Apakah Satelit Itu? Kelas 6, Tema 9, Subtema 2, Pembelajaran 4

Tahukah kamu bahwa nama benda angkasa luar yang selalu mengorbit sebuah planet atau benda lain yang lebih besar daripada dirinya? Dinamakan apakah benda angkasa luar itu? Untuk menjawabnya, ayo cari tahu.

Tahukah kamu, bahwa ada benda-benda angkasa luar bukan buatan manusia yang mengorbit sebuah planet atau benda lain yang lebih besar daripada dirinya? Benda itu dinamakan satelit. Contohnya adalah Bulan, ia selalu mengelingi Bumi. Oleh karena itu, Bulan dikatakan sebagai satelit alami Bumi. Begitu pula Bumi yang selalu mengelilingi Matahari, sehingga dapat dikatakan Bumi merupakan satelit alami Matahari. Hal ini juga berlaku bagi planet yang mengelilingi sebuah bintang, atau bahkan sebuah bintang yang mengelilingi pusat galaksi, tetapi jarang digunakan. Satelit-satelit ini setia mengorbit pada planetnya.

Namun, ada lagi satelit lain. Satelit ini merupakan objek buatan manusia yang mengorbit Bumi dan berfungsi mengumpulkan serta mengembalikan data. Satelit ini biasanya dibuat oleh suatu negara dengan tujuan agar masyarakatnya dapat menerima informasi penting dari orang lain dengan lebih mudah. Fungsinya antara lain mengirimkan data acara televisi dan mengirimkan panggilan telepon dari satu benua ke benua lainnya untuk mempermudah ko munikasi antarpenduduk yang berbeda wilayah. Satelit buatan juga digunakan untuk memperkirakan cuaca dengan mengukur awan, angin, dan suhu atmosfer dari angkasa luar.

Tuliskan kembali isi bacaan tentang satelit tersebut di atas pada kotak berikut. Hal-hal berikut ini harus ada di dalam tulisanmu.
  1. Apakah satelit itu?
  2. Perbedaan satelit alami dan satelit buatan.
  3. Dua manfaat satelit.
  4. Dua dampak keberadaan satelit bagi manusia.
Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan waktu rotasi dan revolusi tertentu. Satelit ada dua macam yaitu satelit alami dan satelit buatan. Satelit alami adalah salah satu benda luar angkasa yang telah ada (bukan buatan manusia) yang mengorbit suatu planet. Satelit alami bumi adalah bulan. Selama mengelilingi bumi, bulan mengalami tiga gerakan sekaligus, yaitu rotasi, revolusi bulan mengelilingi bumi dan revolusi bulan mengelilingi matahari.  Adapun fungsi satelit alami (bulan) diataranya adalah
  1. Secara tidak lansung melindungi bagi planet yang diorbitnya dari hantaman benda langit lain seperti komet dan asteroid
  2. Dapat mengontrol kecepatan rotasi suatu planet karena efek gravitasional tidal wave
  3. Menyeimbangkan perputaran siklus air laut yang mengakhibatkan pasang surut air laut
  4. Mengurangi efek yang ditimbulkan akibat radiasi sinar ultraviolet
  5. Memberi penerangan pada malam hari.
Satelit buatan adalah salah satu benda luar angkasa buatan manusia yang mengorbit suatu planet yang dalam pembuatannya memiliki jenis dan fungsi tertentu dengan tujuan untuk kepentingan manusia. 
Fungsinya antara lain mengirimkan data acara televisi dan mengirimkan panggilan telepon dari satu benua ke benua lainnya untuk mempermudah ko munikasi antarpenduduk yang berbeda wilayah. Satelit buatan juga digunakan untuk memperkirakan cuaca dengan mengukur awan, angin, dan suhu atmosfer dari angkasa luar.

Ayo Diskusikan!
Dengan adanya satelit buatan ini, hakmu sebagai warga negara untuk dapat mengetahui informasi sudah terpenuhi. Kemudian, hak apalagi yang perlu kamu dapatkan sebagai seorang anak selama kamu di sekolah dan di rumah? Diskusikan dengan temanmu. Tuliskan hasilnya (masing-masing minimal 3) disertai alasannya pada kotak di bawah ini.
Hakku di SekolahHakku di Rumah
1. Mendapat pelajaran 1. Mendapat makanan
2. Belajar dengan tenang  2. Mendapatkan kasih sayang
3. Mendapat bimbingan dari guru 3. Bermain
4. Meminjam buku 4. Mendapatkan pendidikan yang baik dari keluarganya
5. Berhak diperlakukan secara adil 5. Mendapat perlindungan
6. Menggunakan fasilitas yang ada di Sekolah 6. Mendapatkan kasih sayang

Bagaimana dengan hak dan kewajibanmu ketika melakukan diskusi kelompok? Menurutmu, kewajiban apa yang harus kamu lakukan dalam diskusi tersebut? Coba praktikkan dalam diskusi.
Berikut ini adalah kewajiban yang harus dilakukan apabila kita mengikuti sebuah diskusi.

  1. Menjaga ketertiban
  2. Mengikuti peraturan yang telah ditetapkan panitia
  3. Aktif mengikuti diskusi
  4. Menghargai perbedaan pendapat
  5. Tidak memaksakan pendapat

Bersama kelompokmu, amati pola gambar berikut dan gambar grafiknya!
Kelompok 1
Kelompok 2


Kelompok 3
Kerjakan soal di atas sesuai dengan kelompokmu. Gambarlah grafik yang sesuai untuk pola gambar tersebut pada kertas berpetak. Presentasikan hasilnya di depan kelas. Apakah strategi yang kamu gunakan sama dengan kelompok lain? Jelaskan!

Grafik kelompok 1
Grafik kelompok 2
Grafik kelompok 3
Ayo Berlatih!
Perhatikan gambar berikut!
a. Pola apa yang kamu lihat pada gambar di atas? (Bangun penyusun x 2 - 1)
b. Dapatkah kamu menggambar bentuk yang ke-10? (10 x 2 - 1 = 19)

c. Berapa banyak kotak pada gambar yang ke-20? 20 x 2 - 1 = 39
d. Gambarlah grafik yang sesuai untuk pola gambar tersebut!

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments