Keteraturan di Alam Semesta, Tema 9 Subtema 1

Pernahkah kamu mendengar tentang rasi bintang? Rasi bintang adalah garis khayal yang dihubungkan di antara titik-titik ribuan bintang dalam kelompok tertentu. Tahukah kamu bahwa dahulu manusia mengandalkan rasi bintang sebagai penunjuk arahnya ketika bepergian di malam hari? Bahkan hingga kini para pengarung samudera masih menggunakannya sebagai penunjuk arah.

Berbagai bangsa di dunia memiliki bintang-bintang istimewa sebagai penunjuk arah dan penunjuk musim. Orang Dayak di Indonesia, orang Polynesia di Hawaii, orang Bedouin di Arab, orang Eskimo di Kutub Utara, orang Maori di Selandia Baru memilih bintang istimewanya sendiri. Mengapa konstelasi bintang dapat menjadi penunjuk arah?

Telah kita ketahui bahwa bumi berotasi dan berevolusi dengan keteraturannya! Itulah sebabnya mengapa di arah langit yang sama pada waktu yang sama, maka pola bintang yang terbentuk akan sama. Itulah sebabnya, pada waktu tertentu Rasi Bintang Biduk menjadi penunjuk arah Utara. Itulah sebabnya, pada waktu tertentu Rasi Bintang Ikan Pari menjadi penunjuk arah Selatan.

Kini telah ditemukan kompas, teknologi GPS (Global Positioning System), serta berbagai alat berteknologi canggih untuk menunjukkan arah. Namun, sejarah peradaban membuktikan bahwa keteraturan alam semesta tidak hanya untuk dikagumi, tetapi untuk dimanfaatkan oleh penghuni Bumi.

Ternyata tidak hanya angkasa luar yang memiliki keteraturan. Ketika berlayar, Bangsa Polynesia mengamati dengan teliti alam sekitarnya. Burung yang terbang dapat menjadi penanda ada daratan di sekitar lautan. Mengamati berbagai fenomena keteraturan di alam sekitar, mempermudah kegiatan manusia.

Apakah kalian dapat menemukan lagi keteraturan alam yang bermanfaat bagi kehidupan?

Ayo Bekerja Sama!
Setelah mengetahui tentang contoh keteraturan alam, cobalah bekerja sama dengan teman-temanmu. Buatlah 1 kelompok paling banyak 3 orang. Jawablah pertanyaan berikut. Sampaikan hasil diskusi kalian kepada kelompok lain.

1. Bagaimanakah pengaruh keteraturan alam semesta terhadap kehidupan manusia pada zaman dahulu dan masa sekarang? Pilihlah salah satu antara pengaruh terhadap ekonomi, sosial, pendidikan, atau budaya. Jelaskan pengaruh tersebut.
  • Zaman dahulu manusia mengandalkan rasi bintang sebagai penunjuk arahnya ketika bepergian di malam hari. Pada waktu tertentu Rasi Bintang Biduk menjadi penunjuk arah Utara dan pada waktu tertentu Rasi Bintang Ikan Pari menjadi penunjuk arah Selatan. Salah satu pengaruhnya terhadap sosial budaya adalah melalui pengamatan yang dilakukan terus menerus, rasi bintang yang terdiri dari 12 macam, masing-masing melambangkan suatu sifat atas seseorang yang lahir pada suatu periode waktu tertentu. Ini yang kita kenal dengan zodiak.
2. Dengan adanya perkembangan teknologi pada masa sekarang, apakah keteraturan di alam semesta ini menjadi tidak bermanfaat? Jelaskan alasanmu.
  • Keteraturan di alam semesta ini tetap bermanfaat walaupun sekarang sudah berkembang teknologi. Segala kemajuan dan kecanggihan teknologi navigasi saat ini merupakan pengembangan dari keteraturan alam.
Temukan Jawabannya!
Banyak sekali benda angkasa luar di alam semesta ini. Selain bintang dan planet, banyak juga sampah di sana, di antaranya satelit dan pendorong roket yang sudah tidak berfungsi lagi. Dapatkah kamu ketahui letaknya masing-masing? Coba bayangkan letak tiap-tiap benda tersebut dalam bidang koordinat Kartesius berikut. Setiap benda diwakili oleh sebuah titik.
Tuliskan pasangan titik setiap posisi benda.

BendaNama BendaKordinatBendaNama BendaKordinat
A Bintang2,0FSaturnus9,4
B Uranus0,3GJupiter3,9
C Pesawat ruang
angkasa
1,5HMatahari5,11
D Bumi4,6IBulan12,1
E Satelit5,3JStasiun
Luar Angkasa
8,7

Ayo Berlatih!

Sekarang cobalah melakukan kegiatan yang sama. Buatlah bidang koordinat Kartesius. Letakkan titik-titik posisi benda-benda angkasa luar yang jika titik-titik itu ditarik garis maka akan membentuk suatu gambar. Tentukan pasangan-pasangan titik dari posisi yang kamu buat.
Mintalah temanmu menebak gambar tersebut.

BendaNama BendaKordinatBendaNama BendaKordinat
A Stasiun luar
angkasa
3,1FSatelit9,9
B Jupiter4,6GBulan14,9
C Matahari1,9HSaturnus10,6
D Bumi5,9IBintang12,1
E Matahari7,13JPesawat luar
Angkasa
7,4
Ayo Ceritakan!
Pada pembelajaran 2 kamu telah berkreasi membuat peta angkasa luar dengan menggunakan kalender bekas dan bahan lainnya. Bagaimana hasil kreasimu? Hal-hal apa lagi yang perlu kamu perbaiki dari kreasimu tersebut? Sekarang presentasikan peta angkasa luarmu kepada temanmu.

Perhatikan hal-hal penting berikut sebelum melakukan presentasi.
• Kontak mata
• Suara yang keras dan jelas
• Gerakan tubuh
• Ekspresi wajah
• Intonasi
• Jeda
Pasanglah petamu bersama peta teman-temanmu di dinding kelas atau di tempat lain. Ajaklah teman-temanmu menikmati hasil karyamu. Kamu dapat menyampaikan hal-hal berikut.

  • Posisi benda-benda angkasa luar yang kamu buat pada koordinat Kartesius
  • Cerita perjalanan pesawatmu menjelajahi angkasa luar dengan menyebutkan koordinat-koordinat posisi pesawat. Kamu dapat meminta temanmu menyebutkan beberapa koordinat, kemudian kamu meletakkan pesawatmu pada posisi yang diminta.
  • Apakah karyamu sudah sesuai dengan langkah-langkah pembuatan?
  • Apakah karyamu sudah menunjukkan kerapian dan ketelitian?
  • Bertanyalah kepada teman-temanmu, apakah hasil karyamu sudah baik atau belum? Apa saja saran yang dapat mereka berikan?

Bergantianlah menikmati hasil karya teman-temanmu yang lain.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments