Cara Menentukan Ide Pokok Dalam Paragraf

Bacaan terdiri atas beberapa paragraf, setiap bacaan memuat inti masalah yang ingin disampaikan kepada pembaca. Isi bacaan terletak di paragraf pertama, kedua, ketiga, atau paragraf yang lainnya. Isi bacaan merupakan inti masalah yang dibahas dalam bacaan. Isi bacaan meliputi apa yang dibicaraan (apa), berkaitan dengan orang yang ada dalam pembicaraan (siapa), berkaitan dengan waktu (kapan), berkaitan dengan tempat (dimana), berkaitan dengan alasan (mengapa), dan berkaitan dengan uraian peristiwa (bagaimana).

Menjawab Pertanyaan Dengan Kata Tanya Apa, Siapa, Bagaimana atau Mengapa

1. Kata Tanya Apa
Kalimat tanya dengan kata tanya apa menanyakan benda, keadaan, atau perbuatan. Jawaban dari kata tanya apa berupa benda atau pengertian.

2. Kata Tanya Siapa
Kalimat tanya dengan kata tanya siapa menanyakan orang. Jawaban dari kata tanya ini berupa orang yang ditanyakan.

3. Kata Tanya Bagaimana
Kalimat tanya dengan kata tanya bagaimana menanyakan penjelasan tentang suatu hal. Jawaban dari kata tanya bagaimana berupa penjelasan atau uraian tentang hal yang ditanyakan.

4. Kata Tanya Mengapa
Kalimat tanya dengan kata tanya mengapa menanyakan alasan atau sebab timbulnya suatu masalah atau peristiwa dalam bacaan. Alasan yang dikemukakan dalam kalimat jawaban ditandai dengan adanya kata karena atau sebab.

Membuat Kalimat Tanya Sesuai Isi Paragraf

Membuat kalimat tanya menggunakan kata tanya apa, bagaimana, di mana, kapan dan mengapa. Jawaban dari kalimat tanya tersebut harus sesuai dengan isi paragraf

Ide Pokok Dalam Paragraf
Ide pokok disebut juga gagasan pokok atau gagasan utama. Ide pokok merupakan hal yang dibahas atau diungkapkan dalam bacaan. Ide pokok dapat terletak diawal paragraf (deduktif), di akhir paragraf (induktif) atau diawal dan diakhir paragraf (dduktif-induktif), atau bisa juga di seluruh paragraf. Paragraf terdiri atas sekumpulan kalimat yang saling berhubungan. Kalimat-kalimat tersebut membentuk suatu kesatuan ide pokok. Kita dapat menentukan kalimat sesuai dalam paragraf dengan cara membahasakan kembali isi paragraf dengan pernyataan yang lain.

Nah untuk lebih mendalami uraian diatas perhatikan bacaan berikut.
Arida, seorang anak kecil yang baru berusia lima tahun, suhu badannya panas sekali. Sesekali ia mengigau dan memanggil-manggil nama adiknya, Utri, yang baru berusia dua tahun. Ayah dan ibunya sabar menunggu anaknya yang sedang sakit. Semakin lama suhu badan Arida semakin tinggi. Hati ayah dan ibu Arida menjadi gelisah.

Arida dibawa ayah dan ibunya ke Dokter Agus untuk diperiksa. Dokter agus adalah dokter spesialis anak yang sudah lama dikenal oleh keluarga Arida. Dokter Agus segera memeriksa badan Arida. Mula-mula dokter memeriksa denyut nadi Arida, kemudian suhu badan, mata, telinga, dan tenggorokan dengan teliti. Dokter Agus menyarankan ayah dan ibu Arida agar Arida dibawa ke laboratorium untuk dites darahnya.

Sampel darah Arida dites di laboratorium. Hasil tes menyatakan bahwa Arida menderita penyakit demam berdarah. Arida harus dirawat inap di rumah sakit agar kondisi Arida dapat terjaga dan lekas sembuh.
Dari bacaan diatas, ada beberapa pertanyaan agar kita lebih mendalami materi.

1. Apa penyakit Arida?
Pertanyaan dengan kata tanya apa berarti menanyakan penyakit yang diderita Arida, dan jawaban pertanyaan tersebut dapat dibaca pada kalimat kedua paragraf ketiga dalam bacaan tersebut.

Kemudian 2. siapa yang menyarankan agar Arida dibawa ke laboratorium untuk dites darahnya
Kalimat tanya dengan kata tanya siapa berarti menanyakan orang. Jawaban dari kata tanya siapa berupa orang yang ditanyakan. Perhatikan paragraf kedua kalimat kelima yang menjelaskan Dokter Agus menyarankan ayah dan ibu Arida agar Arida dibawa ke laboratorium untuk dites darahnya.

3. Bagaimana perasaan ayah ibu Arida setelah suhu badan Arida sangat tinggi?
Kallimat tanya dengan kata tanya bagaimana menanyakan perasaan ayah dan ibu Arida setelah suhu badan Arida sangat tinggi. Kalimat tanya tersebut dapat dijawab dengan jawaban "ayah dan ibu Arida gelisah". Ini dapat dilihat pada kalimat terakhir paragraf pertama.

4. Mengapa Arida harus dirawat inap di rumah sakit?
Kata tanya mengapa menanyakan alasan atau sebab Arida harus dirawat inap di rumah sakit. Pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan jawaban "karena Arida menderita penyakit demam berdarah. Penyakit demam berdarah sangat berbahaya. Jika Arida dirawat inap di rumah sakit, kondisinya dapat terjaga dan lekas sembuh". Pernyataan tersebut dapat dicermati pada paragraf ketiga dalam bacaan.
Semoga bermanfaat...

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments