Karakteristik Geografis Indonesia sebagai Negara Kepulauan/maritim dan Agraris

Di manakah kamu tinggal? Di daerah pegunungan, pesisir, atau perkotaan? Apakah di daerah itu dapat dijumpai iklan penawaran berbagai benda? Apakah di daerah-daerah tersebut masyarakatnya menjunjung nilai persatuan dan kesatuan? Ayo, kita pelajari bersama.

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Negara Indonesia memiliki posisi geografis yang unik sekaligus menjadikan posisi yang strategis. Hal ini dapat dilihat dari letak Indonesia yang berada di antara dua samudra, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Indonesia juga terletak di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Letak geografis ini sangat memengaruhi keberadaan wilayah Indonesia, baik dilihat dari keadaan fisik dan sosial atau ekonomi dan politik. Amatilah peta Indonesia berikut.
Siti mengamati gambar peta daerah tempat tinggal saudaranya di Jawa Tengah. Dengan peta, Siti mengetahui banyak hal tentang daerah di Jawa Tengah.

Letak kota atau tempat pada peta dinyatakan dengan garis bujur dan garis lintang. Jarak dua garis bujur berdekatan sebesar satu derajat (1°). Jarak dua garis lintang berdekatan sebesar satu derajat (1°). Garis bujur terbagi dua, yaitu bujur barat (BB) dan bujur timur (BT). Garis lintang juga terbagi dua, yaitu lintang utara (LU) dan lintang selatan (LS).

Perhatikan peta Provinsi Jawa Tengah berikut.
Ayo Berlatih!
1. Provinsi Jawa Tengah beribu kota di Semarang. Letak geografis kota Semarang sekitar 110° BT dan 7°LS. Tunjukkan letak Semarang pada gambar peta di atas. Kemudian, lingkarilah dengan pensil berwarna!

2. Lihatlah peta di kelasmu atau buku atlasmu. Pilihlah 10 kota kabupaten pada peta di atas. Kemudian, tuliskan letaknya menurut garis lintang dan garis bujur! Tuliskan dalam tabel berikut!

No.Nama TempatGaris BujurGaris Lintang
1. Banyumas108o - 109o BT7 15'o - 7 35'o LS
2. Cilacap108o - 109o BT7 30'o - 7 45'o LS
3. Rembang111o 00′ – 111o 30′ BT6o - 7o LS
4. Tegal108°57'6"–109°21'30" BT6°02'41"–7°15'30" LS
5. Kebumen109°22' - 109°50' BT7°27' - 7°50' LS
6. Purbalingga101º 11" - 109º 35" BT1º 10" - 7º 29" LS
7. Banjarnegara109° 29' - 109° 45'50" BT7° 12' - 7° 31' LS
8. Pekalongan109° - 109° 78’ BT6° - 7° 23 LS
9. Wonosobo109o.43’.19” - 110o.04’.40”7° .43’.13” - 7° .04’.40” 
10. Klaten110 35'o - 110 45'o BT7°30'-7°45' LS
Pada latihan tersebut, kita telah ditunjukkan nama sepuluh kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Setiap provinsi mempunyai kabupaten. Setiap kabupaten memiliki kekhasannya masing-masing. Namun demikian, tentu saja antara kabupaten yang satu dengan lainnya tetap menjunjung persatuan dan kesatuan. Tidak hanya di dalam lingkup kabupaten, dengan orang terdekat pun kita harus menjunjung persatuan dan kesatuan.
Perhatikan gambar berikut. Paman Siti dan para tetangga bekerja sama membersihkan lingkungan rumah. Mereka juga mengganti bola lampu yang mati untuk penerangan di depan rumah masing-masing. Kegiatan mereka demi keamanan dan kenyamanan semua warga kampung. Kegiatan mereka itu mencerminkan hidup rukun dalam persatuan dan kesatuan.

Ayo Berdiskusi!
Ada perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Sebaliknya, ada pula perilaku yang tidak mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Coba diskusikan secara kelompok bersama tiga orang temanmu perilaku tersebut. Kemudian, tuliskan contoh-contoh dari kedua perilaku tersebut dalam tabel berikut.

No.Contoh Perilaku yang
Mencerminkan Persatuan dan
Kesatuan
Contoh Perilaku yang Tidak
Mencerminkan Persatuan dan
Kesatuan
1. Membersihkan lingkungan
bersama-sama.
Tidak pernah ikut serta dalam
membersihkan lingkungan.
2. Menghormati perbedaan
(agama, suku, daerah, adat,
dan kebudayaan) dalam
masyarakat.
Selalu mempermasalahkan
perbedaan (agama,
suku, daerah, adat, dan
kebudayaan) dalam
masyarakat.
3. Mengutamakan kepentingan
umum.
Mengutamakan kepentingan
pribadi.
4. Bermain dengan siapa saja
tanpa membedakan suku,
agama, ras, ataupun daerah
Bermain dengan teman yang
memiliki persamaan suku,
agama, ras, ataupun daerah
Dari segi geografis, Negara Indonesia membentang antara 6LU-11LS dan 958BT dan 141BT, yaitu dari Sabang sampai Marauke. Oleh karena itu, perlu adanya rasa persatuan dan kesatuan. Apakah kamu mengetahui makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia? Bacalah tulisan berikut.

Makna penting di dalam persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah sebagai berikut:
  1. Rasa persatuan dan kesatuan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi antara satu dengan yang lain.
  2. Menjalin rasa kemanusian dan sikap saling toleransi serta rasa harmonis untuk hidup berdampingan secara rukun dan damai.
  3. Menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan, dan sikap tolong-menolong antarsesama, serta sikap nasionalisme.
Dapat disimpulkan bahwa makna dari sebuah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, yaitu harus saling bahu-membahu dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.

Ayo Mengamati!
Untuk memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dibuatlah iklan ajakan atau seruan seperti berikut.
Ingatkah kamu yang dimaksud dengan iklan?
Iklan adalah pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada khalayak umum agar mereka tertarik untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments