Pengertian Penelitian Sosial

Pada hakikatnya suatu penelitian biasa digunakan untuk memecahkan masalah tertentu. Penelitian juga dapat digunakan sebagai sarana bagi ilmu pengetahuan untuk mengembangkan ilmu tersebut.

Misalnya penelitian di bidang kesehatan, penelitian tentang suatu penyakit, dan lain-lain. Terlebih dalam sosiologi, penelitian digunakan sebagai sarana pengungkapan kebenaran dalam masyarakat. Melalui penelitian sosiologis, kita mampu memecahkan masalah-masalah sosial yang terjadi, serta mampu memahami dan mengerti perilaku masyarakat secara keseluruhan.

Lantas, apa yang dimaksud dengan penelitian? Bagaimana hubungannya dengan penelitian sosial? Bagaimana manfaatnya bagi kehidupan masyarakat? Kesemua ini akan kita kaji bersama.

Pengertian Penelitian Sosial
Untuk memahami pengertian penelitian sosial, terlebih dahulu kita memahami makna dan arti penelitian itu sendiri. Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan penelitian? Istilah lain dari penelitian adalah riset. Riset diambil dari kata research yang berasal dari kata re (kembali) dan search (mencari), sehingga secara etimologis istilah penelitian diartikan sebagai ”mencari kembali”, yaitu mencari bukti-bukti baru yang dikembangkan menjadi teori untuk memperdalam dan memperluas ilmu tertentu.

Berikut beberapa pendapat mengenai definisi penelitian yang dikemukakan oleh para ahli.
  1. Menurut Suharjo Sukanto, penelitian merupakan suatu kegiatan ilmiah yang dilandaskan pada analisis dan kontruksi yang dilakukan secara metodologis, sistematis, dan konsisten yang bertujuan untuk mengungkapkan kebenaran sebagai salah satu manifestasi hasrat manusia untuk mengetahui apa yang sedang di hadapinya.
  2. Menurut MARZUKI, penelitian merupakan usaha untuk menumukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan yang dilakukan dengan menggunakan metode-metode ilmiah.
Setiap ilmuwan-ilmuwan baik eksakta maupun sosial melakukan penelitian didasari adanya rasa ingin tahu atau curiosity. Dengan rasa ingin tahu itulah mereka melakukan penelitian demi memperdalam dan memperluas ilmu yang digelutinya. Dengan kata lain, penelitian, merupakan suatu upaya sistematis melalui prosedur dan langkahlangkah tertentu untuk mencari jawaban atas suatu masalah.

Lantas apa itu penelitian sosial? Dalam penelitian sosial, masalah-masalah yang ingin diperoleh jawabannya adalah masalah-masalah yang berkaitan dengan kehidupan manusia di masyarakat.
Dengan demikian, penelitian sosial adalah suatu metode analisis situasi dan merumuskan pelbagai masalah sosial dengan maksud untuk menemukan aspek-aspek yang baru, memahami sebab musabab beserta interelasinya, mengoreksi, mengadakan verifikasi dan memperluas pengetahuan yang semuanya sangat diperlukan bagi pengembangan teori-teori dan tindakan-tindakan praktis.

Baca juga : Macam-macam Penelitian Sosial

Ciri-ciri penelitian sosial
  1. Sistematis artinya bahasan tersusun secara teratur, berurutan menurut sistem.
  2. Logis artinya sesuai dengan logika, masuk akal, benar menurut penalaran.
  3. Empiris artinya diperoleh dari pengalaman, penemuan, pengamatan.
  4. Metodis artinya berdasarkan metode yang kebenarannya diakui oleh penalaran.
  5. Umum artinya menggeneralisasi, meliputi keseluruhan tidak menyangkut yang khusus saja.
  6. Akumulatif artinya bertambah terus, makin berkembang, dinamis.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments