Kelas 6, Tema 1, Subtema 2, Pembelajaran 3

Apakah kamu pernah memperhatikan hewan berlari? Apa perbedaan cara hewan berlari dengan manusia berlari? Mengapa makhluk hidup diberi keterampilan berlari? Untuk memahaminya, ayo kita pelajari sambil mempraktekkannya.

Pernahkah kamu memperhatikan hewan bergerak? Ternyata, hewan juga bergerak dengan gerakan lokomotor dan nonlokomotor. Ingatkah kamu apa yang dimaksud gerakan lokomotor dan gerakan nonlokomotor? Gerakan lokomotor, yaitu gerakan yang menyebabkan tubuh berpindah tempat. Gerakan tersebut merentang dari gerakan yang sifatnya sangat alamiah dan mendasar. Seperti merangkak, berjalan, berlari, dan melompat hingga ke gerakan berupa keterampilan khusus seperti meroda dan guling depan. Gerakan nonlokomotor, yaitu gerakan yang tidak menyebabkan tubuh berpindah tempat.

Gerakan lokomotor dan nonlokomotor ditemukan juga dalam permainan rounders yang akan kamu praktikkan berikut ini. Dan sebelum bermain rounders, kamu akan berlatih lempar tangkap bola secara berpasangan.

Lempar Tangkap Bola Berpasangan.
Sekarang, kamu akan bermain rounders dengan peraturan yang dimodifikasi, yaitu sebagai berikut.
  1. Membuat lapangan segilima sama sisi dengan panjang yang disesuaikan dengan keadaan lapangan/halaman sekolah. Tiap-tiap sisi lapangan diberi keset sebagai base.
  2. Membuat dua regu dan melakukan undian untuk menentukan regu pemukul dan regu lapangan.
  3. Cara bermain regu pemukul, yaitu memukul berurut mulai nomor 1, 2, 3, dan seterusnya.
  4. Setiap base tidak boleh dihinggapi lebih dari 1 regu pemukul.
  5. Pemukul tidak boleh mendahului pemukul lainnya.
  6. Regu pemukul akan memperoleh nilai, apabila pemukul dapat kembali ke ruang bebas dengan selamat.
  7. Regu pemukul akan dimatikan dengan cara diketik atau dibakar tempat hinggapnya atau base.
  8. Cara mengetik regu pemukul,yaitu pada saat regu lapangan memegang bola menginjak base sentuhan maka regu pemukul yang akan menuju base.
Untuk menjadi pemain rounders yang baik harus menguasai teknik melempar, menangkap, dan memukul bola dengan benar. Selain itu, masih ditunjang dengan ketangkasan, kecepatan, dan kekuatan. Rounders termasuk olahraga permainan yang menggunakan bola kecil. Rounders dimainkan oleh dua regu. Setiap regu berjumlah 12 pemain. Bentuk lapangan rounders adalah segilima samasisi, setiap sisi panjangnya 15 meter.

Setelah selesai melakukan permainan rounders, jawablah pertanyaan berikut.
1. Apa yang kamu pelajari dari permainan rounders ini?
Dengan bermain rounders kita telah melakukan berbagai gerakan yaitu gerak lokomotor.

2. Apa manfaat yang kamu peroleh dalam bermain rounders?
Selain melatih kekuatan otot terutama otot kaki untuk berlari, kekuatan otot tangan saat melempar dan memukul bola, kita juga berlatih tentang kerjasama tim dan bersikap sportif saat tim kita kalah.

3. Apakah kamu sudah dapat menguasai teknik dasar bermain rounders dengan baik? Jawaban bisa bervariasi
4. Bagaimana kerja sama tim rounders kamu? Jawaban bisa bervariasi
5. Apa yang perlu ditingkatkan dalam permainan rounders di masa yang akan datang? Secara umum yang perlu ditingkatkan adalah penguasaan teknik dasar permainan rounders yaitu berlari, melempar, menangkap, memukul.

Ayo Amati!
Kamu telah mengetahui bahwa hewan juga melakukan gerakan lokomotor dan nonlokomotor. Di pertemuan sebelumnya, kamu belajar mengenai perkembangbiakan ovipar, vivipar, dan ovovivipar. Tahukah kamu bahwa perkembangbiakan tersebut adalah perkembangbiakan generatif pada hewan? Selain berkembang biak dengan cara generatif, hewan juga berkembang biak dengan cara vegetatif.

Amatilah gambar hydra di bawah ini.
Hydra berkembang biak dengan cara bertunas. Pada hydra akan muncul tunas baru dari tubuh hydra dewasa. Setelah cukup besar, tunas tersebut akan melepaskan diri. Tunas yang melepaskan diri itulah yang akan menjadi hydra baru.
Gambar diatas adalah gambar Planaria. Planaria berkembang biak dengan cara fragmentasi/pemutusan bagian tubuhnya. Planaria dewasa akan memutuskan bagian tubuhnya. Potongan tubuh tersebut akan berkembang dan menjadi planaria baru.
Diatas adalah gamabr hewan amoeba. Amoeba adalah hewan bersel satu yang berkembang biak dengan cara membelah diri. Hewan ini mempunyai inti sel. Awalnya inti sel membelah menjadi dua bagian. Setelah itu, hewan baru akan diikuti dinding dan cairan selnya. Hasil pembelahannya menjadi dua amoeba baru.

Berdasarkan informasi mengenai perkembangbiakan vegetatif tersebut di atas, tuliskan fakta-fakta yang kamu temukan dalam kolom berikut.
Fakta 1Fakta 2Fakta 3
Hydra berkembangbiak dengan cara bertunas Akan muncul tunas baru dari hydra dewasaPlanaria berkembangbiak dengan fragmentasi
Fakta 4Fakta 5Fakta 6
Planaria dewasa akan memutuskan bagian tubuhnya Amoeba adalah hewan yang berkembangbiak dengan cara membelah diriHasil pembelahan tubuh amoeba akan menjadi amoeba yang baru

Kini saatnya kamu membuat diagram frayer mengenai perkembangbiakan vegetatif pada hewan.
Ayo Menulis
Kamu telah belajar perkembangbiakan hewan, baik secara generatif maupun vegetatif. Sekarang kamu akan memilih satu hewan yang akan diamati dengan cara investigasi. Carilah informasi mengenai cara perkembangbiakan hewan melalui pengamatan langsung, wawancara dengan pemilik atau orang yang ahli. Selain itu, cari informasi dari buku, internet ataupun media lain.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments