5 Smartphone ini Bisa Kamu Ajak Berenang

Saat ini hampir semua orang memiliki perangkat mobile seperti smartphone. Sejak pertengahan tahun 1970an konsep pertama smartphone sebenarnya sudah ada, walaupun di tahun 1992 baru bisa terwujud. Adalah IBM saat meluncurkan Simon Personal Communicator. Dengan layar sentuh monokrom, sebuah stylus, dan charging base station, bisa mengirim dan menerima email serta faks, IBM Simon layak disebut sebagai smartphone. Dijual seharga US$ 1.099 atau setara Rp 14,8 jutaan saat itu 50 ribu unit IBM Simon berhasil dijual.

Teknologi terus berkembang sampai seperti yang kita saksikan dan kita rasakan sekarang. Smartphone yang ada saat ini memiliki resolusi layar yang jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya, kemampuan kamera dengan hasil bidikan yang baik, peningkatan ruang penyimpanan, serta kemampuan pemrosesan yang menyerupai konsol game maupun PC. Berbagai fitur seperti speaker berkualitas, masa hidup baterai, kualitas desain, dan ruang penyimpanan meningkat tajam. Sementara, produsen membedakan smartphone dengan perangkat lunak seperti UltraPixel, PureView, BoomSound, dan lain-lain.

Smartphone tidak lagi digunakan sebagai alat komunikasi tapi juga merupakan sebuah kebutuhan sosial, gaya hidup dan juga kebutuhan yang mendukung pekerjaan.

Salah satu gaya hidup yang hampir dimiliki sebagian orang masa sekarang adalah travelling. Melihat trend ini, beberapa produsen gadget terus berusaha bersaing ciptakan smartphone yang bisa mendukung aktivitas travelling yaitu anti air. Menghadapi berbagai macam kondisi dan cuaca, traveller tidak perlu repot memakai kamera aksi untuk mengabadikan aktivitasnya terutama saat di dalam air, cukup gunakan smartphone.

Dan di tahun 2018 ini, produsen gadget kenamaan yaitu Samsung, LG, Sony dan iphone telah memproduksi smartphone tahan air yang bisa mendukung aktivitasmu dalam kondisi hujan/basah sampai bisa kamu ajak berenang. Nah, apa saja smartphone anti air tersebut?

1. iPhone 8
Kita mulai dari Apple dengan iPhone8 nya. Dengan desain elegan perpaduan material kaca, memori internal 64GB dan 256GB, iPhone 8 memiliki fitur tambahan seperti true tone display, neuric engine, dan wireless charging pasti menjadi daya tarik tersendiri, dan pastinya iPhone 8 ini tahan air. iPhone 8 akan memiliki ketahanan terhadap air dengan kedalaman hingga 1.5 meter selama 30 menit.
Di bagian depan dan belakang,  iPhone 8 memiliki kaca khusus dengan lapisan penguat 50 persen lebih dalam. Substruktur baja baru dan tepian aluminium 7000 Series kuat sekelas industri dirgantara menghadirkan penguatan tambahan. Dan lapisan oleophobic memungkinkan Anda menghapus noda dan sidik jari dengan mudah.

2. Sony Xperia XZ1
Smartphone tahan air kedua yang bisa kita ajak "berenang" adalah Sony Xperia XZ1. Menyuguhkan desain khas berbentuk agak kotak, smartphone ini dilengkapi sertifikasi IP68 sehingga tahan kerusakan akibat debu dan bisa bertahan pada kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Soal spesifikasi, Sony Xperia XZ1 membawa panel seluas 5,2 inci beresolusi Full HD 1920 x 1080 piksel.
Sayangnya, rasio layar tersebut masih 16:9 ratio. Akan tetapi, smartphone ini memiliki performa yang sangat tangguh berkat penggunaan chipset high-end dari Qualcomm Snapdragon 835 dengan dukungan RAM 4GB dan memori internal 64GB.

3. Samsung Galaxy A8 (2018)
Pilihan smartphone tahan air yang ketiga adalah Samsung Galaxy A8 (2018). Smartphone ini mengusung spek "jaman now" seperti Infinity Display dengan rasio 18.5:9 berukuran 5,6 inci dari Super AMOLED dengan resolusi 1080 x 2220 piksel. Samsung Galaxy A8 (2018) juga unggul dalam hal potret memotret karena didukung kamera belakang 16 MP dengan aperture f/1.7 dan dual kamera depan 16 MP aperture f/1.9 + 8 MP aperture f/1.9 yang didukung fitur Live Focus untuk hasilkan foto maksimal.

Dengan membawa desain modern lewat balutan material kaca dan frame aluminum, smartphone ini sudah didukung sertifikasi IP68. Artinya, Galaxy A8 mampu bertahan di kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

4. LG V30+
LG V30+ layak menjadi pilihan untuk kamu yang ingin smartphone anti air. LG V30+ memiliki desain menawan serta didukung sertifikasi IP68 seperti ketiga HP yang diaulas di atas. Hal menarik lainnya adalah pada bodi. LG V30+ sangat tangguh karena memiliki sertifikasi MIL-STD-810G, standar militer USA.

Mengusung konsep FullVision OLED dengan rasio 18:9, tampilan layar smartphone ini pun sangat detail berkat penggunaan panel 6 inch dengan resolusi 1440 x 2880 piksel. Keunggulan lainnya, LG V30+ memiliki fitur dual kamera belakang 16 MP aperture f/1.6 dan 13 MP aperture f/1.9 dengan efek wide angle dan mode perekaman video profesional.

5. Samsung Galaxy S9
Produk flagship milik samsung berikutnya yang didukung fitur anti air adalah Samsung Galaxy S9. Seperti 4 smartphone sebelumnya, Galaxy S9 juga didukung sertifikasi IP68 sehingga bisa bertahan di air pada kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Tak hanya itu, sertifikasi tersebut pun membuat smartphone tahan dari kerusakan saat terkena debu.
Soal spek, Galaxy S9 bawa dukungan Infinity Display dengan rasio 18.5:9 seluas 5.8 inch dari Super AMOLED beresolusi 1440 x 2960 piksel dan didukung fitur HDR10. Berjalan di OS Android 8.0 Oreo, chipset yang digunakan untuk pasar Indonesia adalah Exynos 9810 Octa berpadu RAM 4GB dan tiga varian memori internal yakni 64/128/256 GB.

Itulah beberapa smartphone keren anti air terbaik di tahun 2018 ini. Bagaimana menurutmu? Berminat untuk memilikinya?

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments