Latihan Peningkatan Kualitas Jasmani

Kebugaran tubuh mampu meningkatkan minat belajar kita. Dengan tubuh yang sehat, kita akan selalu siap beraktivitas di sekolah maupun di rumah. Di samping itu, tubuh yang bugar juga bisa menghindarkan kita dari penyakit. Maka dari itu, dalam pembahasan ini kamu akan diajak untuk membiasakan hidup sehat dan cara-cara menjaga agar tubuh tetap bugar.

Mari kita lihat dan perhatikan keadaan fisik (postur) kita dibandingkan dengan teman seusiamu. Lebih tinggi, lebih besar (gemuk) atau bahkan lebih kecil dan kurus dibandingkan dengan teman yang lainnya. Apakah sudah sesuai antara berat dan tinggi badanmu?

Dalam satu sekolah atau teman sepermainan mungkin kita akan menemukan perbedaan fisik (tubuh) yang begitu kentara. Walaupun dalam segi usia tidak ada perbedaan. Mungkin kamu lebih besar atau lebih kecil (kurus). Hal seperti itu biasa kita lihat dalam satu sekolah. Memang perbedaan fisik (tubuh) itu banyak sekali faktor-faktor yang memengaruhi baik itu dari faktor makanan, keturunan, maupun ekonomi.

Usia sekolah termasuk pada usia atau masa pertumbuhan fisik (postur). Tubuh masih akan terus berkembang seiring dengan bertambahnya usia. Bagi mereka yang memiliki postur gemuk atau kurus tidak sesuai dengan usia masih dapat diperbaiki atau dibentuk dengan latihan-latihan yang teratur. Kita harus menanamkan di dalam diri sendiri, bahwa melakukan latihan secara teratur akan dapat membentuk postur yang ideal seperti latihan-latihan yang tersebut di bawah ini.

  1. Push up yang berguna untuk melatih otot lengan.
  2. Back up yang berguna untuk melatih otot punggung.
  3. Set up yang berguna untuk melatih otot perut.
  4. Naik turun tangga untuk melatih otot paha.
  5. Pull up untuk melatih otot bahu bisa untuk tinggi badan.
  6. Squat latihan ini bagus untuk latihan ligamen lutut.

Masih banyak latihan-latihan yang dapat digunakan untuk membentuk postur tubuh. Baik dengan alat atau tanpa alat. Apabila semua latihan dilakukan secara teratur akan berguna bagi perkembangan tubuh kita.

Latihan untuk Memperbaiki Cacat Jasmani Bukan Bawaan
Cacat jasmani bukan bawaan adalah cedera/cacat yang disebabkan karena kesalahan waktu melakukan gerakan dalam berolahraga. Misalnya kram, cedera, engkel, dan keseleo. Cedera/cacat bukan bawaan dapat diperbaiki dengan beberapa latihan jasmani. Berikut ini latihan-latihan untuk memperbaiki cacat jasmani bukan bawaan.

  1. Melakukan gerakan rilex suatu otot tertentu. Kemudian dengan bantuan orang lain. Menegangkan otot tersebut dengan perlahan-lahan sampai titik maximum flexibilitas. Sikap ini dipertahankan + 20 detik.
  2. Tidur terlentang dengan rilex, kemudian dibantuk teman untuk mengangkat lutut dari posisi lurus ditekuk perlahan-lahan sampai paha hampir menempel di dada. Dilakukan tekanan + 10 detik, dikendorkan kembali. Gerakan dilakukan berulang-ulang berguna untuk merealisasi otot lutut dan panggul.
  3. Duduk di atas bangku latihan. Curl dengan paha dekat lutut berada di tepi bangku. Kedua kaki di bawah luruskan kaki, pertahankan ketegangan pada persendian lutut. Istirahat dan turunkan kembali kedua kaki pelan-pelan ulangi gerakan 8 - 10 kali. Berguna untuk memperkuat/memperbaiki otot lutut.

Latihan untuk Memperbaiki dan Mempertahankan Postur Tubuh
Pada dasarnya setiap orang ingin mempunyai bentuk postur yang ideal sesuai dengan tinggi dan berat tubuh. Hal itu dapat dicapai dengan latihan-latihan secara teratur dan latihan pembentukan tubuh yang menekankan pada pembentukan otot-otot melalui latihan kekuatan. Kecepatan dan ketahanan otot serta latihan keseimbangan dinamis dan kelenturan tubuh secara bertahap.

1. Lompat Tali
Alat yang digunakan adalah tali sepanjang 2 m. Tali dipegang pada kedua ujung tali.

  • Kedua pergelangan tangan diputar ke depan sehingga tali berputar ke atas dan ke bawah.
  • Saat tali berputar di bawah dilompati satu atau dua kaki.
  • Lompat tali dilakukan dalam kurun waktu tertentu, misalnya 5 menit. Berguna untuk melatih otot kaki dan tangan.

2. Naik Turun Tangga/Bangku
Naik turun tangga adalah gerakan yang mudah dilakukan. Tangga atau bangku yang digunakan adalah bangku pendek. Gerakannya sebagai berikut.

  • dari sikap berdiri tegak di depan tangga atau bangku.
  • selanjutnya kaki kanan naik ke atas tangga kemudian disusul kaki kiri.
  • selanjutnya turun lagi ke bawah.
  • gerakan dilakukan naik turun secara bergantian kaki kanan atau kiri.
  • gerakan dilakukan selama beberapa waktu. Berguna untuk melatih otot kaki (paha, lutut).


3. Sit Up
Dilakukan dari posisi terlentang kedua tangan dilipat di belakang kepala, kedua kaki lurus atau ditekuk pada lutut. Gerakannya bangun sampai ke hidung mendekati lutut/mencium lutut. Berguna untuk melatih otot perut.

4. Back Up
Dengan posisi badan telungkup, kedua tangan dilipat ke belakang kepala, kedua kaki lurus dipegang teman. Gerakannya mengangkat dada dan bahu. Sehingga tengadah, kemudian kembali telungkup. Berguna untuk melatih otot punggung.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments