Air untuk Kebutuhan Sehari-hari, Kelas 5, Tema 8, Subtema 3, Pembelajaran 1

Sebagain besar yaitu kurang lebih 70% tubuh manusia terdiri dari unsur air. Tanpa air manusia tidak akan pernah bisa hidup. Begitupun dengan makhluk hidup yang lain.

Salah satu manfaat air yang paling vital adalah untuk meningkatkan kesehatan tubuh manusia. Bahkan banyak yang mengkaitkannya dengan terapi air yang dapat menyembuhkan beberapa  masalah kesehatan.

Jika kita minum banyak air bersih, maka hal tersebut dapat memacu peningkatan kualitas kesehatan. Para peneliti menemukan bahwa minum air putih minimal 2 liter per hari akan menjaga kesehatan tubuh.

Perhatikan gambar dibawah ini?
1. Kegiatan apa yang dilakukan pada gambar tersebut?
Jawaban: Gambar menunjukkan kegiatan penanaman pohon atau biasa disebut reboisasi.

2. Di mana kegiatan itu biasa dilakukan?
Jawaban: Kegiatan penanaman pohon dapat dilakukan di daerah perbukitan yang tandus serta di lingkungan sekitar, seperti halaman rumah atau sekolah.

3. Apa tujuan dari kegiatan itu?
Jawaban: Kegiatan penanaman pohon bertujuan menghijaukan lingkungan dengan tanaman-tanaman berdaun hijau.

4. Apa manfaat dari kegiatan itu?
Jawaban: Manfaat dari kegiatan penanaman pohon: membuat lingkungan menjadi lebih asri, memanfaatkan lahan tidur, jika pohon telah tumbuh besar dapat menahan erosi dan banjir, akar-akar pohon dapat menahan air hujan sehingga menambah persediaan air tanah.

Ketersediaan air bersih sangat penting bagi kehidupan manusia. Berbagai upaya dapat kita lakukan untuk menjamin ketersediaan air bersih.

Ayo Berdiskusi
1. Apa syarat-syarat air yang layak kita gunakan sebagai air minum dan untuk memasak?
Jawaban: Air yang layak digunakan sebagai air minum dan untuk memasak harus jernih, tidak berasa, dan tidak berbau.

2. Bagaimana kualitas air yang dapat digunakan untuk mencuci pakaian?
Jawaban: Untuk mencuci pakaian, air yang digunakan harus jernih serta dapat melarutkan kotoran dan sabun. Catatan: Sebagai pengetahuan tambahan, guru dapat menjelaskan tentang air sadah, yaitu air yang mempunyai kandungan mineral tinggi. Jika digunakan untuk melarutkan detergen, air sadah hanya sedikit menghasilkan busa. Akibatnya, kemampuan detergen mengangkat noda pada pakaian akan berkurang. Mencuci pakaian dengan air sadah juga akan mengakibatkan pakaian menjadi kusam.

3. Bagaimana kualitas air yang dapat digunakan untuk menyiram tanaman?
Jawaban: Untuk menyiram tanaman, air yang digunakan sebaiknya tidak mengandung zat kimia berbahaya bagi tanaman, misalnya air detergen. Namun, kita dapat menggunakan air bekas mencuci bahan makanan atau air hujan untuk menyiram tanaman.

Presentasikan hasil diskusimu, lalu diskusikan dengan kelompok-kelompok lain.

Ada air yang aman digunakan untuk memasak dan minum. Namun, ada pula yang sebaliknya. Ayo, kita pelajari bersama.

Ayo Membaca
Air untuk Kebutuhan Sehari-hari
Bagaimana rasa air laut? Ya, air laut terasa asin. Jika kamu berenang di pantai dan terpercik air laut, kamu akan mengetahui bahwa air laut terasa asin. Sebagian besar (97%) air yang menutupi planet bumi ini berupa air laut. Air laut tidak bagus untuk diminum. Air laut juga tidak dapat digunakan dalam kebanyakan industri dan keperluan rumah tangga. Untunglah 3% air di dunia berupa air segar, yaitu air yang tidak asin dan dapat digunakan untuk minum, memasak, dan mencuci.

Persyaratan air bersih meliputi tiga komponen, yaitu persyaratan secara fisik, secara kimia, dan kandungan mikroba yang terdapat di dalamnya.

1. Persyaratan secara fisik
  • Tidak keruh
  • Tidak berwarna apa pun
  • Tidak berasa apa pun
  • Tidak berbau apa pun
  • Suhu antara 10o-25o C (sejuk)
  • Tidak meninggalkan endapan
2. Syarat kimiawi

  • Tidak mengandung bahan kimiawi yang mengandung racun
  • Tidak mengandung zat-zat kimiawi yang berlebihan
  • Cukup yodium
  • pH (derajat keasaman) air antara 6,5 – 9,2

3. Syarat mikrobiologi
Tidak mengandung kuman-kuman penyakit seperti disentri, tipus, dan kolera

Masyarakat memerlukan air dalam jumlah yang sangat besar. Air yang akan digunakan diambil dari sungai-sungai terdekat atau sumber-sumber air lain seperti sumur. Air dari sungai dan sumber-sumber air dialirkan dan disimpan dalam tangki penampung yang sangat besar. Tangki penampungan berisi air ditambahkan sejumlah kecil gas chlorine untuk membunuh kuman berbahaya. Selanjutnya, air dipompa melalui pipa bawah tanah menuju ke rumah-rumah penduduk. Air inilah yang digunakan untuk keperluan sehari-hari masyarakat.

Sumber air lainnya didapat dari penggalian tanah. Lubang penggalian ini dinamakan sumur. Masyarakat membuat sumur sebagai sumber air untuk keperluan sehari-hari. Dahulu, orang menggunakan timba untuk mengambil air dari sumur. Namun, sekarang kita dapat menggunakan pompa air bertenaga listrik. Dengan pompa itu air dialirkan ke atas melalui pipa menuju ke bak penampung air, kamar mandi, dapur, dan tempat-tempat lain di rumah.

(Sumber: Young Scientiest. 1994. All About Water. Chicago: World Book, Inc.; catatankimia.com)

Ayo Berdiskusi
Informasi penting apa yang dapat kamu temukan pada teks “Air untuk Kebutuhan Sehari-hari?”

  1. Sebagian besar (97%) air yang menutupi planet bumi ini berupa air laut.
  2. 3% air di dunia berupa air segar, yaitu air yang tidak asin dan dapat digunakan untuk minum, memasak, dan mencuci.
  3. Persyaratan air bersih meliputi tiga komponen, yaitu persyaratan secara fisik, secara kimia, dan kandungan mikroba yang terdapat di dalamnya.
  4. Masyarakat memerlukan air dalam jumlah yang sangat besar. Air yang akan digunakan diambil dari sungai-sungai terdekat atau sumber-sumber air lain seperti sumur.
  5. Sumber air lainnya didapat dari penggalian tanah yang disebut dengan sumur

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments