasan dengan laut yang bermanfaat sebagai tempat pariwisata, perikanan dan hutan bakau.

2. Sungai
Sungai adalah air yang secara alamiah mengalir melalui sebuah saluran alam. Umumnya sungai akan bermuara sampai ke danau-danau atau laut. Namun ada juga sungai yang bermuara tidak sampai laut, sungai tersebut ada di daerah gurun yang kering,sungai seperti ini kalau di australia disebut dengan creek dan kalau di arab disebut dengan wadi. Terdapat jenis-jenis sungai menurut sumber airnya yatu sungai hujan, sungai gletsyes, dan sungai campuran. Sedangkan jenis sungai menurut debit airnya ada 3 yaitu sungai permanen, sungai periodik, dan sungai episodik. Di Indonesia sendiri sungai-sungai besar pada umumnya terletak di pulau yang besar pula, seperti Pulau Jawa, Pulau Sumatra, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi dan Pulau Papua. Sungai dimanfaatkan sebagai
tenaga pembangkit listrik dan sarana kebutuhan hidup penduduk. Sungai juga dapat berfungsi sebagai alat transportasi seperti di Kalimantan.

3. Danau
Danau adalah genangan air yangamat luas yang dikelilingi daratan. Danau digunakan untuk tempat pariwisata. Salah satu contoh kenampakan alam danau yang paling indah dan terbesar di Indonesia adalah danau toba yang terdapat dipulau sumatera, tepatnya Sumut.

4. Selat
Selat adalah perairan atau laut sempit yang menghubungkan dua buah pulau. Indonesia adalah negara kepulauan, oleh karena itu banyak sekali selat yang terdapat di Indonesia. Beberapa Selat Di Indonesia, antara lain Selat Sunda, Selat Karimata, Selat Bali, Selat makasar, Selat Badung, Selat Berhala, dan Selat Rote.

Ayo Membaca!
Adaptasi Masyarakat Terhadap Ketampakan Alam Sekitar

Permukaan bumi tidak rata. Permukaan bumi ada yang tinggi dan ada yang rendah. Ketampakan alam adalah berbagai bentuk muka bumi yang terjadi secara alamiah. Ketampakan alam terdiri atas dua bagian pokok, yaitu ketampakan alam berupa perairan dan ketampakan alam yang berupa daratan.

Daratan adalah tempat kita berpijak. Bentuk ketampakan alam berupa daratan bermacam-macam, contohnya gunung, pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, pantai, tanjung, dan delta. Perairan merupakan bagian dari permukaan bumi yang tergenang air. Bentuk ketampakan alam perairan contohnya sungai, danau, dan laut.

Manusia melakukan adaptasi berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Manusia hidup beradaptasi sesuai dengan alam dan ketampakan alam di lingkungan tempat tinggal. Adaptasi yang dilakukan meliputi jenis mata pencaharian utama, makanan, bentuk tempat tinggal, pakaian yang dikenakan, peralatan rumah tangga, dan teknologi. Semua kegiatan itu menyesuaikan tempat mereka tinggal. Kita dapat melihat hasil adaptasi masyarakat suatu daerah. Makanan dan barang-barang atau benda-benda khas dari daerah pegunungan berbeda dengan daerah pantai dan dataran rendah.

Dari bacaan di atas dapat disimpulkan bahwa benda-benda atau barang-barang di setiap daerah berbeda. Tidak hanya itu, air di laut juga akan berbeda dengan air di pegunungan. Dapatkah kamu membedakan air laut dengan air pegunungan? Tuliskan pada kolom berikut.

Air pegunungan tidak mempunyai rasa atau tawar. Hal ini dikarenakan air pegunungan mengandung garam dan mineral dalam jumlah yang sedikit. Air tawar merupakan air yang dapat diminum dan aman dikonsumsi oleh manusia. Kita dapat menemukan air tawar di sumur, sungai, danau, dan salju serta waduk, dan bendungan.

Sedangkan Air laut merupakan air yang memiliki rasa asin. Disebut air laut karena lokasinya berada di lautan atau samudera. Air ini mengandung garam rata-rata 3,5%. Sumber garam yang terdapat di air laut berasal dari pelapukan batu-batuan dan tanah. Ketika air mengalir melalui sungai ke laut, air tersebut sebenarnya sudah mengandung garam namun dalam jumlah yang sangat sedikit. Begitu pula saat ombak laut menerjang karang juga menghasilkan garam mineral yang berasal dari bebatuan. Lama-kelamaan garam-garam yang terkumpul ini akan semakin banyak sehingga menyebabkan air laut terasa asin.

Ayo Mengamati!
Berbicara tentang air, perhatikan iklan berikut.
Apa isi kedua iklan pada gambar di atas?
Amatilah kedua iklan tersebut. Kemudian, ungkapkan pendapatmu mengenai iklan tersebut di hadapan teman-temannmu. Tuliskan juga pendapatmu pada kolom berikut.
- Gambar pertama berisi iklan tentang depot air minum isi ulang.
- Gambar kedua berisi iklan tentang alat untuk mensterilkan air minum.

Meskipun alam dan ketampakan alam daerah satu dengan daerah lainnya berbeda, kita sebagai masyarakat Indonesia harus menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Untuk mewujudkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dapat dimulai dari hal-hal kecil yang ada di sekitar kita. Perhatikan gambar dan uraian keterangan gambar berikut.

Pak Tagor mengajak Siti dan teman-teman membersihkan parit kecil di samping sekolah. Pak Tagor meminta anak-anak membersihkan sampah yang menghalangi aliran air. Pak Tagor juga meminta anak-anak mencabut rumput-rumput ilalang di sepanjang parit. Siti dan teman-teman senang melakukan kegiatan itu. Mereka rukun dan bekerja sama demi lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman.
Hidup rukun sangat menyenangkan. Hidup rukun harus terjalin, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Siti bekerja sama dengan teman-teman seperti pada gambar di atas yang mencerminkan hidup rukun. Selain yang dicontohkan pada gambar, hidup rukun misalnya dengan membantu orang yang membutuhkan atau sedang susah. Dengan hidup rukun, kita turut memperkuat persatuan dan kesatuan di Indonesia.

Ayo Berlatih!
Apa manfaat hidup rukun bagi dirimu?

  1. Hidup terasa lebih aman dan tenteram
  2. Mempererat tali persaudaraan
  3. Menghindari perselisihan
  4. Memiliki lebih banyak teman

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments