4 Alasan Kenapa Profesi Guru Tetap Menjadi Pilihan Kaum Millennial

Ditengah kemajuan zaman dan teknologi seperti sekarang ini ada banyak peluang profesi baru yang menjanjikan pundi-pundi rupiah. Di dunia maya contohnya. Bagi yang hobi bergelut dengan media sosial bisa berpeluang menambah pendapatan dengan menjadi social media specialist, bagi yang hobi menulis bisa menjadi seorang blogger/publisher, yang hobi jualan bisa membuka toko online, reseller produk fashion, sampai yang tren sekarang adalah menjadi YouTuber... Kesemuanya itu menjanjikan penghasilan yang lumayan bagi yang serius menggelutinya. Memang tidak bisa dipungkiri dengan semakin berkembangnya fasilitas internet, mampu menciptakan banyak peluang berbagai macam usaha yang mampu menebalkan kantong.

Menjadi dokter, pilot, masinis, perawat, atau guru sepertinya kurang diminati. Anak-anak lebih memilih menjadi seorang YouTuber atau selebgram sebagai cita-citanya. Padahal, profesi sebagai seorang guru atau bergelut dalam dunia pendidikan juga ternyata bisa menjadi pilihan tepat. Berikut beberapa alasannya;

1. Tujuan yang Mulia
Guru secara harfiah bisa diartikan sebagai tenaga pendidik/ pengajar suatu disiplin ilmu. Dalam bahasa Indonesia guru merujuk dalam artian pendidik profesional dengan tugas, mengajar, mendidik, mengarahkan, membimbing, menilai, melatih dan mengevaluasi peserta didik.Sorang guru telah berkomitmen mengabdikan dirinya untuk mencerdasakan kehidupan bangsa. Hanya orang yang mempunyai kepedulian besar dengan pendidikan yang akan merasa terpanggil untuk mengabdikan diri menjadi guru. Tanggungjawab seorang gurupun tidaklah main-main. Selain sebagai pengajar, dan pembimbing, guru juga sebagai administrator yang bertanggungjawab dalam merencanakan dan melaksanakan pengajaran.

Selain itu guru juga harus mampu memberikan bantuan kepada siswa dalam pemecahan masalah yang dihadapi, merencanakan dan menuntun murid-murid melakukan kegiatan-kegiatan belajar dalam mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang diinginkan dan membangun kepribadian, watak, karakter, serta jasmaninya.

Seorang Guru akan mendapatkan tempat yang lebih terhormat di lingkungannya karena dari seorang gurulah masyarakat dapat memperoleh pengetahuan.

2. Menjadi Seorang yang Kreatif
"Guru jaman now" bukanlah guru yang membosankan lagi. Metode jadul yang melekat pada sekolah-sekolah bisa dihilangkan dengan kreativitas yang dimiliki. Didukung dengan teknologi dan trik belajar yang diciptakan maka akan dengan mudah materi dapat diserap para murid.

Seorang Guru harus dapat melakukan Pengembangan metode Kependidikan serta penelitian khusunya dibidang pendidikan. Dalam memberikan pelajaran dan pendidikan guru harus dapat memberikan materi dengan metode baru dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Sebagai contoh adalah bagaimana seorang guru dalam mengajarkan metode dan cara meningkatkan daya ingat otak dalam menerima pelajaran. Mengembangkan ilmu yang dikuasai merupakan tugas guru dan tenaga pendidik lainnya. Mungkin dalam era modern sekarang ini masih banyak yang tidak peduli mengenai hal ini, Guru harus dituntut untuk rajin belajar sebab  ilmu baru dan pengetahuan baru sebab ilmu pengetahuan semakin hari semakin berkembang dan seorang guru tidak mungkin memberikan pengajaran dan pendidikan terhadap murid dengan pengetahuan dan ilmu yang sudah using alias ketinggalan zaman.

3. Kehidupan yang Terjamin
Dengan status sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil), guru memiliki gaji yang bagus. Tetapi itu kembali lagi kepada status mereka. Selain gaji pokok tiap bulan, ada juga tunjangan lain yang bisa menambah tebal kantong. Harus diakui saat ini menjadi seorang guru bisa memiliki kehidupan yang lebih baik dan masa depan yang cerah.

4. Sosok yang Dikenal punya Visi Kedepan
Guru tetap menjadi calon pasangan idaman banyak orang. Betapa tidak, guru dikenal memiliki tanggungjawab, perhatian, disiplin, serta punya visi kedepan. Ini yang mungkin menjadi alasan kenapa guru menjadi calon pasangan yang ideal. Dalam kalimat yang lebih sederhana adalah "Kalau sama anak orang lain saja dididik dengan penuh kasih sayang, apalagi anaknya nanti... Heheh...

Tugas Seorang Guru
Tugas seorang guru dapat diartikan dalam arti luas sebagai berikut:

  1. Menciptakan suasana atau iklim proses pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk senantiasa belajar dengan baik dan bersemangat.
  2. Memiliki tugas yang beragam yang berimplementasi dalam bentuk pengabdian. Tugas tersebut meliputi bidang profesi, bidang kemanusiaan, dan bidang kemasyarakatan.
  3. Tugas guru sebagai profesi meliputi mendidik, mengajar dan melatih.
  4. Mengembangkan nilai-nilai hidup dan kehidupan.
  5. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  6. Mengembangkan keterampilan-keterampilan pada siswa.
  7. Sebagai orangtua kedua yang memiliki artian pengganti orang tua di lingkungan sekolah
  8. Merencanakan dan melaksanakan pengajaran

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments