Apakah Bedanya Planet dan Bintang? Kelas 6, Tema 9, Subtema 2, Pembelajaran 2

Apa saja rahasia benda-benda di angkasa luar sana ya? Seandainya aku dapat menemui benda angkasa luar itu, pasti semakin banyak informasi yang aku dapatkan tentang rahasianya mereka. Seperti yang kita pelajari sebelumnya, salah satu benda langit yang memiliki gaya gravitasi yang besar adalah Matahari. Gaya gravitasi tersebut menyebabkan benda langit lain seperti planet-planet mengelilingi Matahari pada garis edar yang hampir berbentuk lingkaran.

Tahukah kamu, apakah planet itu? Apakah bedanya planet dan bintang? Bumi yang kita huni ini adalah salah satu planet yang ada di angkasa luar. Planet adalah sebuah bola besar yang terbuat dari bebatuan, metal, atau gas yang mengelilingi sebuah bintang. Tidak seperti bintang, planet tidak memancarkan cahayanya sendiri. Planet-planet memantulkan cahaya dari bintang.

Bumi dan planet lain yang mengelilingi Matahari merupakan bagian dari tata surya yang termasuk dalam Galaksi Bima Sakti. Planet lain yang mengelilingi Matahari adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Neptunus, dan Uranus.

Ayo Amati!
Planet Bumi adalah satu-satunya dari delapan planet yang dapat dihuni. Sebagai makhluk hidup penghuni Bumi, tentunya kamu mempunyai hak dan kewajiban agar planet tersebut tetap aman dan nyaman untuk di tinggali bersama.
Amati gambar di bawah ini.
Berikan komentarmu terhadap gambar-gambar di atas.
Pada gambar sebelah kiri, terlihat kondisi lingkungan yang penuh dengan sampah. Sampah dari berbagai sumber dapat mencemari lingkungan, baik lingkungan darat, udara maupun perairan.

Sedangkan pada gambar sebelah kanan terlihat asap yang keluar dari cerobong pabrik. Asap ini tentu akan menyebabkan pencemaran khususnya pencemaran udara. Udara yang tercemar dapat masuk ke dalam tubuh melalui system pernapasan. Zat-zat pencemar berukuran besar dapat tertahan di saluran pernapasan bagian atas, sedangkan zat-zat pencemar berukuran kecil dan gas dapat mencapai paru-paru. Dari paru-paru, zat pencemar diserap oleh sistem peredaran darah dan menyebar ke seluruh tubuh. Jika zat-zat pencemar telah masuk ke seluruh tubuh, tubuh seperti terkena racun, tetapi secara perlahan dan menumpuk dalam tubuh. Ketika timbunan dalam tubuh telah banyak, tubuh kita akan terasa sakit.

Dampak kesehatan yang paling umum dijumpai adalah ISPA (infeksi saluran pernapasan akut) ini bisa diakibatkan kebakaran hutan yang meluas seperti di daerah Kalimantan dan Sumatera. Pencemaran udara ini juga menyebabkan penyakit asma dan bronchitis. Beberapa zat pencemar dikategorikan sebagai toksik (beracun) dan karsinogenik (penyebab kanker).

Kamu sebagai warga di sekolah dan lingkungan di rumah. Coba tuliskan hak dan kewajibanmu untuk menjaga Bumi.

Tuliskan hakmu sebagai
warga Bumi
Tuliskan kewajibanmu
sebagai warga Bumi
1. Belajar di lingkungan yang bersih. 1. Menjaga kebersihan lingkungan.
2. Hidup di lingkungan yang sehat dan nyaman 2. Menjaga kelestarian alam dan lingkungan
3. Memperoleh daya dan tenaga 3. Mencegah kerusakan lingkungan

Ayo Berkreasi!
Benda-benda langit yang ada di angkasa luar tidak semua dapat kita lihat. Karena jarak benda-benda langit yang sangat jauh dari Bumi. Para ilmuwan astronomi menggunakan sebuah alat untuk dapat meneliti benda-benda langit itu. Coba buat teleskop dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Alat dan Bahan
  1. Kertas karton
  2. Kaca pembesar
  3. Lem
  4. Gunting
  5. Pensil
Langkah Kerja
  1. Ukurlah panjang kertas karton sesuai ukuran teleskop yang ingin kamu buat. Kemudian guntinglah.
  2. Belahlah karton yang telah kamu gunting menjadi 2 bagian, seperti tampak pada gambar. Setelah itu, tempelkan sisi kaca pembesar dengan menggunakan potongan karton pertama.
  3. Rekatkan sisi kaca pembesar dengan lem yang sangat kuat.
  4. Buatlah tabung lain dari karton kedua dengan ukuran yang lebih besar dari tabung pertama. Kemudian rekatkan tabung pertama pada tabung kedua. Pada sisi lain tabung, tempelkan kaca pembesar yang kedua.
  5. Teleskop dengan 2 kaca pembesarmu sudah jadi. Untuk memperindahnya, buatlah hiasan pada teleskop buatanmu dengan gambar benda-benda angkasa luar.
  6. Gunakan teleskop tersebut untuk mengamati benda-benda di sekitarmu. Coba juga untuk mengamati benda-benda langit di malam hari. Apa yang kamu lihat?
Ayo Bekerja Sama!
Teleskop digunakan untuk melihat benda-benda di angkasa luar, di antaranya planet-planet. Planet-planet tersebut memiliki keteraturan, yaitu mengelilingi Matahari sesuai dengan bidang orbitnya. Sekarang, perhatikan gambar berikut. Apakah gambar-gambar di bawah ini juga memiliki keteraturan?
Dapatkah kamu menemukan keteraturan (pola) pada gambar di atas? Bagaimana kamu menemukannya? Jelaskan.
Ya, pada gambar 1 memiliki 1 kotak penyusun, pada gambar 2 memiliki 4 kotak penyusun, pada gambar 3 memiliki 9 (seharusnya 8) kotak penyusun, dan pada gambar 4 memiliki 16 kotak penyusun. Dari sini ditemukan pola 1, 4, 8, 16. dan ini menunjukkan bilangan berpangkat n2.

Cobalah kamu gambar bentuk yang ke-5 dan ke-6!
Ayo Lakukan!
Berikut adalah tabel berdasarkan pola gambar di atas.

Gambar ke-Banyaknya kotak/bangun
penyusun
Pasangan titik
1 1(1,1)
2 4(2,4)
3 9(3,9)
4 16(4,16)
5 25(5,25)
6 36(6,36)
Gambarlah grafik yang sesuai dengan pola gambar di atas!
Berapa banyak kotak untuk gambar ke-7? 7 x7 = 49
Berapa banyak kotak untuk gambar ke-20? 20 x 20 = 400
Bagaimana kamu menemukan jawabannya? Kotak penyusun pangkat 2

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments