Fakta Tentang Angkasa Luar, Kelas 6, Tema 9, Subtema 1, Pembelajaran 4

Pernahkah kamu membayangkan dapat menjelajah angkasa luar? Bagaimana caranya? Ayo kita cari tahu.

Tahukah Kamu?
Fakta-Fakta tentang Menjelajah Angkasa Luar_Penjelajah angkasa luar disebut astronaut. Astronaut harus pintar dan sehat, baik secara fisik maupun mental. Seleksinya pun sangat ketat.

Astronaut akan dilatih dengan penuh disiplin untuk “hidup” di angkasa luar yang kondisinya sangat berbeda dengan di Bumi. Di luar angkasa, mereka tidak berjalan kaki atau ber lari, tetapi melayang. Mengapa demikian? Karena di angkasa luar tidak ada gaya gravitasi.

Salah satu latihannya, yaitu calon astronaut akan diayun dan diputar di sebuah roda besar. Calon astronaut juga akan masuk ke dalam tabung yang lingkungannya hampir sama dengan di dalam pesawat angkasa luar. Menyelam juga merupakan salah satu latihannya.

Penjelajahan angkasa luar telah dimulai sejak lama. Sebelumnya, hal ini dianggap tidak mungkin. Namun demikian, rasa keingintahuan manusia semakin besar, dan akhirnya manusia dapat melakukan penjelajahan tersebut.

Untuk pertama kalinya ke angkasa luar dapat dicapai pada tahun 1957. Saat itu, Uni Soviet meluncurkan satelitnya yang pertama. Selanjutnya, negeri itu mengirimkan kosmonotnya yang bernama Yuri Gagarin pada tanggal 12 April 1961. Ia menjadi manusia pertama yang pergi ke angkasa luar dengan pesawat bernama Vostok 1. Selanjutnya, Bumi beberapa kali mengirimkan pesawatnya ke sana.
Buatlah paling sedikit 3 pertanyaan tentang bacaan tersebut.
1. Apa syarat umum untuk menjadi astronot?
2. Bagaimana kondisi di angkasa luar dengan di bumi?
3. Kapan pertama kalinya manusia bisa menjelajah angkasa luar?

Ayo Menulis!
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut;
• Siapakah astronaut itu?
Astronot adalah orang yang menjelajah angkasa luar

• Hal-hal apa saja yang diperlukan untuk menjadi seorang astronaut?
Astronaut harus pintar dan sehat, baik secara fisik maupun mental. Seleksinya pun sangat ketat.

• Mengapa para astronaut perlu berlatih menyelam? Jelaskan.
Karena di angkasa luar kondisinya sangat berbeda dengan di Bumi. Di luar angkasa tidak ada gaya gravitasi sehingga astronot berjalan dengan melayang seperti ketika menyelam.

• Apa saja yang kamu ketahui tentang penjelajahan angkasa luar yang pertama?
Untuk pertama kalinya angkasa luar dapat dicapai pada tahun 1957. dan Yuri Gagarin adalah kosmonot asal Rusia  pertama yang pergi ke angkasa luar dengan pesawat bernama Vostok 1 pada tanggal 12 April 1961.

• Mengapa manusia ingin menjelajah angkasa luar?

Ayo Berlatih!
Bayangkan jika kamu menjadi seorang astronaut yang menjelajah angkasa luar. Kamu dapat melihat berbagai benda dan planet-planet dari dekat. Siapkan pesawatmu dan perangkat lainnya untuk menjelajahi dunia yang belum pernah kamu temukan sebelumnya.

Siap? Ayo kita berangkat. Kamu berada pada koordinat O (0,0). Setelah beberapa menit, pesawatmu kini telah berada pada posisi A (0,3). Selanjutnya, kamu akan berbelok ke kanan sebanyak 2 satuan dan ke atas sebanyak 4 satuan, yakni pada titik B.

Dari titik B, pesawatmu akan bergerak 4 satuan ke kanan dan 1 satuan ke atas. Sekarang posisimu berada pada titik C.

Sekarang gambarkan posisi-posisimu sejak berangkat dari Bumi di titik O hingga titik C. Guna kan bidang koordinat Kartesius. Lengkapi bidangnya dengan 10 garis horisontal dan 10 garis vertikal dengan ukuran yang tepat (misalnya jarak antargaris adalah 1 cm), nama-nama sumbu, dan titik-titik angka.

Tuliskan posisi-posisi pesawatmu mulai dari Bumi hingga posisimu terakhir, termasuk pasangan titiknya.
Posisiku di Bumi adalah titik O (0,0)
Posisiku yang ke-2 adalah titik A (0, 3)
Posisiku yang ke-3 adalah titik B (2,7))
Posisiku yang ke-4 adalah titik C (6, 8)

Ayo Mencoba!
Kali ini cobalah melakukan hal yang sama dengan kegiatan sebelumnya. Karanglah cerita tentang perjalananmu menjelajahi angkasa luar dengan koordinat tertentu. Selanjutnya, letakkan titik-titiknya pada koordinat Kartesius. Kamu harus menggunakan minimal 5 titik. Beri nama pesawatmu sendiri.
Kita akan pergi ke luar angkasa dengan pesawat Pioneer. Pesawat Pioneer sekarang berada pada posisi di koordinat (1,2). Dalam beberapa menit setelah pesawat meluncur sekarang berada pada posisi A yaitu pada titik koordinat (1,5).
Selanjutnya pesawat akan menuju ke posisi B dan harus berbelok ke kanan sebanyak 3 satuan dan keatas sebanyak 2 satuan. Dari titik B pesawat bergerak 2 satuan ke kanan dan 2 satuan keatas. Dan sekarang posisi pesawat pioneer berada pada titik C. Setelah di posisi C pesawat akan menuju ke titik D dimana pesawat pioneer haris bergerak 2 satuan kekanan.
Ayo Diskusikan!
Kamu telah membaca informasi tentang penjelajahan angkasa luar dan astronautnya. Diskusikan dengan kelompokmu pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Apa yang dapat kamu teladani dari para astronaut tersebut?
Yang dapat kita teladani dari para astronot adalah sikap disiplin, mematuhi aturan, serta memiliki rasa ingin tahu yang besar.

2. Bagaimana pengaruh keteraturan dan ketertiban terhadap usaha penjelajahan ini?
Keteraturan dan ketertiban sangatlah berpengaruh terhadap usaha penjelajahan karena semua harus mengikuti aturan dan prosedur yang sudah ditetapkan.

3. Menurutmu, bagaimana sikapmu terhadap keteraturan dan ketertiban? Apakah kedua hal itu penting untuk kehidupan kita? Kapan saja kita membutuhkan keduanya?
Keteraturan dan ketertiban harus tetap dijaga. Keduanya sangat penting karena dengan keteraturan dan ketertiban masyarakat dapat berjalan harmonis. Dan keduanya sangat dibutuhkan dalam semua aspek kehidupan, kapanpun dan dimanapun tertib dan teratur harus selalu dijaga.

4. Apakah kamu telah melaksanakan kewajiban menegakkan aturan dan menjaga ketertiban di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat di sekitarmu? Apa saja contohnya? Sebutkan masing-masing 3.

a. Di lingkungan rumah

  1. Merapikan mainan kedalam kotak
  2. Saling membantu sesama anggota keluarga
  3. Menghormati anggota keluarga yang lebih tua

Di lingkungan sekolah

  1. Datang ke sekolah tepat waktu
  2. Belajar dengan tekun
  3. Mematuhi peraturan sekolah

Di lingkungan masyarakat

  1. Menaati peraturan yang berlaku di masyarakat
  2. Menjaga keamanan dan ketertiban
  3. Tidak melakukan aktifitas yang dapat menggangu tetangga seperti membunyikan radio keras-keras.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments