Masih Percayakah Anda dengan Bahaya Radiasi Ponsel?

Radiasi gelombang radio yang diterima dan dikirimkan oleh handphone dapat menyebar ke segala arah, termasuk tubuh. Radiasi handphone tidak sama dengan radiasi sinar X. Radiasi sinar X sudah dipastikan berbahaya, sementara radiasi handphone belum diketahui secara pasti efeknya pada kesehatan. Namun para ahli telah membeberkan beberapa kemungkinkan yang dapat terjadi ketika radiasi handphone bersentuhan dengan tubuh.

Beberapa kemungkinan yang ditimbulkan dari radiasi handphone diantaranya berdampak pada kesuburan pria. Mengutip dari laman alodokter.com, Pria yang menggunakan hands-free saat menelepon cenderung menaruh handphone pada saku celana atau menyelipkannya pada ikat pinggang. Karena letaknya yang berdekatan dengan organ intim, kemungkinan radiasi yang dikeluarkan handphone dapat memengaruhi sperma. Sperma yang terekspos radiasi mungkin dapat mengalami kerusakan, kemampuan bergerak lebih rendah, daya tahan hidup sperma sebentar, dan stres oksidatif.

Selain itu, Dianjurkan untuk berhati-hati memakai handphone bagi wanita yang sedang hamil. Radiasi handphone dapat memengaruhi lapisan pelindung yang mengelilingi neuron otak pada janin. Selain itu, anak yang terlahir dari ibu hamil yang terekspos handphone sebelum melahirkan mungkin dapat mengalami gangguan perilaku seperti sulit bergaul, hiperaktif, dan menjadi anak yang tidak peka. Meski begitu, ada pula hasil penelitian yang tidak menemukan data valid mengenai kaitan kedua hal itu. Untuk berjaga-jaga, dianjurkan untuk menggunakan hands-free ketika menerima telepon dan jangan meletakkannya pada perut.

Dan bagi anak-anak, menurut teori, radiasi lebih mudah diserap oleh anak-anak ketimbang orang dewasa karena tengkorak mereka lebih tipis, jaringan otak lebih mudah menyerap serta ukuran tubuh yang lebih kecil.

Akan tetapi Hubungan antara radiasi handphone dan kanker masih kontroversial. Hingga kini belum ada bukti kuat yang menyatakan radiasi handphone dapat meningkatkan risiko terkena kanker. Secara garis besar, efek buruk radiasi handphone pada kesehatan masih bersifat kemungkinan. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efek sesungguhnya.

Dari ANTARA News, Dua studi yang dilakukan oleh National Toxicology Program (NTP) menyimpulkan bahwa radiasi ponsel "kemungkinan besar" tidak akan membawa Anda ke liang lahat alias menimbulkan kematian.

Seekor tikus yang terpapar radiasi frekuensi radio (RFR) seperti yang dipancarkan ponsel dan microwave berada dalam kondisi kesehatan yang sama dengan tikus yang tidak terpapar, bahkan beberapa diantaranya yang terkena radiasi mampu bertahan hidup lebih lama.

Meski demikian, Dr Bucher masih menganjurkan pengguna ponsel untuk mengurangi eksposur radiasi ponsel dengan tidak menempelkan ponsel mereka ke telinga dalam durasi waktu yang lama. Dia juga menyarankan agar menempatkan ponsel agak jauh saat tidur.

"Saat ini tidak ada bukti yang konsisten bahwa radiasi non-ion meningkatkan risiko kanker... penggunaan teknologi hands-free, seperti headset berkabel dan nirkabel, terus meningkat dan dapat mengurangi paparan frekuensi radio ke kepala dan otak," terang National Cancer Institute.

Teknologi ponsel diawasi di AS oleh Securities and Exchange Commission (SEC) dan Food and Dru9 Administration (FDA). FDA meninjau kembali penelitian tersebut dan mengatakan, "Batas keamanan saat ini untuk ponsel dapat diterima untuk melindungi kesehatan masyarakat."

Akan tetapi, jika Anda khawatir dengan risiko yang mungkin dikeluarkan dari radiasi handphone, ikuti tips di bawah ini:
  1. Gunakan handphone ketika sedang dibutuhkan.
  2. Pakai hands-free ketika menerima panggilan atau gunakan pengeras suara. Saat menelepon memakai hands-free, jangan menaruh handphone pada saku celana atau saku baju.
  3. Jauhkan handphone dari tubuh ketika tidak digunakan.
  4. Hanya gunakan handphone saat sinyal kuat. Sinyal lemah membuat handphone menggunakan lebih banyak energi untuk berkomunikasi. Anda bisa melihatnya kondisi sinyal di layar handphone Anda.
  5. Disarankan untuk berkomunikasi melalui pesan singkat ketimbang telepon untuk mengurangi pajanan radiasi.
  6. Jangan membiarkan anak berlama-lama bermain handphone. Gunakan seperlunya saja.
Artikel asli;

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments