Manfaat Tumbuhan Bakau, Kelas 6, Tema 1

Bakau merupakan tumbuhan unik yang terdapat di muara sungai, daerah pasang surut, dan pesisir laut. Tumbuhan ini unik, karena memiliki ciri-ciri gabungan dari tumbuhan yang hidup di darat dan di laut. Bakau memiliki akar napas, yang berfungsi menyerap oksigen dari udara. Ini merupakan cara adaptasi tumbuhan terhadap kondisi tanah yang miskin oksigen.

Keberadaan bakau di lingkungannya memiliki berbagai manfaat, antara lain sebagai berikut.
  1. Melindungi pantai dari erosi dan abrasi. Adanya bakau di pesisir pantai bermanfaat untuk menjaga agar garis pantai tetap stabil dan tidak terkikis oleh terpaan ombak. Rumpun-rumpun bakau mampu menyerap energi gelombang yang datang, sehingga hanya riak gelombang yang sampai di sisi pantai.
  2. Menahan rembesan air laut ke darat.
  3. Sebagai perangkap zat-zat pencemar dan limbah industri. Selain dapat menjaga daratan, bakau juga memiliki peran penting dalam mengurangi polutan di air laut.
  4. Menciptakan udara pesisir yang bersih dan segar. Daun bakau dapat menyerap gas karbondioksida dan melepaskan oksigen ke lingkungan. Dengan demikian, udara di sekitar pantai tetap bersih dan segar.
  5. Menjadi habitat alami berbagai biota darat dan laut. Kelestarian hewan laut dan darat seperti udang, kepiting, berbagai jenis ikan, burung, monyet, serta biawak terjaga dengan adanya hutan bakau di pesisir pantai.
  6. Mengurangi dampak bencana akibat gelombang laut, seperti badai dan gelombang pasang.
Saat ini, terutama di kota-kota besar, keberadaan bakau di sekeliling garis pantai semakin menyusut. Hal ini disebabkan penebangan bakau secara berlebihan maupun akibat pengalihan hutan bakau menjadi area tambak, pemukiman, maupun area perindustrian. Oleh karena itu, perlu digalakkan kesadaran masyarakat untuk merehabilitasi keberadaan tanaman bakau. Beberapa komunitas pemerhati lingkungan berinisiatif untuk menggerakkan penanaman bakau. Kegiatan ini melibatkan masyarakat melalui pesan edukatif serta ajakan untuk melestarikan keberadaan hutan bakau di lingkungan pesisir.

Secara alami, kondisi geografis suatu lingkungan didukung oleh keberadaan makhluk hidup untuk menjaganya. Seperti tanaman bakau untuk menjaga pesisir pantai. Hal ini merupakan tugas manusia untuk tetap memelihara keberadaan tumbuhan sebagai pendukung kehidupannya.

Ayo Diskusikan!
1. Dimanakah tanaman bakau tumbuh?
Bakau tumbuh di muara sungai, daerah pasang surut, dan pesisir laut.

2. Apa saja manfaat dari tanaman bakau?
  • Melindungi pantai dari erosi dan abrasi. Adanya bakau di pesisir pantai bermanfaat untuk menjaga agar garis pantai tetap stabil dan tidak terkikis oleh terpaan ombak. Rumpun-rumpun bakau mampu menyerap energi gelombang yang datang, sehingga hanya riak gelombang yang sampai di sisi pantai.
  • Menahan rembesan air laut ke darat.
  • Sebagai perangkap zat-zat pencemar dan limbah industri. Selain dapat menjaga daratan, bakau juga memiliki peran penting dalam mengurangi polutan di air laut.
  • Menciptakan udara pesisir yang bersih dan segar. Daun bakau dapat menyerap gas karbondioksida dan melepaskan oksigen ke lingkungan. Dengan demikian, udara di sekitar pantai tetap bersih dan segar.
  • Menjadi habitat alami berbagai biota darat dan laut. Kelestarian hewan laut dan darat seperti udang, kepiting, berbagai jenis ikan, burung, monyet, serta biawak terjaga dengan adanya hutan bakau di pesisir pantai.
  • Mengurangi dampak bencana akibat gelombang laut, seperti badai dan gelombang pasang.
3. Apa yang akan terjadi jika tidak ada lagi tanaman bakau?
  • Terjadi erosi dan abrasi
  • Meningkatnya polutan di air laut
  • Punahnya habitat alami berbagai biota darat dan laut
4. Apa saja yang dapat dilakukan untuk melestarikan tanaman bakau?
  • Menggalakan kesadaran masyarakat akan pentingnya tanaman bakau
  • Melakukan rehabilitasu keberadaan tanaman bakau
Menanam kembali tanaman bakau merupakan wujud kesadaran masyarakat untuk menjaga kestabilan lingkungan sesuai dengan kondisi geografisnya. Bagaimana dengan lingkungan tempat tinggalmu? Apa yang dilakukan oleh masyarakat sekitar rumahmu untuk mempertahankan kestabilan lingkungannya?
Yang dilakukan masyarakat di sekitar lingkungan untuk mempertahankan kestabilan lingkungan diantaranya;
  1. Membuang sampah pada tempatnya
  2. Menanam pohon berkayu di pinggir sungai
  3. Melakukan reboisasi
  4. Menggunakan produk daur ulang
  5. Mengurangi penggunaan barang dengan bahan plastik
Selain itu, pada tingkat desa dibuat Peraturan Desa tentang larangan menangkap ikan menggunakan bahan kimia dan listrik atau setrum.

Kita harus bersyukur kepada Tuhan Yang Esa dengan diciptakannya beragam tumbuhan. Yuk, membuat poster untuk menginformasikan pada temanmu di sekolah tentang pentingnya menjaga dan menyayangi tumbuhan yang ada di lingkungan kita.

Ayo Berkreasi!
• Buatlah poster yang berisi informasi tentang pentingnya tumbuhan bagi kehidupan.
• Perhatikan kriteria berikut ini.
  1. Poster berisi informasi tentang paling sedikit satu manfaat tumbuhan bagi kehidupan, serta kalimat ajakan untuk menjaga dan menyayangi tumbuhan.
  2. Terdapat gambar yang mendukung informasi.
  3. Gambar dan tulisan jelas, rapi, terbaca, dan mudah dipahami.
Gunakan poster tersebut untuk berkampanye tentang pentingnya tumbuhan dan sampaikan ke kelas-kelas lain. Setelah itu, pasang poster tersebut di tempat yang strategis di sekitar sekolah dan mudah terbaca.
Betapa tumbuhan sangat besar perannya dalam kehidupan kita. Kehidupan yang nyaman tercipta dengan adanya berbagai tumbuhan penjaga lingkungan di sekitar kita.

Sebagai sumber makanan, tumbuhan memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaaat bagi tubuh kita. Salah satunya adalah berbagai jenis buah yang dihasilkan dari pohon buah-buahan.

Ayo Berlatih!
1. Perhatikan grafik batang tentang data kandungan vitamin C dalam satuan miligram (mg) pada beberapa jenis buah berikut.
Berdasarkan data di atas jawablah pertanyaan berikut!
a. Dari data di atas, berapakah kandungan vitamin C pada 100 gram pepaya?
Kandungan vitamin C pada 100 gram pepaya= 62 mg

b. Buah apakah yang kandungan vitamin C paling tinggi?
Buah dengan kandungan vitamin C paling tinggi, yaitu Jambu Monyet karena angka kandungan vitamin C-nya adalah 265 mg, yaitu yang tertinggi di antara yang lain.

c. Jika kamu memakan 1 kg kiwi, berapa mg vitamin C yang kamu konsumsi?
Kandungan vitamin C pada 1 kg kiwi = [1000 gram : 100] x 93 = 930 mg.

d. Bagaimana caramu mendapatkan jawabannya?
Caranya adalah satuan kilogram pada kiwi diubah menjadi gram.

Tahukah kamu?
Menurut Angka Kebutuhan Gizi (AKG) di Indonesia pada tahun 2007, kebutuhan vitamin C untuk orang dewasa adalah 90 mg/hari, sedangkan untuk anak usia 2-5 tahun adalah 45 mg/hari.

e. Jika kamu mengonsumsi ½ kg leci, apakah sudah memenuhi kebutuhan vitamin C bagi tubuhmu?
Jika mengonsumsi ½ kg leci, maka sudah memenuhi kebutuhan vitamin C bagi tubuh, karena ½ kg = [500 gram : 100] x 71 = 355 mg.

f. Jika kamu mengonsumsi 1 kg nanas, apakah sudah memenuhi kebutuhan vitamin C bagi tubuhmu?
Jika mengonsumsi 1 kg nanas, maka sudah memenuhi kebutuhan vitamin C bagi tubuhmu, karena 1 kg = [1000 : 100] x 56 = 560 mg

g. Jika kamu mengonsumsi 1 kg lengkeng dan ½ kg pepaya, apakah sudah memenuhi kebutuhan vitamin C bagi tubuhmu?
Jika mengonsumsi 1 kg lengkeng dan ½ kg pepaya, maka sudah memenuhi kebutuhan vitamin C bagi tubuh, karena [1000 gram: 100] x 84 + [500 gram : 100] x 62 = 1.150 mg

h. Berdasarkan informasi sebelumnya, buatlah tabel tentang buah yang dapat kamu konsumsi setiap hari agar kebutuhan vitamin C untuk tubuhmu dapat terpenuhi.

Nama BuahBanyaknyaKandungan Vit.C
Kiwi 1kg 930 mg
Leci ½ kg355 mg
Nanas 1 kg560 mg
Lengkeng ½ kg420 mg
Pepaya 1 kg600 mg

2. Selain kandungan vitamin C dalam sayur dan buah, juga terdapat kandungan air yang berguna bagi tubuh. Berikut adalah data kandungan air dalam buah dan sayur.
a. Berapa persen kandungan air dalam setiap buah-buahan di atas?
Persentase kandungan air dalam setiap makanan
  • Apel = 90%
  • Semangka= 95%
  • Jeruk = 90%
  • Kentang = 80%
b. Berapa persen kandungan yang bukan air pada setiap buah-buahan di atas?
Persentase kandungan bukan air pada setiap makanan
  • Apel = 10%
  • Semangka= 5%
  • Jeruk = 10%
  • Kentang = 20%
c. Tuliskan bentuk persen dalam grafik di atas ke bentuk desimal dan pecahan.
Mengubah bentuk persen dalam grafik ke bentuk desimal dan pecahan
  • Apel = 90% = 0,9 = 9/10
  • Semangka= 95% = 0,95 = 95/100
  • Jeruk = 90% = 0,9 = 9/10
  • Kentang = 80% = 0,8 = 8/10

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments