Memelihara Kondisi Kesehatan

Pernahkah kalian mendengar slogan ”men sana in corpore sano?” Slogan tersebut berarti bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Untuk memperoleh tubuh yang sehat dan kuat dapat ditempuh dengan berbagai cara. Apa saja yang dapat kita lakukan untuk menjaga kondisi kesehatan?

Setiap orang pasti menginginkan tubuhnya selalu dalam keadaan sehat. Sehat bukan hanya bebas dari penyakit, tetapi meliputi seluruh kehidupan manusia, termasuk aspek sosial, ekonomi, faktor lingkungan, pendidikan, dan rekreasi. Jika salah satu faktor di atas terganggu, akan menyebabkan gangguan perasaan dan menimbulkan keadaan tidak sehat.

Kesehatan adalah harta yang tak ternilai. Kesehatan diri kita dapat terwujud jika kita menjaga kesehatan tubuh. Hidup sehat tidak datang dengan sendirinya. Sehat itu harus diusahakan. Dalam menjaga kesehatan tubuh, kita harus memperhatikan hal-hal berikut.

1. Mengonsumsi Makanan Sehat
Manusia memerlukan makanan untuk menjaga agar tubuhnya tetap sehat. Makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang sehat dan bergizi. Makanan sehat dan bergizi adalah makanan yang mengandung zat-zat yang diperlukan oleh tubuh. Misalnya protein, vitamin, mineral, dan karbohidrat. Contoh makanan sehat dan bergizi adalah makanan empat sehat lima sempurna. Makanan empat lima sempurna terdiri atas nasi, sayur mayur, lauk pauk, buah-buahan, dan susu.

2. Mandi Dua Kali Sehari
Mandi dapat membuat tubuh kita sehat, karena mandi dapat membersihkan seluruh tubuh kita. Mandi membuat kulit serta pori-pori bersih dan tidak tertutup kotoran lagi.

3. Menjaga Kebersihan Rambut
Rambut harus dirawat supaya tetap bersih dan rapi. Rambut itu berlemak, sehingga kotoran debu mudah melekat pada rambut. Kita harus mencuci rambut atau keramas setiap kali kita mandi.

4. Tangan dan Kaki Harus Bersih
Tangan hendaknya selalu dicuci bersih dengan air dan sabun. Terutama sebelum makan, setelah dari kamar kecil, setelah memegang sesuatu yang kotor, dan sebelum tidur.

Bagaimana dengan kaki? Tidak jauh berbeda dengan tangan kita melangkahkan kaki ke mana-mana. Banyak kotoran yang ikut dengan kaki kita. Tangan pun suka menyentuh kaki. Oleh karena itu, kaki perlu dicuci bersih, apalagi waktu mau tidur. Kuku kaki pun harus dipotong pendek dan dibersihkan secara teratur.

5. Menggosok Gigi
Kesehatan gigi dan mulut bukan sekedar menyangkut kesehatan di rongga mulut saja. Kesehatan mencerminkan kesehatan seluruh tubuh. Orang yang giginya tidak sehat, pasti kesehatan umum dirinya mundur. Sebaliknya, orang yang giginya sehat dan terawat baik, seluruh dirinya sehat dan segar. Ayo kita rawat gigi kita dengan baik. Menggosok gigi dilakukan setelah makan dan sebelum tidur.

6. Pakaian Harus Bersih
Jika badan sudah bersih, tetapi pakaian tidak, mana mungkin terasa segar dan sehat? Pakaian banyak menyerap keringat, lemak, dan kotoran yang dikeluarkan badan. Kita perlu berganti pakaian dengan bersih setiap hari. Saat tidur hndaknya kita mengenakan pakaian yang khusus untuk tidur. Jadi, bukan pakaian yang sudah dikenakan sehari-hari yang sudah kotor.

7. Tidur yang Cukup
Tidur yang cukup diperlukan oleh tubuh kita untuk memulihkan tenaga. Dengan tidur yang cukup, kemampuan dan keterampilan kita meningkat. Susunan saraf serta tubuh terpelihara agar tetap segar dan sehat. Tidak lupa berdoa dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Tidurlah di kamar yang udaranya bersih, suasana tenang, dan cahaya lampu remang-remang (tidak terang benderang). Sebaiknya tungkai diletakkan agar tinggi sedikit, agar mempelancar peredaran darah di anggota gerak bawah.

8. Berolahraga
Kesehatan tubuh tidak hanya tergantung dari jenis makanan yang kita makan. Tetapi
juga dari kegiatan olahraga atau latihan fisik yang kita lakukan. Dengan berolahraga
secara teratur dapat memelihara jantung, peredaran darah, dan frekuensi nadi. Macammacam
olahraga yang dapat kita lakukan antara lain berlari, bersepeda, dan senam.

Latihan Peregangan atau Pelemasan
Latihan kebugaran jasmani sangat penting bagi kesehatan tubuh. Tapi ingat, sebelum melakukan latihan yang berat kalian harus melakukan gerakan peregangan otot dahulu. Tujuannya adalah agar otot tidak kaku sebelum melakukan latihan yang lebih berat. Selain peregangan otot kita harus melakukan pelemasan persendian otot dan persendian yang tidak kaku akan lebih baik saat menerima beban latihan selanjutnya.

Tujuan lain dari peregangan otot dan pelemasan persendian adalah memperkecil risiko cedera.

Berikut ini beberapa gerakan peregangan atau pelemasan.

1. Peregangan Otot Leher
Cara melakukan:
  • Berdiri tegak, tangan memegang kepala
  • Patahkan leher ke kiri
  • Tahan beberapa saat
  • Patahkan leher ke kanan
  • Tahan beberapa saat
2. Pelemasan Persendian
Cara melakukan:
  • Berdiri tegak, kaki dibuka selebar bahu
  • Angkat kedua tangan ke depan
  • Ayunkan tangan ke kanan dan ke kiri
  • Lakukan beberapa kali
3. Peregangan otot pinggang
Cara melakukan:
  • Berdiri tegak, kaki rapat
  • Bungkukkan badan, kedua tangan memegang pergelangan kaki
  • Usahakan mencium lutut
  • Tahan untuk beberapa saat
Aktivitas Kondisi Fisik
Kondisi fisik merupakan bagian tanggung jawab kita untuk menjaga agar tetap fit. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaganya, baik dengan peralatan modern maupun permainan yang mengasyikkan. Contoh dari aktivitas kondisi fisik adalah sebagai berikut.

1. Latihan Kekuatan Otot Lengan (Push-Up)
Mula-mula tidur telungkup, kedua kaki dirapatkan lurus di belakang. Ujung kaki bertumpu pada lantai, kedua telapak tangan di samping dada. Jari-jari tangan menunjuk ke depan

Badan dan kaki merupakan satu garis lurus. Lalu badan diturunkan kembali dengan jalan membengkokkan kedua siku. Badan dan kedua kaki tetap lurus dan tidak menyentuh lantai. Gerakan diulang-ulang selama 15-30 detik.

2 . Latihan Kekuatan Otot Perut (Sit-Up)
Mula-mula tidur terlentang, kedua lutut ditekuk dan kedua tangan diletakkan di belakang kepala. Badan diangkat ke atas hingga dalam posisi duduk kedua tangan tetap berada di belakang kepala. Gerakan diulang-ulang 15-30 detik.

3. Menggendong Teman Sambil Berjalan
Pertama yang harus dilakukan adalah mencari teman yang seimbang, maksudnya agar kita mampu menggendongnya. Kemudian teman kita digendong dan kita berjalan dengan jarak yang telah ditentukan.

4. Menggantung pada Tiang
Ambil posisi menggantung dengan kedua tangan. Satu persatu secara bergantian lepaskan tangan dan memegang lagi pada tiang bambu.

5. Menggantung dan Berpindah-pindah Tempat
Caranya sama persis dengan menggantung pada tiang, hanya kalau latihan tadi, satu tangan lepas dan memegang lagi secara bergantian tapi dalam latihan ini tangan yang lepas digunakan untuk berpindah ke tempat lainnya dalam tiang tersebut. Selain latihan-latihan fisik di atas, kita juga dapat melakukan latihan daya tahan tubuh. Misalnya lari jarak menengah dengan waktu tertentu. Adapun manfaat latihan daya tahan tubuh antara lain membakar kalori, meningkatkan stamina, dan meningkatkan sistem sirkulasi dan kerja jantung.

Latihan Berkelanjutan untuk Meningkatkan Kebugaran
Segala sesuatu jika dilakukan secara sungguh-sungguh dan terencana akan menghasilkan hasil yang maksimal. Demikian juga dengan latihan untuk menjaga kebugaran tubuh. Kunci utamanya adalah melakukan latihan dengan teratur dan peningkatan beban latihan secara bertahap.

Untuk meningkatkan kebugaran tubuh dapat dilakukan dengan latihan berbentuk sirkuit. Caranya adalah membentuk pos-pos dengan menentukan gerakan dalam pos tersebut. Misalnya.
  • Pos I melakukan gerakan push up sebanyak 8 kali
  • Pos II melakukan gerakan sit up sebanyak 8 kali
  • Pos III melakukan gerakan pull up sebanyak 5 kali
  • Pos IV melakukan gerakan menggendong teman dengan menempuh jarak 5 meter
Perlu diingat, untuk melakukan latihan sirkuit harus memerhatikan kemampuan. Jika tidak mampu dapat mengurangi jumlah gerakan atau hitungan.

Kesimpulan pembahasan kali ini adalah;
1. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.
2. Kesehatan dapat terwujud jika kita menjaga kesehatan tubuh.
3. Sikap hidup sehat untuk menjaga kondisi kesehatan antara lain sebagai berikut.
  • Mengonsumsi makanan sehat
  • Mandi dua kali sehari
  • Menjaga kebersihan tangan, kaki, dan rambut
  • Istirahat yang cukup
  • Berolahraga
4. Latihan peregangan untuk menghindari terjadinya cedera ketika melakukan olahraga.
5. Kebugaran jasmani dapat dilatih dengan berbagai latihan fisik seperti push up, sit up, pull up, dan menggendong teman

Soal Latihan dan Pembahasan

I. Pilihlah salah satu jawaban yang benar di bawah ini!
1. Makanan sehat adalah makanan yang ....
a. mahal
b. mewah
c. enak
d. mengandung zat-zat yang diperlukan tubuh
Jawaban: d
Pembahasan;
Makanan sehat dan bergizi adalah makanan yang mengandung zat-zat yang diperlukan oleh tubuh. Misalnya protein, vitamin, mineral, dan karbohidrat. Contoh makanan sehat dan bergizi adalah makanan empat sehat lima sempurna. Makanan empat lima sempurna terdiri atas nasi, sayur mayur, lauk pauk, buah-buahan, dan susu.

2. Berikut ini sikap hidup sehat untuk memelihara kondisi kesehatan, kecuali ....
a. mengonsumsi makanan sehat
b. mengonsumsi makanan mewah
c. berolahraga
d. menjaga kebersihan tangan dan kaki
Jawaban: b
Pembahasan;
Makanan yang mewah atau mahal belum tentu sehat dan mengandung zat yang dibutuhkan oleh tubuh.
3. Gambar diatas adalah gerakan peregangan otot ....
a. kaki
b. tangan
c. leher
d. punggung
Jawaban: c
Pembahasan: Cukup jelas

4. Melatih kekuatan otot perut dengan gerakan ....
a. sit up
b. push up
c. pull up
d. back up
Jawaban: a.
Pembahasan;
Untuk melakukan gerakan sit-up, mula-mula tidur terlentang, kedua lutut ditekuk dan kedua tangan diletakkan di belakang kepala. Badan diangkat ke atas hingga dalam posisi duduk kedua tangan tetap berada di belakang kepala. Gerakan diulang-ulang 15-30 detik.

5. Gambar dibawah untuk melatih otot ....
a. kaki
b. lengan
c. perut
d. leher
Jawaban: b
Pembahasan;
Gambar tersebut memperlihatkan seseorang yang sedang melakukan gerakan push-up. Gerakan ini dilakukan untuk melatih kekuatan otot lengan. Cara melakukannya mula-mula tidur telungkup, kedua kaki dirapatkan lurus di belakang. Ujung kaki bertumpu pada lantai, kedua telapak tangan di samping dada. Jari-jari tangan menunjuk ke depan

Badan dan kaki merupakan satu garis lurus. Lalu badan diturunkan kembali dengan jalan membengkokkan kedua siku. Badan dan kedua kaki tetap lurus dan tidak menyentuh lantai. Gerakan diulang-ulang selama 15-30 detik.

6. Salah satu manfaat latihan kebugaran ....
a. meningkatkan kekuatan
b. menambah nafsu makan
c. mengurangi berat badan
d. mengisi waktu luang
Jawaban: a

7. Menggendong teman salah satu bentuk latihan ....
a. otot kaki
b. latihan kecepatan
c. melemaskan otot-otot
d. memperlancar peredaran darah
Jawaban: a

8. Untuk melatih otot, kita dapat melakukan, kecuali ....
a. fitnes
b. bekerja berat
c. latihan di rumah
d. tidur
Jawaban: d

9. Kekuatan otot sangat berguna untuk ....
a. berkelahi
b. membantu orang tua
c. memukul teman
d. menjaga kesehatan
Jawaban: d

10. Melakukan angkat beban secara terus menerus, dapat memperkuat otot ....
a. tangan
b. kepala
c. leher
d. kaki
Jawaban: a

II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
1. Mengapa mandi dapat membuat tubuh kita sehat?
Mandi dapat membuat tubuh kita sehat, karena mandi dapat membersihkan seluruh tubuh kita. Mandi membuat kulit serta pori-pori bersih dan tidak tertutup kotoran lagi.

2. Jelaskan langkah-langkah push-up!
Mula-mula tidur telungkup, kedua kaki dirapatkan lurus di belakang. Ujung kaki bertumpu pada lantai, kedua telapak tangan di samping dada. Jari-jari tangan menunjuk ke depan

Badan dan kaki merupakan satu garis lurus. Lalu badan diturunkan kembali dengan jalan membengkokkan kedua siku. Badan dan kedua kaki tetap lurus dan tidak menyentuh lantai. Gerakan diulang-ulang selama 15-30 detik.

3. Jelaskan langkah-langkah sit-up!
Mula-mula tidur terlentang, kedua lutut ditekuk dan kedua tangan diletakkan di belakang kepala. Badan diangkat ke atas hingga dalam posisi duduk kedua tangan tetap berada di belakang kepala. Gerakan diulang-ulang 15-30 detik.

4. Apakah tujuan latihan peregangan dan pelemasan otot?
Tujuan latihan peregangan dan pelemasan otot adalah untuk memperkecil resiko terjadinya cidera otot.

5. Sebutkan langkah-langkah peregangan otot leher!
  • Berdiri tegak, tangan memegang kepala
  • Patahkan leher ke kiri
  • Tahan beberapa saat
  • Patahkan leher ke kanan
  • Tahan beberapa saat

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments