Membedakan Zat Tunggal dan Campuran, Kelas 5, Tema 9, Subtema 1, Pembelajaran 2

Udin mengamati iklan produk minuman dalam media cetak. Udin menyukai gambar dalam iklan. Udin merasa gambar dalam iklan bagus sekali. Selain gambar, Udin juga mengamati tulisan dalam iklan dan isi dari tulisan. Apa saja sebenarnya unsur-unsur iklan? Apakah iklan harus menarik sehingga banyak orang yang membeli produknya. Ayo, kita pelajari.

Iklan adalah pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada masyarakat umum. Pemberitahuan dilakukan supaya orang tertarik untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Iklan dapat disampaikan melalui media cetak, audio, dan elektronik. Iklan memiliki unsur-unsur berikut.
  1. Nama produk.
  2. Gambar yang menarik.
  3. Kalimat iklan.
  4. Keunggulan produk.
  5. Harga produk.
  6. Nomor telepon.
  7. Alamat pengiklan.

Ayo Mengamati!

Amatilah gambar diatas. Apakah iklan tersebut memenuhi unsur-unsurnya? Ungkapkan pendapatmu pada kolom berikut.
Unsur-unsur yang terdapat pada iklan tersebut sebagai berikut.
1. Nama produk.
2. Gambar produk.
3. Kalimat iklan.
4. Keunggulan produk.
Iklan pada gambar tidak memenuhi semua unsur-unsur iklan.
Ayo Berlatih!
Membedakan Zat Tunggal dan Campuran Kalian telah mempelajari tentang iklan dan unsur-unsurnya. Kalian juga telah mengetahui iklan susu pada halaman 7 termasuk zat tunggal atau campuran. Sekarang, kita akan berlatih membedakan zat tunggal dan campuran dengan bahan-bahan berikut. Ikuti langkah kerjanya dengan baik dan hati-hati.

Langkah kerja:
1. Siapkan lima macam benda seperti kapur tulis, air garam, gula pasir, minuman kopi tumbuk, dan kawat tembaga.
2. Amati zat penyusun kelima benda tersebut.
3. Tuliskan hasil pengamatanmu dalam tabel berikut.
Nama BendaZat Penyusun
Air air
Kapur Tulis kapur tulis
Air Garam air, garam
Gula Psir gula pasir
Minuman Kopi Tumbuk. air, kopi tumbuk
Kawat Tembaga tembaga

Setelah kalian melakukan kegiatan dan mengisi tabel, maka buatlah kesimpulan dengan meneruskan kalimat berikut.
  1. Zat tunggal adalah zat yang tersusun dari satu jenis materi.
  2. Contoh zat tunggal yaitu air, kapur tulis, gula pasir, dan kawat tembaga.
  3. Zat campuran adalah zat yang tersusun dari beberapa jenis materi atau zat tunggal.
  4. Contoh campuran, yaitu air garam dan minuman kopi tumbuk.
Air dan Manfaatnya
Air merupakan contoh zat tunggal. Kamu biasa meminum air putih. Air putih tidak bernoda sedikitpun serta tidak ada warnanya. Begitu jernihnya sehingga kamu bisa berkaca dan melihat wajahmu sendiri di air.

Air yang murni dari air yang terdiri atas satu jenis materi saja sebagai penyusunnya. Air sangat dibutuhkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Air tidak hanya untuk minum. Namun, berbagai aktivitas manusia banyak yang memerlukan air. Air untuk membersihkan badan dari kotoran. Air untuk mencuci baju yang kotor. Air untuk memasak. Air untuk menyiram tanah supaya subur tanamannya. Dan masih banyak lagi kegunaan air.
Ayo Bernyanyi!

Mengenal Tangga Nada
Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang, misalnya 1 2 3 4 5 6 7 1. Dalam seni musik, tangga nada dibagi menjadi dua yaitu tangga nada diatonis dan tangga nada pentatonis. Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang terdiri atas tujuh nada. Tangga nada diatonis terdiri atas beberapa jenis.

a. Tangga nada diatonis mayor
Tangga nada diatonis mayor adalah tangga nada yang susunan nadanya berjarak 1 – 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2. Contoh tangga nada mayor sebagai berikut.

b. Tangga nada diatonis minor
Tangga nada minor adalah tangga nada diatonis yang susunan nadanya 1 - 1/2- 1 - 1 - 1/2- 1 - 1. Tangga nada minor dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu minor asli, minor harmonis, dan minor melodis.
1. Tangga nada minor asli masih merupakan nada-nada pokok, belum mendapat nada sisipan. Berikut contoh tangga nada minor asli.
2. Tangga nada minor harmonis adalah tangga nada dengan nada ketujuh dinaikkan setengah laras. Pada saat turun jaraknya tetap sama. Berikut contoh tangga nada minor harmonis.
3. Tangga nada minor melodis adalah tangga nada minor asli dengan nada ke-6 dan ke-7 dinaikkan setengah laras. Pada saat turun nada ke-6 dan ke-7 diturunkan setengah laras.
Tangga nada mayor dan minor akan terdengar perbedaannya jika dimainkan dengan alat musik. Lagu dengan tanda mayor jika dimainkan akan terdengar ceria. Berbeda dengan lagu dengan tangga nada minor, lagu dengan tangga nada minor jika dimainkan akan terdengar sedih. Walaupun demikian, lagu minor yang syairnya lucu dengan tempo cepat, akan terkesan gembira. Kecepatan sangat memengaruhi kesan. Lagu yang berjudul “Air” adalah contoh lagu yang menggunakan tangga nada mayor. Adapun lagu yang menggunakan tangga nada minor, contohnya lagu “Gugur Bunga” ciptaan Ismail Marzuki.

Ayo Bernyanyi!

  • Lagu berjudul ”Gugur Bunga” dan ”Ayam Den Lapeh” termasuk lagu bertangga nada minor. Lagu tersebut jika dinyanyikan menimbulkan perasaan sedih.
  • Lagu ”Gugur Bunga” dinyanyikan dengan tempo lambat untuk menunjukkan dan menegaskan ekspresi kesedihan. Sementara itu, lagu ”Ayam Den Lapeh” dinyanyikan dengan tempo moderato (sedang). Meskipun demikian, ungkapan kesedihan tetap terlihat dari lirik lagu tersebut.
  • Isi lagu ”Gugur Bunga”, yaitu tentang ungkapan kesedihan karena gugurnya pahlawan bangsa. Sementara itu, lagu ”Ayam Den Lapeh” berisi ungkapan kesedihan karena kehilangan sesuatu yang berharga.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments