Mengukur Sudut Lebih Akurat, Kelas 6, Tema 2, Subtema 1, Pembelajaran 5

Tarian adat atau tarian tradisional merupakan salah satu kekayaan budaya dan warisan nenek moyang bangsa Indonesia. Ada pesan dan makna yang luhur yang terkandung dalam tarian daerah, salah satunya ada pada tari Lego-lego dari Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tarian ini ditujukan untuk mengajak masyarakatnya bersatu membangun kampung dan negeri. Tari lego-lego biasanya digunakan atau digelar dalam kegiatan upacara adat di Alor.

Namun, sekarang lebih banyak digunakan saat menyambut tamu, dalam acara pernikahan, dan sebagainya. Pada masing-masing kawasan di wilayah Alor terdapat gaya tarian dan nyanyian yang berbeda-beda, namun formasinya tetap sama, yakni lingkaran. Masing-masing nyanyian dan pantun yang diungkapkan saat menari, memiliki arti serta harapan yang berbeda-beda.

Ayo Amati!
Selain formasi lingkaran pada tari Lego-lego, Formasi tarian juga dirancang membentuk berbagai sudut. Ketika kelompok lain melakukan penampilan, kamu dapat membuat catatan penting tentang penampilan mereka yang akan dijadikan sebagai bahan untuk menyampaikan apresiasi dan masukan atas penampilan yang telah mereka lakukan.

Ayo Bertanya!
Tulis hal-hal yang kamu ingin ketahui lebih lanjut tentang komposisi tari dan penampilan yang dilakukan oleh kelompok lain dalam bentuk pertanyaan!
  • Apa yang dimaksud dengan komposisi tari?
  • Apa sebutan untuk orang yang merancang tarian?
  • Komposisi tari apa yang ditunjukkan pada tarian di atas?
Komposisi tari merupakan seni membuat/merancang struktur ataupun alur sehingga menjadi suatu pola gerakan-gerakan. Istilah komposisi tari bisa juga berarti navigasi atau koneksi atas struktur pergerakan. Hasil atas suatu pola gerakan terstruktur itu disebut pula sebagai koreografi. Orang yang merancang koreografi disebut sebagai koreografer.

Ayo Ceritakan!
Ceritakan tentang nilai-nilai persatuan pada masa Penjajahan yang kamu tampilkan dalam tarian tadi!
Apa yang kamu pelajari dari nilai-nilai tersebut? Berikan contoh penerapan nilai-nilai persatuan dalam kehidupanmu sehari-hari, baik di rumah, sekolah, dan masyarakat!
  1. Nilai kesatuan dan persatuan. Masalah persatuan dan kesatuan bangsa bukan hanya diperlukan pada saat bangsa Indonesia menghadapi kekuasaan asing saja, melainkan terus di perlukan hingga sekarang, Contoh penerapan : membersihkan lingkungan bersama-sama, menjenguk salah satu warga yang sakit, bekerja sama dalam menjaga keamanan lingkungan, saling menghormati orang yang berbeda agama, tidak membeda- bedakan suku, dan ergotong royong membangun lingkungan sekitar.
  2. Nilai rela berkorban. Nilai rela berkorban sangat diperlukan baik pada masa perjuangan maupun pada masa sekarang. Pengorbanan yang dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam menghadapi penjajahan dan untuk mencapai Indonesia merdeka tiada terhingga besarnya, baik jiwa maupun harta. Contoh penerapan : mengambil sampah dijalan dan membuangnya pada tempatnya demi melihat lingkungan bersih.
  3. Nilai kemanusiaan. Nilai kemanusiaan memiliki arti yang sangat penting dalam upaya mengisi kemerdekaan Indonesia. Contoh penerapan : pemberian santunan kepada anak-anak panti asuhan, pemberian bantuan kepada fakir miskin, pemberian dana pendidikan kepada anak-anak terlantar, pemberian santunan kepada anak-anak yatim piatu, pemberian dana bantuan kepada masyarakat yang terkena musibah seperti banjir, gempa bumi, dan lain-lain.
  4. Nilai musyawarah mufakat. Musyawarah dan mufakat sudah menjadi sifat bangsa Indonesia sejak dari masa lampau di dalam mengambil suatu keputusan.. Contoh penerapan : mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan.
  5. Nilai kerja sama. Dalam upaya mencapai kemerdekaan, diperlukan adanya kerja sama antar sesama masyarakat, golongan, atau kelompok. Contoh penerapan :  Gotong royong membagun jembatan dan membersihkan selokan
  6. Nilai saling menghargai. Sejak Indonesia belum merdeka hingga sekarang ini, telah banyak yang di lakukan oleh para pendahulu-pendahulu kita. baik dalam berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan maupun dalam upaya mengisi kemerdekaan itu. Contoh penerapan : menghargai teman yang beragama lain untuk menjalankan ibadah sesuai agamanya.
  7. Nilai cinta tanah air dan bangsa. Rasa cinta tanah air akan dapat menjadi pendorong utama dalam membangun negara dan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, rasa cinta tanah air terhadap bangsa dan negara Indonesia haruslah dipupuk dan dibina serta diarahkan sejak dini. Contoh penerapan : mengikuti upacara bendera setiap hari senin, menggunakan produk dalam negeri, dan belajar dengan sungguh - sungguh.
Ayo Cari Tahu!
Sebelumnya kamu telah mengetahui cara mengetahui jenis sudut dengan menggunakan benda yang mempunyai sudut siku-siku serta menggunakan potongan kertas yang kamu buat sendiri. Alat yang kamu gunakan tersebut dinamakan alat ukur sudut tidak baku. Sudut dilambangkan dengan “∠ “.

Kalau begitu, apa alat ukur yang baku untuk sudut? Ayo, kita cari tahu. Untuk mengukur sudut secara lebih akurat, mulai sekarang kamu dapat menggunakan busur derajat seperti gambar berikut.
∠AOB besarnya 45°
∠Besar sudut BOC adalah 45°
∠Besar sudut COD adalah 45°
∠Besar sudut DOE adalah 45°

Berapakah besar setiap sudut berikut?
Ukur besar sudut berikut dengan busur derajat.
Besar sudut selalu diberi tanda oleh ruas garis yang melingkar didalam daerah sudut tersebut. Mengukur sudut dengan satuan baku dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan Busur Derajat. Ada beberapa bentuk sudut berdasarkan ukuran atau besarnya sudut, diantaranya;

  1. Sudut Lancip. Sudut lancip adalah sudut yang memiliki besar sudut lebih besar daripada 0° dan lebih kecil daripada 90°.
  2. Sudut Siku-siku Sudut siku-siku adalah sudut yang memiliki besar sudut 90°.
  3. Sudut Tumpul. Sudut tumpul adalah sudut yang memiliki besar sudut lebih besar dari 90o. dan lebih kecil daripada 180°.
  4. Sudut Lurus. Sudut lurus adalah sudut yang memiliki besar sudut 180°.
  5. Sudut Refleks. Sudut refleks adalah sudut yang memiliki besar sudut lebih besar daripada 180°. dan lebih kecil daripada 360°.
  6. Sudut Putaran Penuh. Sudut putaran penuh adalah sudut yang memiliki besar sudut 360°.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments