Cara Memperoleh data Dari teks Investigasi, Kelas 6, Tema 1, Subtema 1, Pembelajaran 1

Jika kita memperhatikan lingkungan di sekitar kita, ada berbagai jenis tumbuhan yang dapat kita temui. Kemudian apa manfaat tumbuhan bagi kehidupan? Yuk, kita cari tahu!

Tumbuhan merupakan sumber kehidupan yang berada di sekitar kita. Pada tumbuhan terdapat bagiannya yaitu ada akar, daun, batang, buah, dan juga biji. Fungsi dari bagian tubuh tumbuhan itu bermacam-macam dan sangat berguna bagi tumbuhan itu maupun makhluk hidup yang lain. Akar pada tumbuhan berguna untuk mencari air dan membuat tumbuhan berdiri kokoh. Daun pada tumbuhan berguna untuk proses fotosintesis dan masih banyak organ lainnya
Amatilah gambar berikut!

Ayo Bertanya!
Berdasarkan gambar diatas, buatlah dua pertanyaan mengenai tumbuhan sebagai sumber kehidupan.

Temukan Jawabannya
Bersama dengan kelompokmu, jawablah pertanyaan berikut!
1. Siapa saja yang memperoleh manfaat dari tumbuhan?
Hewan dan manusia memperoleh manfaat dari tumbuhan.

2. Apa manfaat tumbuhan bagi manusia?
Manfaat tumbuhan bagi manusia, antara lain sebagai berikut.
  • Sumber energi bagi manusia.
  • Sumber vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh.
  • Sumber oksigen untuk bernapas.
  • Pengikat air tanah.
  • Peneduh dan memperidah kehidupan di bumi.
3. Apa manfaat tumbuhan bagi hewan?
Manfaat tumbuhan bagi hewan, yaitu sebagai sumber energi bagi hewan untuk tumbuh berkembang menjadi besar.

4. Apakah tumbuhan merupakan sumber bagi kehidupan? Jelaskan!
Ya, tumbuhan merupakan sumber bagi kehidupan manusia dan hewan, karena tumbuhan adalah produsen penghasil cadangan makanan dan sumber oksigen untuk bernapas dan melindungi bumi dari sengatan sinar matahari.

5. Apa yang akan terjadi jika tidak ada tumbuhan? Coba jelaskan menurutmu!
Beberapa hal yang akan terjadi jika tidak ada tumbuhan adalah manusia dan hewan tidak memiliki sumber makanan dan bumi akan gersang, sehingga kehidupan akan berakhir.

Ternyata, tumbuhan dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan makanan. Tumbuhan juga dimanfaatkan oleh hewan sebagai bahan makanan. Jadi, tumbuhan merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup.

Tahukah Kamu?
Setelah mengetahui manfaat tumbuhan bagi kehidupan, Udin ingin belajar lebih jauh mengenai perkembangbiakan tumbuhan. Cermati kisah Udin berikut ini.

Liburan sekolah telah tiba. Udin mengunjungi pamannya di desa. Pak Umar, nama pamannya. Dia seorang petani jagung. Udin datang ke rumah pamannya tidak untuk berlibur saja. Udin juga ingin belajar. Ibu guru memberikan tugas selama liburan. Ibu guru ingin anak-anak memberikan laporan terperinci (laporan investigasi) tentang satu hal yang menarik dan bermanfaat yang dilihat selama liburan. Udin ingin mengetahui tentang tanaman jagung, terutama tentang perkembangbiakannya.

Hari pertama di rumah paman, Udin mengajukan beberapa pertanyaan tentang cara menanam jagung kepada pamannya.

“Paman, aku ingin mengetahui bagaimana jagung berkembang biak. Aku juga ingin mengetahui, seandainya paman tidak menanam biji jagung di ladang saat musim tanam. Apakah mungkin tanaman jagung akan terus bertambah banyak?” begitu Udin mengawali pertanyaannya.

“Wah, pertanyaanmu menarik sekali, Udin. Besok pagi-pagi, kamu ikut paman ke ladang, ya. Paman dan beberapa pekerja di ladang akan menjawab pertanyaan-pertanyaanmu.”

Seminggu lamanya Udin berlibur di rumah pamannya. Udin memperoleh banyak informasi baru mengenai tanaman jagung. Udin juga mencari gambar-gambar tentang perkembangbiakan tanaman jagung untuk melengkapi laporannya. 
Contoh laporan investigasi yang ditulis Udin.

Judul : Bagaimana Jagung Berkembang Biak?
Tugas : Mandiri
Metode : Pengamatan dan Wawancara

Alat dan Bahan
1. Buku
2. Alat tulis
3. Buku Referensi atau lainnya
Bagaimana Jagung Berkembang Biak?

Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai tempat, juga di Indonesia. Contohnya, penduduk Pulau Madura menjadikan jagung sebagai makanan pokoknya. Jagung merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat yang sangat diperlukan oleh tubuh.
Seorang petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung. Setelah tiga sampai empat hari bakal tanaman akan muncul di permukaan tanah. Tanaman jagung akan terus tumbuh menjadi besar. Tiga hingga tiga setengah bulan, buah jagung dapat dipanen oleh petani. Buah jagung yang berbentuk seperti tongkol pada mulanya berupa sekuntum bunga.
Bunga jagung memiliki helai-helai rambut halus pada bagian ujungnya. Pada helai rambut tersebut terdapat tepung sari. Tepung sari akan terbang terbawa angin, ketika angin bertiup. Tepung sari yang terbawa angin, sebagian akan jatuh di kepala putik yang terletak di bagian bawah bunga pada pohon jagung yang lain. Ketika itulah terjadi pembuahan.
Bunga jagung tersebut terus berkembang hingga menjadi buah jagung. Perkembangan itulah yang dapat diamati dari waktu ke waktu. Buah jagung akan siap dipanen ketika rambut jagung sudah berwarna kecokelatan dan bagian tongkolnya sudah mengering. Apabila buah jagung tersebut dikupas akan memperlihatkan biji jagung yang kekuningan. Bagian yang dimakan oleh manusia adalah biji jagung.
Supaya jagung selalu tersedia sebagai bahan makanan manusia, maka petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil panen. Biji jagung yang tua dapat ditanam kembali. Dari sinilah akan dimulai lagi perkembangbiakan jagung.
Udin senang sekali. Liburannya memberikan banyak oleh-oleh. Udin senang karena dapat bertemu pamannya. Udin menikmati tinggal di lingkungan yang berbeda. Udin juga senang memperoleh pengetahuan baru tentang tanaman jagung yang merupakan salah satu makanan kesukaannya.

Temukan Jawabannya
1. Apa yang dilakukan Udin ketika liburan sekolah?
Udin mencari informasi tentang perkembangbiakan tanaman jagung dengan melakukan wawancara, mengamati, dan mencari gambar saat liburan sekolah.

2. Siapakah Pak Umar itu? Apa pekerjaan Pak Umar?
Pak Umar adalah paman Udin, ia seorang petani jagung.

3. Apa yang ingin Udin pelajari dari Pak Umar?
Udin ingin mempelajari tentang perkembangbiakan tanaman jagung dari Pak Umar.

4. Mengapa Udin bertanya berbagai hal mengenai jagung kepada Pak Umar?
Untuk mengumpulkan informasi, yang akan Udin tulis dalam bentuk teks laporan.

5. Apa saja yang dilakukan Udin untuk membuat tugas laporannya?
Udin melakukan investigasi untuk membuat tugas laporannya.

Ayo Amati
Laporan yang ditulis Udin mengenai perkembangbiakan jagung merupakan laporan investigasi, yaitu berupa fakta bukan rekaan. Untuk menghasilkan laporan yang terperinci, Udin harus melakukan pengamatan, wawancara, dan melengkapi informasi dari berbagai sumber agar diperoleh data yang lengkap.
Secara umum teks laporan investigasi adalah sebagai berikut.

Informasi UmumFakta berdasarkan
Data
Kesimpulan
Jagung adalah salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan di berbagai
tempat, juga di Indonesia. Penduduk Pulau Madura menjadikan jagung sebagai
makanan pokoknya. Jagung merupakan salah satu penghasil karbohidrat yang
dibutuhkan oleh tubuh.

Seorang petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam
biji jagung. Setelah tiga sampai empat hari bakal tanaman akan muncul di
permukaan tanah. Tanaman jagung akan terus tumbuh menjadi besar. Tiga
hingga tiga setengah bulan kemudian, buah jagung dapat dipanen oleh
petani. Buah jagung yang berbentuk seperti tongkol itu, pada mulanya berupa
sekuntum bunga jagung.
Bunga jagung memiliki helai-helai rambut halus pada bagian ujungnya. Pada
helai rambut tersebut terdapat tepung sari. Ketika angin bertiup, tepung sari
akan terbang terbawa angin. Sebagiannya, akan jatuh pada putik, yang terletak
pada bagian bawah bunga. Ketika itulah terjadi pembuahan. Bunga jagung
kemudian terus berkembang hingga menjadi buah jagung. Perkembangan
itu dapat diamati dari waktu ke waktu. Buah jagung akan siap dipanen ketika rambutnya sudah berwarna kecokelatan dan bagian tongkolnya sudah
mengering apabila dikupas akan memperlihatkan biji jagung yang kekuningan.
Bagian yang dimakan oleh manusia adalah biji jagung.
Agar jagung selalu tersedia sebagai bahan makanan manusia, maka
petani jagung harus menanam kembali sebagian dari hasil panennya. Biji
jagung yang telah tua ditanamnya kembali. Dari sinilah akan dimulai lagi
perkembangbiakan jagung.

Ayo Cari Tahu
Tepung sari pada bunga jagung akan terbang terbawa angin, ketika angin bertiup. Tepung sari yang terbawa angin, sebagian akan jatuh di kepala putik yang terletak di bagian bawah bunga pada pohon jagung yang lain. Ketika itulah terjadi pembuahan. Perkembangbiakan ini dinamakan perkembangbiakan generatif.

Tahukah kamu bagaimana proses perkembangbiakan generatif? Apa manfaat dari perkembangbiakan generatif?

Amatilah bagian–bagian bunga sempurna berikut ini.
  1. Perkembangbiakan secara generatif (secara kawin) dilakukan melalui proses penyerbukan dan pembuahan.
  2. Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan diawali dengan penyerbukan, yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik.
  3. Setelah terjadi penyerbukan, pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ke ruang bakal biji. Kemudian serbuk sari (sel kelamin jantan atau spermatozoid) akan masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari.
  4. Di dalam ruang bakal biji terjadi pembuahan, yaitu peleburan serbuk sari (sel kelamin jantan atau spermatozoid) dengan kepala putik (sel kelamin betina atau sel telur).
  5. Hasil dari pembuahan adalah zigot.
  6. Zigot berkembang menjadi lembaga, bakal biji berkembang menjadi biji dan bakal buah, kemudian bakal buah berkembang menjadi daging buah.
  7. Lembaga yang berada di dalam biji merupakan calon tumbuhan baru.
Ayo Analisis
Amatilah gambar berikut! Carilah informasi dari berbagai sumber mengenai jenis penyerbukannya!
Tulislah informasi mengenai penyerbukan.

1. Penyerbukan Sendiri
Penyerbukan sendiri disebut juga dengan Autogami, adalah proses menempelnya serbuk sari dari suatu bunga pada kepala putik yang terjadi atau berasal dari satu bunga itu sendiri. Penyerbukan sendiri tidak menghasilkan keturunan yang bervariasi. Contoh penyerbukan sendiri terjadi pada bunga turi dan bunga telang.

2. Penyerbukan Tetangga
Penyerbukan Tetangga atau Geitonogami adalah proses penyerbukan yang terjadi jika serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang masih dalam satu tanaman. Contoh Penyerbukan tertangga terjadi pada bunga jagung.

3. Penyerbukan Silang
Penyerbukan silang atau Alogami adalah proses penyerbukan yang terjadi jika serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga tanaman lain namun masih dalam satu jenis tanaman. Penyerbukan silang dapat menghasilkan variasi keturunan karena terjadi percampuran sifat dari 2 tumbuhan indukan. Contoh penyerbukan silang diantaranya persilangan bunga merah dan putih menghasilkan bunga putih, merah dan merah muda.

4. Penyerbukan Bastar
Penyerbukan bastar adalah proses penyerbukan yang terjadi jika serbuk sari jatu ke kepala putik bunga lain yang sejenis namun memiliki perbedaan varietas atau varietasnya berbeda.

Ayo Berlatih!
Selain ditanami jagung, ladang Pak Umar juga ditanami beragam jenis tumbuhan lain. Baca dan cermati cerita berikut di dalam hati.

Ladang Sumber Kehidupan
Pak Umar memiliki ladang seluas 1.000 m2. Ladang tersebut merupakan sumber mata pencaharian Pak Umar dan keluarganya. Selain hasil dari menanam dijual, bahan makanan yang berasal dari ladang juga diolah untuk dimakan oleh Pak Umar dan keluarganya. Pak Umar dan keluarganya merawat tumbuhan di ladang dengan penuh kasih sayang. Pak Umar menanami 0,25 bagian dari ladangnya dengan kacang panjang, ¼ bagian ditanami pohon mangga, dan sisanya ditanami jagung.

1. Tuliskan luas setiap bagian ladang Pak Umar dalam bentuk pecahan biasa, desimal, dan persen pada tabel berikut.

LahanPecahan
Biasa
DesimalPersen
Kacang Panjang ¼0,2525%
Mangga ¼0,2525%
Jagung ½0,5050%
Pada saat panen tiba, ladang Pak Umar menghasilkan 125,5 kg kacang panjang, 246,8 kg buah mangga, dan 145,25 kg jagung. Kemudian, Pak Umar menjual 95% dari total setiap jenis tanaman hasil panennya. Sisanya dikonsumsi untuk seluruh anggota keluarga Pak Umar.
2. Dalam satu tahun Pak Umar tiga kali memanen jagung, dua kali memanen mangga, dan empat kali memanen kacang panjang. Hitung total jumlah setiap jenis tanaman tersebut yang dijual dan dikonsumsi. Tuliskan dalam tabel berikut.

Hasil PanenKacang PanjangManggaJagung
Hasil panen satu tahun 125,5 x 4 = 502 kg246,8 x 2 = 493,6 kg145,25 x 3 = 435,75 kg
Total jumlah dijual 502 x 95% = 476,9 kg493,6 x 95% = 468,92 kg435,75 x 95% = 413,96 kg
Total jumlah yang dikonsumsi 502 x 5% = 25,1 kg493,6 x 5% = 24,68 kg435,75 x 5% = 21,79 kg
Pak Umar menjual hasil panen untuk satu kg kacang panjang Rp1.500,00, satu kg mangga Rp2.500,00, dan satu kg jagung Rp1.250,00.
3. Berapa rupiah uang yang didapat Pak Umar dari hasil panen untuk semua jenis tanaman?

TanamanHarga per
Kg
Hasil Panen
satu tahun
Hasil Penjualan
satu tahun
Kacang Panjang Rp1.500,00476,9 kgRp715.350,00
Mangga Rp2.500,00471,77 kgRp1.179.425,00
Jagung Rp1.250,00413,75 kgRp517.187,00
Total hasil
penjualan


Rp2.411.962,00
Pak Umar tidak menghabiskan semua uang yang didapat dari hasil panen. Ia menyisihkan 25% dari total uang yang didapat untuk membeli pupuk dan biaya perawatan, 10% ditabung untuk biaya sekolah kedua anaknya. Sisanya digunakan untuk biaya kebutuhan hidup sehari-hari. Penghasilan yang didapat Pak Umar dari ladangnya cukup untuk membiayai kebutuhan hidup keluarganya.

4. Berapa rupiah uang yang digunakan Pak Umar setiap tahun untuk membeli pupuk dan perawatan, ditabung untuk biaya sekolah anak-anaknya, dan untuk biaya kehidupan sehari-hari?
TotalBeli pupuk
25%
Ditabung
10%
Kebutuhan Sehari-hari
Rp2.411.962,5 Rp602.990,625Rp241.196,25Rp1.567.775,625
Tumbuhan memiliki kemampuan berkembang biak untuk mempertahankan kelestariannya. Oleh karena itu, kita dapat menikmati terus manfaatnya.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments