Contoh Pidato Tema Pendidikan

Saya masih ingat ketika kelas 2 SMP saya mendapat tugas untuk membuat pidato dan membacakannya. Kebetulan pada saat itu kegiatan kelas meeting mengadakan lomba pidato. Peristiwa itulah yang menjadi inspirasi bagi saya untuk menulis contoh pidato pada pos kali ini.

Secara garis besar, suatu teks pidato terdiri dari tiga bagian yaitu bagian pembuka, isi, dan penutup. Bagian pembuka dapat berisi salam, sapaan, serta ucapan syukur. Bagian isi tentu saja berupa materi yang akan disampaikan kepada pembaca. Bagian penutup pidato dapat berupa simpulan, anjuran, ucapan maaf bila ada kesalahan, serta salam penutup.

Selain bagian-bagian pidato, hal lain yang perlu diperhatikan dari pidato adalah metode dalam menampilkan pidato. Paling tidak ada empat macam metode pidato yang saya ketahui, yaitu metode impromtu, menghafal, naskah, serta metode ekstemporan. Metode impromtu adalah pidato yang dilakukan secara spontan tanpa melakukan persiapan sebelumnya. Metode menghafal adalah pidato dangan menyiapkan naskah pidato yang telah dihafalkan sebelumnya. Metode naskah adalah pidato dengan cara membaca naskah pidato yang telah ditulis sebelumnya. Sedangkan metode ekstemporan adalah pidato tanpa mempersiapkan naskah tapi mencatat hal-hal penting dan urutan-urutan pidatonya saja.

Berikut adalah contoh pidato yang berjudul "Dampak Positif dan Negatif Perkembangan Teknologi": Bagi anda yang membutuhkan atau merasa teks pidato ini bermanfaat silahkan mengcopinya, tetapi lakukan sedikit pengeitan agar lebih baik lagi.
Assalamualaikum... Wr. Wb...Bapak ibu guru yang saya hormati, dan teman-teman semua yang saya banggakan. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmatNya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat tanpa kekurangan suatu apapun. Solawat dan salam tidak lupa kita panjatkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW yang senantiasa kita harapkan syafaatnya di hari akhir nanti. Hadirin yang berbahagia, di era globalisasi seperti sekarang ini kita seakan semakin dimanjakan oleh teknologi yang semakin canggih, Internet seolah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan kita, dengan internet kita bisa mendapatkan informasi apapun yang kita butuhkan, teknologi ini sekarang semakin mudah diakses oleh siapapun baik tua ataupun muda.Kemudahan komunikasi yang kita dapatkan sangat membantu kehidupan sehari-hari kita, bahkan telah banyak orang yang menjadi kaya karena internet.

Namun sayangnya banyak pihak yang menyalahgunakan teknologi internet ini, contohnya saja semakin maraknya pornografi, penipuan, pembajakan, dan masih banyak lagi. Jejaring sosial seperti facebook, tweeter, instagram dan masih banyak lagi yang lain sebagai media untuk kita bersosialisasi dengan orang di seluruh belahan dunia kadang sering pula disalahgunakan. Internet juga menjadi salah satu gerbang masuknya budaya-budaya asing yang kadang tidak sesuai dengan budaya kita. Kita bisa lihat generasi muda kita yang sudah semakin teracuni oleh budaya barat yang sangat bertolak belakang dengan budaya Indonesia sebagai negeri timur yang sangat menjunjung tinggi norma kesopanan. Kita bisa lihat pemuda-pemuda kita yang sepertinya sangat bangga mengenakan pakaian-pakaian yang serba minim yang sebenarnya tidak sopan menurut budaya kita.

Oleh karena itu, hadirin yang saya hormati, kita harus pandai-pandai menyaring segala hal yang kita dapat di era globalisasi sekarang ini. Budaya asing sebenarnya tak semuanya buruk, namun kita harus bisa memilah mana yang baik dan mana yang buruk bagi kita. Akhir kata, saya ucapkan terimakasih atas perhatian hadirin. Saya mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang sesuai... Wassalamualaikum Wr.Wb
Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang Saya hormati Kepala Sekolah SD / SMP ....
Yang saya hormati guru-guru SD / SMP ....
Beserta seluruh murid SD / SMP .... yang berbahagia.

Pertama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Saw, karena atas limpahan rahmat-Nya kita dapat berkumpul pada siang ini dalam keadaan yang sehat.

Mungkin sudah banyak diantara hadirin yang paham mengenai pengertian globalisasi, atau mungkin masih ada yang belum memahaminya?

Kali ini saya ingin sedikit mengajak hadirin semua untuk mengingat kembali beberapa pola hidup yang mengakibatkan globalisasi. Apa pengaruhnya bagi kita semua dan bagaimana kita menghadapi pengaruhnya.

Globalisasi berasal dari kata global yang memiliki arti menyeluruh. Globalisasi berarti proses penyebaran unsur-unsur baru yang mencangkup informasi dari seluruh dunia melalui media cetak atau elektronik.

Globalisasi mempunyai pengaruh yang hampir meliputi semua aspek lini kehidupan.

Misalnya, dalam bidang transportasi. Ada begitu banyak kendaraan yang dapat kita jumpai di jalan raya setiap harinya. Transportasi ini membuat orang lebih mudah untuk melakukan aktivitas ataupun pekerjaannya.

Hal ini tentu berbanding terbalik dengan zaman dahulu yang untuk ke suatu tempat yang diinginkan, seseorang harus rela menempuh perjalanan dengan jalan kaki.

Selain transportasi, sistem telekomunikasi juga mempunyai dampak global dalam aspek kehidupan. Sebagai contohnya adalah handphone. Zaman canggih seperti sekarang ini, handphone nampaknya sudah tidak dapat dipisahkan lagi dengan kehidupan kita.

Internet adalah salah satu contoh lain dari pengaruh globalisasi tersebut. Baik yang sudah tua maupun yang muda semua berlomba untuk dapat menggunakannya. Bahkan, tidak sedikit dari generasi muda yang bisa menemukan penemuan terbaru hanya melalui internet.

Dampak globalisasi juga mempengaruhi dunia kuliner di indonesia. Perlahan namun pasti masyarakat kita sudah dapat menerima makanan-makanan yang berasal dari luar negeri. Misalnya pizza, hamburger, kebab, spaghetti, ramen dan lainnya.

Aspek berikutnya adalah fashion. Tampak jelas sekali berbagai jenis pakaian yang booming di luar negeri segera di ikuti masyarakat kita.

Bidang lain yang tidak kalah heboh adalah olahraga. Kita sekarang sudah bisa menyaksikan melalui channel televisi yang menyiarkan secara langsung pertandingan olahraga dimanapun berada.

Begitu banyak aspek yang mampu dipengaruhi globalisasi. Hal ini jelas sebagai bukti bahwa setiap masyarakat mampu merasakan pengaruhnya.

Beberapa aspek yang telah dijelaskan di atas, menandakan bahwasanya pengaruh global sudah hampir merasuk dalam seluruh lini aspek kehidupan.

Semua orang tentunya merasakan pengaruh yang terjadi akibat globalisasi. Untuk itu, sebagai masyarakat kita harus bisa memilah dan memilih globalisasi ini dengan hanya mengambil manfaat baiknya saja dan menghiraukan unsur negatifnya, sehingga budaya dari manapun yang akan masuk ke Indonesia dapat terfilter dengan baik.

Apabila hal ini dapat dilakukan oleh semua masyarakat, maka ciri khas kearifan budaya Nusantara ini akan dapat dijaga dan dipertahankan dengan baik.

Semoga apa yang saya sampaikan ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua. Harapan kita bersama, semoga pengaruh globalisasi ini tidak akan merusak keutuhan kita berbangsa dan bernegara. Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr Wb.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments