Kelas 6, Tema 9, Subtema 1, Pembelajaran 3

Sebagai pusat dari sistem tata surya, Matahari memiliki peranan yang amat penting bagi kehidupan kita. Apa saja perannya? Untuk memahami hal ini, ayo pelajari lebih lanjut.

Salah satu peranan Matahari yang amat penting bagi kehidupan di Bumi adalah sebagai sumber energi. Pernahkah kamu mendengar tentang mobil yang menggunakan Matahari sebagai sumber energinya?

Indonesia sudah dapat membuat mobil bertenaga Matahari. Bahkan sudah ber par tisipasi dalam World Solar Challenge 2013. Acara tersebut merupakan upaya mengajak berbagai negara di dunia untuk menyelamatkan lingkungan, dengan menggunakan Matahari, bukan dengan bahan bakar minyak (BBM), sebagai sumber energinya.

Adalah Mobil “Sapu Angin Surya” buatan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya yang berpartisipasi dalam World Solar Challenge 2013. World Solar Challenge 2013. Acara tersebut merupakan upaya mengajak berbagai negara di dunia untuk me nyelamatkan lingkungan dengan menggunakan Matahari bukan dengan bahan bakar minyak (BBM) sebagai sumber energi.

Apakah kamu juga ingin menciptakan mobil bertenaga Matahari? Benda-benda apa lagi yang dapat kamu ciptakan dengan tenaga Matahari?

Selain menjadi “bahan bakar” mobil, Matahari juga dapat digunakan untuk memasak, yakni dengan memakai kompor tenaga surya. Yuk, kita coba membuat kompor sederhana bertenaga surya. Seperti apa hasilnya nanti? Sebelum dimulai, hal-hal apa saja yang ingin kamu ketahui tentang kompor tenaga surya ini? Tuliskan pertanyaanmu.

Ayo Mencoba!
Kamu perlu berhati-hati ketika melakukan percobaan tersebut karena berkaitan dengan panas. Mintalah bantuan gurumu untuk hal-hal yang berbahaya dan penting.

Bahan dan Alat
  • Satu (1) buah kotak sepatu dengan tutup kotak yang menyambung (jika tidak ada, kotak dapat ditempel dengan kuat ke bagian wadahnya).
  • Kertas aluminium (dapat juga menggunakan bungkus makanan dengan bahan aluminium).
  • Plastik bening berperekat.
  • Lem.
  • Selotip.
  • Stik kayu atau benda lain untuk penyangga tutup kotak sepatu.
  • Gunting.
  • Panci atau wadah lain yang merupakan penghantar panas yang baik.
Cara Membuat
  1. Buatlah garis di 3 sisi kotak seperti tampak pada gambar. Berikan jarak lebih kurang 4 cm di setiap sisi nya. Sisi ini akan digunakan untuk meletakkan penyangga antara tutup dengan wadah.
  2. Tutuplah bagian dalam tutup kotak dengan kertas aluminium. Begitu juga bagian dalam kotak. Rekatkan dengan lem secara halus agar tampak seperti cermin.
  3. Tutuplah bagian pinggir atas kotak dan bagian dalamnya dengan dua lapis plastik bening. Tujuannya agar panas dan cahaya tetap masuk. Pasang stik kayu atau benda lain untuk penyangga tutup kotak sepatu. Gunakan perekat agar stik itu menancap dengan kuat dan tidak menutup kotak kompor.
  4. Letakkan kompor di bawah sinar Matahari langsung. Panaskan kompor lebih kurang selama 30 menit.
  5. Cobalah melelehkan gula merah atau mentega di atas panci atau wadah yang mudah menghantar panas. Masukkan wadah tersebut ke dalam kotak. Tutup kotak dengan plastik bening berperekat.
Temukan Jawabannya!
Setelah melakukan percobaan membuat kompor tenaga surya, cobalah menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut. Kamu dapat berdiskusi dengan teman dalam kelompokmu.

1. Mengapa kompor ini menggunakan kertas aluminium?
(Karena kertas aluminium merupakan penghantar panas yang baik.)

2. Untuk percobaan membuat kompor ini, menurutmu, dapatkah kertas aluminium diganti dengan bahan lain? Jika ya, bahan yang bagaimana sifatnya?
(Dapat diganti dengan bahan yang menghantarkan panas dengan baik, seperti besi)

3. Pada langkah pembuatan nomor 2, aluminium diatur sedemikian rupa agar menjadi seperti cermin. Mengapa demikian? Jelaskan.
(Agar aluminium dapat memantulkan panas ke dalam kotak.)

4. Apakah suhu memengaruhi perubahan pada benda? Jelaskan.
(Ya, suhu dapat memengaruhi perubahan benda, misalnya dari warna, rasa, tekstur, dan bau)

5. Apa saja faktor yang dapat memengaruhi keberhasilan penggunaan kompor tenaga surya ini dalam kehidupan sehari-hari?
(Jenis bahan yang dipakai sebagai wadah, terik atau tidaknya Matahari saat menggunakan kompor, jenis bahan makanan yang dimasak, dan waktu yang diperlukan pada saat digunakan)

Ayo Ceritakan!
Kamu telah melakukan percobaan membuat kompor tenaga surya dan menjawab pertanyaan-pertanyaannya.

Kesimpulan apa saja yang kamu temukan dari percobaan ini? Ceritakan dengan menggunakan kosa kata baku, paling sedikit menggunakan 10 kalimat. Jelaskan manfaat kompor tenaga surya bagi kehidupan di Bumi.

Matahari menjadi sumber energi terbesar bagi kehidupan di bumi. Salah satu pemanfaatan energi matahari adalah untuk memasak yaitu dengan menggunakan kompor tenaga surya. Kompor tenaga surya menjadi salah satu alternatif pengganti penggunaan bahan bakar fosil. Selain itu, dengan adanya kompor tenaga surya ini juga akan menghemat penggunaan kayu bakar.

Kamu telah belajar tentang membuat kompor yang menggunakan tenaga Matahari. Dengan demikian, Matahari telah menunjukkan satu lagi manfaat yang penting bagi kehidupan. Bagaimana dengan kesehatan? Apakah Matahari juga penting bagi kesehatan? Berikan contoh-contohnya. Coba diskusikan dengan dua orang temanmu. Tuliskan hasilnya dan sampaikan jawabanmu kepada guru.

Manfaat Matahari bagi kesehatan:
  • membunuh bakteri,
  • menambah jumlah oksigen di dalam darah,
  • meningkatkan kekebalan tubuh,
  • meningkatkan jumlah vitamin D di dalam tubuh, yang berguna untuk pertumbuhan tulang dan pencegahan penyakit.
Ayo Lakukan!

Bicara tentang kesehatan, jangan lupa melakukan kegiatan fisik yang teratur. Salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan kesehatan dengan berolahraga. Kali ini, kamu akan belajar bermain bola 4 kotak. Hal-hal apa saja yang ingin kamu ketahui tentang permainan ini?

Ayo kita pelajari tentang permainan bola 4 kotak!
Bola 4 Kotak
Lakukan pemanasan sebelum memulai kegiatan inti. Siapkan sebuah bola basket atau bola lain yang dapat memantul.

Sebuah lapangan yang dibatasi menjadi 4 kotak. (Lihat gambar pada halaman 26). Setiap kotak berukuran 1 m x 2 m.

Beri nama tiap kotak dengan A, B, C, D atau 1, 2, 3, 4.

Cara Bermain

  1. Untuk permainan ini dibutuhkan 4 orang pemain utama. Sisanya berbaris untuk menunggu giliran. Satu orang pemain akan berada di setiap kotak.
  2. Pemain di kotak 4 akan memantulkan bola di dalam kotaknya dan melempar bola dengan cara menepuknya menuju ke kotak lain (misalnya ke kotak 1).
  3. Pemain di kotak 2 harus langsung menepuk bola ke kotak lain, namun tidak boleh menepuknya ke kotak pemain sebelumnya.
  4. Lakukan seterusnya seperti cara ke-2 dan ke-3. Jika ada pemain yang tidak dapat menepuk bola atau bola keluar dari kotak, maka pemain tersebut harus keluar dari permainan dan digantikan oleh pemain yang sedang menunggu giliran. Pemain yang gagal akan masuk ke dalam antrian.
  5. Setiap ada pemain baru, posisi pemain akan berpindah kotak (lakukan searah jarum jam atau sebaliknya).
  6. Pemain pada kotak 4 akan memulai lagi permainannya. Lakukan pendinginan untuk mengakhiri kegiatan inti.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments