Main Game Tanpa Terganggu Smartphone Panas, Pertimbangkan Untuk Membeli Salah satu Smartphone Ini.

Banyak spesifikasi yang harus diperhatikan agar suatu smartphone layak disebut sebagai smartphone terbaik. Untuk pecinta game,  spesifikasi smartphone tidak hanya tentang kapasitas atau daya tahan baterainya, tetapi kenyamanan selama digunakan untuk ngegame yaitu "Tidak Panas". Selain tidak nyaman saat digunakan, smartphone yang panas juga akan mempengaruhi performa smartphone itu sendiri. Akibatnya bisa lebih buruk yaitu jadi cepat rusak kalau dibiarkan sering panas.

Secara umum, penyebab panas berlebih dari setiap gadget adalah intensitas konsumsi daya baterai yang sangat cepat. Ketika smartphone dipaksa untuk melakukan multi-tasking, memainkan game, atau browsing internet dalam waktu lama, prosesornya akan menyedot energi dari baterai tanpa ampun.

Meski semua orang suka berlama-lama memainkan game di smartphone, yang perlu diingat adalah: smartphone dirancang bukan sebagai konsol game! Faktanya, game adalah pengonsumsi energi paling rakus bagi baterai smartphone, dan tak ada solusi untuk mencegah panas gadget selain membatasi waktu bermain game.

Tetapi bagi yang suka main game, biar tetap seru ngegame tanpa khawatir HP mengalami overheat sepertinya wajib banget punya smartphone yang tahan panas seperti smartphone-smartphone berikut;

1. OnePlus 3T
OnePlus. Vendor asal negeri Tirai Bambu yang merupakan anak perusahaan dari Oppo ini dikabarkan sedang mempersiapkan sang next level dari OnePlus 3, yaitu OnePlus 3T. Dengan lahirnya OnePlus 3T ini otomatis menambah deretan line up smartphone pintar kelas Hight-end milik OnePlus.

Dengan kombinasi layar AMOLED, Snapdragon 821 dan RAM 6GB smartphone ini bukan hanya kencang, tapi juga hemat daya dan anti panas saat digunakan bermain game.
Spesifikasi singkat OnePlus 3T
SpesifikasiOnePlus 3T
Layar 5,5 inci
Optic AMOLED 1080 x 1920 piksel
CPU Qualcomm Snapdragon 821
OS Android Nougat 7.0
Memory RAM 6GB; ROM 64/128GB
Kamera 16 MP, f/2.0, Dual-LED flash
16 MP, f/2.0
Baterai Non-removable Li-Ion 3400mAh

2. Samsung Galaxy S7 Edge
Selain unggul dengan chipset terbaru dan layar lengkung, Samsung Galaxy S7 Edge sudah didukung Game Tools yang membuat pengalaman bermain game semakin seru dan bebas gangguan. Galaxy S7 Edge juga dibekali teknologi sistem pendingin khusus yang menggunakan alumunium alloy dan bahan metal pada pipa pendinginnya. Jadi kita tidak akan mengalami kasus HP overheat saat digunakan ngegame dalam waktu lama.

SpesifikasiSamsung Galaxy S7 Edge
Layar 5,5 inci
1440 x 2560 piksel
Prosesor Snapdragon 820
OS Android Kitkat 6.0
Memory RAM 4GB
Memori internal 32/64GB; MicroSD
Kamera 12MP, f/1.7, 26mm, phase detection autofocus, OIS, LED flash
5MP
Baterai Non-removable Li-Ion 3600mAh
Dimensi 150.9 x 72.6 x 7.7 mm; 157 g

3. ASUS ZenFone 3 Max
Smartphone ini sudah dibekali dengan body metal yang mampu menyerap panas dengan baik. Dalam hal desain, ZenFone 3 Max tak jauh berbeda bentuknya dengan smartphone lain. Bagian depannya tampil dengan layar 2.5D, dengan bagian belakang panel terbuat dari metal.

Kemudian ada juga fitur yang Asus hadirkan di ZenUI, yaitu aplikasi GameGenie. Aplikasi ini cukup menarik karena dengan aplikasi ini, pengguna bisa streaming tampilan game yang sedang dimainkan langsung ke Twitch atau YouTube tanpa aplikasi rekam layar tambahan apapun.

SpesifikasiASUS ZenFone 3 Max
Layar 5,5 inci
1920 x 1080 piksel
Prosesor Snapdragon 430 1,4GHz
OS Android Marshmallow 6.0
Memory RAM 3GB
Memori internal 32GB; MicroSD
Kamera 16MP; LED Flash
8MP
Baterai Non-removable Li-Po 4.130 mAh
Dimensi 151.4mm x 76.24mm x 8.3mm; 175g

4. Luna G
Dengan layar lebar dan RAM 4GB dengan chipset terbaru yang bertenaga akan membuat pengalaman bermain game di Luna G semakin nyaman. Berkat desain full metal yang mewah, panas yang dihasilkan saat main game akan disalurkan dengan sempurna, sehingga tidak akan terasa panas yang berlebih.

SpesifikasiLuna G
Layar 5,5 inci
1080 x 1920 piksel
Prosesor MediaTek Helio P10 octa-core 1.8GHz
OS Android Kitkat 6.0
Memory RAM 4GB
Memori internal 32GB; MicroSD
Kamera 13MP, LED flash
5MP
Baterai Non-removable Li-Ion 4000 mAh
Dimensi 153.2 x 75.1 x 8.2 mm; 170 g

5. Sony Xperia Z5 Premium
Sony Xperia Z5 Premium dibekali dua heatpipe untuk meredam panas yang dihasilkan dari chipset Snapdragon 810 yang dibawanya. Ditambah, Snapdragon 810 yang dibawanya sudah lebih stabil dibanding yang dipakai oleh Sony Xperia Z3. Dan dengan segala kelebihan yang dibawa Sony Xperia Z5 Premium, maka smartphone unik dan tahan panas ini dijual dengan harga yang bisa dibilang mahal.

SpesifikasiSony Xperia Z5 Premium
Layar 5,5 inci
2160x3840 piksel
Prosesor Snapdragon 810
OS Android Kitkat 5.1
Memory RAM 3GB
Memori internal 32; MicroSD
Kamera 23MP, f/2.0, 24mm, phase detection autofocus, LED flash
5.1MP
Baterai Non-removable Li-Ion 3430 mAh
Dimensi 154.4 x 75.8 x 7.8 mm; 180 g

Itu tadi smartphone android tahan panas bagi yang tidak mau terganggu saat bermain game. Tentu saja tidak mungkin kita mencegah diri sendiri untuk berhenti main game atau browsing internet di smartphone Android. Meski demikian, ada beberapa tips mencegah panas di smartphone Android yang bisa kita lakukan:

1. Matikan aplikasi background
Kita bisa menurunkan panas gadget dengan menghibernasi aplikasi aktif di background sepanjang smartphone Android menyala.

2. Matikan Fitur Tak Terpakai
Banyak fitur yang tidak selalu kita pakai atau aktifkan, misalnya: GPS, Wi-Fi, Bluetooth, Getar, Live Wallpaper. Sebisa mungkin gunakan koneksi 2G untuk akses nirjeda, sebab, koneksi 3G tanpa henti akan mengubah smartphone Android menjadi roti bakar. Untuk bisa mengatur pilihan penggunaan 2G atau 3G, Anda bisa menginstall aplikasi Tasker dari Playstore.

3. Matikan Smartphone
Selain mencegah panas, mematikan gadget Android juga akan membuat umur baterai lebih panjang. Berdasarkan riset, baterai Li-ion akan kehilangan 30% kapasitas penyimpanan energinya setelah di-charge ulang 300 kali. Artinya, semakin sering dimatikan, semakin jarang di-recharge, baterai smartphone kita akan tetap handal dan tahan lama.

4. Diamkan Saat Charging
Ketika Anda memainkan game atau browsing internet, kecepatan charging akan melorot. Efeknya, waktu charging akan lebih lama, dan suhu baterai akan semakin tinggi.

5. Bersihkan
Smartphone memiliki beberapa socket eksternal: USB, earphone, memory card. Juga beberapa jendela: speaker, microphone, dan tombol power. Debu mudah menyusup ke dalam mesin melalui lubang-lubang itu, terutama debu logam yang mudah ditarik oleh daya magnetik gadget. Membersihkan smartphone secara rutin akan menanggulangi gangguan kinerja akibat kotoran yang menyelip ke gadget.

6. Buka Casing Tambahan
Casing tambahan dari plastik, karet atau kulit akan membuat panas gadget terhalang untuk keluar. Jadi, sesering mungkin, izinkan smartphone Android Anda bernafas lega dengan membuka casing tambahannya.

7. Jangan Letakkan Sembarangan
Jangan meletakkan smartphone di atas permukaan kain, kulit, plastik, atau bahan-bahan yang menyimpan panas karena smartphone Android akan semakin terpanggang. Pastikan meletakan di tempat yang mampu mempercepat pengeluaran panas, misalnya: permukaan keramik atau kaca.

8. Root!
Dengan rooting, kita bisa bebas mengatur aplikasi yang berjalan di smartphone. Pengaturan advanced ini akan menghilangkan berbagai fitur yang memberatkan kinerja gadget. Jika kita menginstall aplikasi Set CPU, prosesor bisa diatur untuk tetap bekerja lebih kalem ketika temperatur gadget mencapai level tertentu.

9. Ganti Baterai
Jika smartphone Android sudah terlalu panas dan kerap hang, saatnya mengganti baterai lama dengan yang baru. Setidaknya, hal ini harus dilakukan beberapa bulan sekali (tergantung intensitas pemakaian dan recharging).

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments