Iklan Dalam Media Cetak, Kelas 5, Tema 9, Subtema 1, Pembelajaran 1

Hari ini Ayah, Ibu, dan Lani pergi ke toko elektronik. Mereka akan membeli mesin cuci baru. Mesin cuci milik keluarga Lani sudah tidak bisa digunakan lagi. Beberapa hari yang lalu, mereka sudah melihat gambar mesin cuci yang akan dibeli. Mereka melihatnya melalui iklan yang ada dalam sebuah majalah. Lani memperlihatkan iklan mesin cuci kepada pelayan toko. Apakah kamu tahu iklan itu?

Gambar di bawah ini merupakan iklan media cetak yang menawarkan produk mesin cuci dengan merk “Resik”. Iklan tersebut berisi penjelasan tentang produk dan kelebihan mesin cuci tersebut. Penjelasan tersebut meliputi kapasitas, program, dan bahan tabung dalam mesin cuci. Iklan tersebut mengajak konsumen untuk membeli mesin cuci bermerk “Resik”.
Iklan adalah suatu cara yang digunakan untuk menawarkan atau mempromosikan suatu barang atau jasa. Iklan biasanya ada di media cetak seperti koran atau majalah. Iklan juga ada yang ditayangkan melalui televisi dan radio.
Setelah mengamati gambar dan pemaparannya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apakah yang dimaksud dengan iklan?
Iklan adalah pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada khalayak umum agar mereka tertarik untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan.

2. Dalam iklan mesin cuci di atas ada kata kapasitas dan program, apa arti dari dua kata tersebut?
Kapasitas berarti daya tampung.
Program berarti cara kerja.

3. Adakah kata asing bagi kamu dalam tulisan iklan di atas? Coba tuliskan kata yang kamu anggap asing.
  • kapasitas
  • bed cover
  • program
  • tabung
  • stainless steel
Keluarga Lani sudah mendapatkan mesin cuci baru sesuai yang diinginkan. Lani tidak sabar untuk menggunakan mesin cuci barunya. Sore harinya, Lani membantu ibu mencuci. Lani memasukan baju ke dalam mesin cuci. Kemudian, ibu memasukkan deterjen. Ibu juga mengisi tabung mesin cuci dengan air. Setelah semua siap, mesin cuci pun dijalankan.

Setelah selesai mencuci, Ibu mengeluarkan air melalui slang yang tersedia pada bagian belakang mesin cuci. air yang keluar sudah berubah warna. Air yang belum tercampur oleh apa pun sebaliknya, bening. Air yang keluar dari slang mesin cuci tidak bening lagi. Air itu sudah tercampur dengan deterjen dan kotoran dari pakaian.

Air yang belum tercampur oleh apa pun termasuk dalam zat tunggal. Apakah yang dimaksud benda zat tunggal? Apa saja benda-benda di lingkungan kita yang termasuk benda zat tunggal?

Ayo Mengamati!
Perhatikan berbagai gambar benda yang termasuk dalam zat tunggal berikut.
Berdasarkan gambar-gambar, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apakah yang dimaksud zat tunggal?
Zat tunggal adalah zat yang tersusun dari satu jenis materi.

2. Bawalah benda-benda di sekitarmu yang mengandung zat tunggal ke sekolah. Minimal tiga benda. Lakukan pengamatan terhadap benda yang kamu bawa. Apakah benda yang kamu bawa benar-benar termasuk zat tunggal? Tuliskan benda yang termasuk zat tunggal hasil pengamatan kamu dan teman-temanmu pada kolom berikut.

No.Benda Termasuk dalam Zat Tunggal
1. Kapur tulis
2. Kawat Tembaga
3. Air
4. Garam
5. Gula

Ayo Membaca
Semua benda yang ada di sekitar kita termasuk materi. Materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Berdasarkan komposisi penyusunnya, materi dibedakan menjadi zat tunggal dan campuran.

A. Zat Tunggal
Zat tunggal merupakan zat yang terdiri atas materi sejenis. Contoh benda termasuk dalam zat tunggal adalah air, garam, gula, dan emas 24 karat.

B. Campuran
Campuran adalah zat yang terdiri atas beberapa jenis materi atau zat tunggal. Campuran dapat dibedakan menjadi campuran homogen dan campuran heterogen.

1. Campuran Homogen
Campuran homogen merupakan campuran yang zat penyusunnya tercampur sempurna. Pada campuran homogen, zat penyusunnya tidak dapat dibedakan. Contoh: air garam, sirop, udara, perunggu, kuningan.

2. Campuran Heterogen
Campuran heterogen merupakan campuran yang zat penyusunnya tidak tercampur sempurna. Pada campuran heterogen, zat penyusunnya masih dapat dibedakan. Contoh: campuran air dengan kopi, air dengan tepung, dan air dengan pasir.

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan berikut.
1. Apakah yang dimaksud zat campuran? Tuliskan dalam kolom berikut.
Zat campuran adalah zat yang tersusun dari beberapa jenis materi atau zat tunggal.

2. Apa saja benda di sekitarmu yang termasuk dalam zat campuran? Tuliskan minimal 5.
Contoh benda di sekitar yang termasuk zat campuran, yaitu minuman susu, campuran air dan pewarna, campuran air dan teh, campuran air dan kapur, campuran air dan minyak.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments