Pemanasan Global, Apa Peran Kita?, Kelas 6, Tema 9, Subtema 2, Pembelajaran 1

Apa saja ya, rahasia tentang benda-benda di angkasa luar sana? Seandainya aku dapat menemui benda angkasa luar itu, pasti semakin banyak informasi yang aku dapatkan tentang rahasia mereka. Coba kita cari tahu dari kegiatan berikut. Benda-benda angkasa luar tentunya tidak dapat berbicara. Namun, seandainya mereka dapat berbicara, inilah jawaban mereka atas pertanyaanmu tersebut di atas.

Fakta tentang Bintang- Warna bintang bervariasi dari merah, oranye, kuning, putih hingga biru tergantung dari suhu permukaannya. Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya yang tersusun atas gas hidrogen, helium, dan unsur-unsur lainnya. Tahukah kamu bahwa Matahari merupakan sebuah bintang? Matahari adalah bintang yang letaknya paling dekat dengan Bumi. Oleh karena itu, cahaya Matahari tampak lebih terang dan ukurannya tampak lebih besar dibandingkan dengan berjuta-juta bintang lainnya. Matahari berputar pada porosnya dari barat ke timur.

Volume Matahari hampir 1 juta kali volume Bumi. Dengan ukuran Matahari yang sangat besar itu, maka Matahari memiliki gaya gravitasi yang sangat besar pula. Gaya gravitasi Matahari 28 kali lebih besar daripada gaya gravitasi Bumi. Dengan gaya gravitasi tersebut, maka terjadi gaya tarik-menarik antara Matahari dengan planet-planet dan benda langit lainnya. Hal inilah yang menyebabkan planet-planet dan benda langit lainnya selalu beredar mengelilingi Matahari sehingga Matahari disebut sebagai pusat tata surya.

Matahari memancarkan cahaya dan panasnya karena pada inti Matahari terjadi reaksi yang menghasilkan energi yang sangat besar. Suhu inti Matahari ± 15 juta°C dan suhu di permukaan lebih kurang 6.000°C. Panas yang dipancarkan Matahari merupakan sumber energi utama di Bumi. Energi pancaran Matahari telah membuat Bumi tetap hangat bagi kehidupan, membuat udara dan air di Bumi bersirkulasi, tumbuhan dapat berfotosintesis, dan banyak hal lainnya.

Berdasarkan teks di atas yang kamu baca, jawablah pertanyaan berikut.

Apa itu BintangApa itu MatahariApa manfaat Matahari
bagi kehidupan?
Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya yang tersusun atas gas hidrogen, helium, dan unsur-unsur lainnya. Matahari adalah bintang yang letaknya paling dekat dengan Bumi. Oleh karena itu, cahaya Matahari tampak lebih terang dan ukurannya tampak lebih besar dibandingkan dengan berjuta-juta bintang lainnya.Matahari merupakan sumber energi utama di Bumi. Energi pancaran Matahari telah membuat Bumi tetap hangat bagi kehidupan, membuat udara dan air di Bumi bersirkulasi, tumbuhan dapat berfotosintesis, dan banyak hal lainnya.

Ayo Lakukan!
Sekarang kita lihat salah satu pengaruh lain dari suhu Matahari terhadap benda dengan melakukan percobaan berikut.
Tinta yang Tidak Terlihat
Alat dan Bahan

  1. Setengah potongan jeruk nipis/lemon
  2. Air
  3. Sendok
  4. Mangkuk
  5. Pembersih telinga (cotton bud)
  6. Kertas putih
  7. Lilin/lampu/senter

Langkah Kerja

  1. Peras jeruk lemon/nipis dalam mangkuk dan berikan tambahan beberapa tetes air, lalu aduk rata dengan sendok.
  2. Tuliskan sebuah pesan di atas kertas putih dengan menggunakan “cotton bud” yang telah dicelupkan pada cairan nomor 1.
  3. Tunggu sampai cairan itu kering di atas kertas.
  4. Kamu dapat membaca isi pesan yang ada pada kertas tersebut dengan cara memanaskan kertas di atas lilin atau di dekat panas lampu yang menyala.

Cairan yang dihasilkan oleh lemon atau jeruk nipis beroksidasi dan berubah warna menjadi cokelat jika dipanaskan. Benda lain yang dapat digunakan untuk membuat pesan rahasia adalah cairan jeruk, madu, air, susu, air dari bawang putih, cuka, dan anggur. Apakah kamu dapat menemukan cairan lain yang dapat digunakan untuk membuat pesan rahasia?

Ayo Menulis!
Sekarang kamu dapat menulis hasil percobaan tersebut dengan menggunakan teks eksplanasi. Ingat-ingatlah kembali tentang teks eksplanasi yang telah kamu pelajari di Tema 1. Perhatikan penulisan dengan menggunakan kalimat efektif, kata baku, dan tanda baca yang sesuai dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Pada hakekatnya matahari merupakan bintang yang mampu memancarkan cahayanya sendiri, sama dengan bintang- bintang yang lain. Perbedaannya adalah pada jaraknya dari bumi. Matahari selain sebagai pusat tata surya kita juga memberikan banyak pengaruh kepada planet-planet lain yang ada di sekitarnya. Tidak terkecuali pada Bumi kita ini.

Salah satu akibat dari suhu matahari adalah proses oksidasi. Oksidasi adalah proses terjadinya reaksi antara molekul oksigen dengan molekul yang ada dalam suatu benda. Untuk membuktikan proses oksidasi dapat dilakukan dengan percobaan sederhana.

Alat dan Bahan yang dibutuhkan dalam percobaan oksidasi antaralain : setengah potongan jeruk nipis/ lemon, air, sendok, mangkuk, pembersih telinga (cotton bud), kertas putih, dan lilin/lampu/senter

Langkah percobaan yang dapat kita lakukan adalah sebagai berikut. Pertama, peras jeruk lemon/nipis dalam mangkuk dan berikan tambahan beberapa tetes air, lalu aduk rata dengan sendok. Kedua, tuliskan sebuah pesan di atas kertas putih dengan menggunakan “cotton bud” yang telah dicelupkan pada cairan lemon dan air. Ketiga tunggu sampai cairan itu kering di atas kertas. Keempat, bacalah isi pesan yang ada pada kertas tersebut dengan cara memanaskan kertas di atas lilin atau di dekat panas lampu yang menyala.

Dari percobaan yang dilakukan dapat di ambil kesimpulan cairan yang dihasilkan oleh lemon atau jeruk nipis beroksidasi dan berubah warna menjadi cokelat jika dipanaskan. Pengaruh suhu matahari dalam kehidupan salah satunya adalah proses oksidasi.

Ayo Cari Tahu!
Pengaruh dari benda angkasa luar tersebut, Matahari sangat memengaruhi kehidupan di bumi. Apakah kamu merasakan pengaruh panas Matahari yang semakin lama semakin terasa menyengat di Bumi kita ini karena suhu Matahari semakin tinggi? Mengapa hal itu dapat terjadi?Apa pengaruhnya dengan Bumi tempat kita tinggal? Untuk lebih memahami bacalah teks berikut.

Pemanasan Global, Apa Peran Kita?
Jika kita perhatikan, semakin bertambah tahun, Bumi semakin panas. Sering kita baca di surat kabar, adanya fenomena cuaca yang ekstrem di berbagai belahan Bumi, beberapa spesies hewan punah, banjir karena naiknya permukaan laut, dan sebagainya. Itulah dampak dari pemanasan global.

Pemanasan global merupakan peningkatan suhu rata-rata di Bumi, baik di darat, laut, maupun udara. Apa akibatnya? Meningkatnya suhu menyebabkan lapisan es tebal di Kutub Utara dan Kutub Selatan mencair. Permukaan air laut semakin naik. Beberapa tempat terancam banjir, bahkan beberapa pulau terancam terendam air. Banyak hal yang menjadi penyebab. Efek rumah kaca merupakan salah satu hal yang berperan besar dalam peristiwa ini.

Mengapa disebut efek rumah kaca?
Sebagian besar sinar Matahari yang mencapai permukaan Bumi akan dipantulkan kembali. Namun, ada pula lapisan gas yang menahan sebagian panas Matahari, seperti halnya kaca pada rumah kaca. Kita membutuhkan lapisan tersebut. Tanpa lapisan itu, kita akan membeku kedinginan. Namun, kini lapisan gas tersebut terlalu tebal, sehingga terlalu banyak panas yang terjebak dan menyebabkan suhu terus meningkat. Oleh karenanya, gas pada lapisan tersebut disebut gas rumah kaca.

Dari mana asal pertambahan lapisan gas tersebut? Saat ini, CO2 di atmosfer jauh lebih banyak dibandingkan ratusan atau ribuan tahun yang lalu. Pembakaran bahan bakar fosil menjadi penyumbang terbesarnya. Gas lain yang menjadi penyebab adalah metana, yang dihasilkan oleh pembuangan gas hewan atau pembusukan sampah.

Di antara sebagian penyebab pemanasan global tersebut, apakah kita juga berperan di dalamnya? Apakah kita turut menambah tumpukan sampah, yang akhirnya menambah gas metana di udara? Apakah kita turut menambah jumlah kendaraan di jalan, sehingga menambah gas CO2 sebagai hasil pembakaran bahan bakar fosil?

Sumber : Mengapa Aku Harus Peduli pada Bumi?, Susan Meredith, Erlangga for Kids dan Berita
dari berbagai surat kabar.

Dari bacaan di atas, apa yang kamu ketahui tentang pemanasan global?
Pemanasan global merupakan peningkatan suhu rata-rata di Bumi, baik di darat, laut, maupun udara.

Apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi?
Efek rumah kaca merupakan salah satu hal yang berperan besar dalam peristiwa pemanasan global.

Apa akibatnya jika pemanasan itu terus-menerus terjadi pada Bumi kita?
Akibatnya adalah lapisan es tebal di Kutub Utara dan Kutub Selatan mencair kemudian permukaan air laut semakin naik. Beberapa tempat terancam banjir, bahkan beberapa pulau terancam terendam air.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments