Pembahasan Materi Kelas 6, Tema 3, Subtema 1, Pembelajaran 5


Charles Babbage, Mengubah Dunia dengan Komputernya_Charles Babbage adalah seorang ahli Matematika. Beliau-lah penggagas utama dalam penemuan komputer. Mesin penghitung yang ia temukan (1791-1871) adalah kalkulator otomatis pertama. Babbage terkenal dengan julukan bapak komputer.

Babbage yang lahir pada 26 Desember 1792, mengeluhkan sistem perhitungan yang mengandalkan tabel matematika sehingga kerap terjadi kesalahan. Babbage ingin mengubah sistem perhitungan tersebut melalui sistem mekanik untuk menekan kemungkinan terjadinya kesalahan hitung. Gagasan tersebut dituangkannya dalam sebuah catatan yang diberi nama “note on the application of machinery to the computation of astronomical and mathematical tables”. Catatan yang dibuat pada tanggal 14 Juni 1822 ini berisi tentang semua konsep komputasi yang ada dalam benaknya.

Berdasarkan teks di atas, jawablah pertanyaan berikut.

1. Apa yang dilakukan oleh Charles Babbage?
Babbage ingin mengubah sistem perhitungan yang mengandalkan tabel matematika melalui sistem mekanik untuk menekan kemungkinan terjadinya kesalahan hitung.

2. Apa dampak penemuannya bagi dunia?
Dari penemuannya, perkembangan teknologi komputer semakin berkembang. Selain itu, mesin hitung yang memiliki pengaruh begitu besar di dunia, adalah merupakan sumbangan pikiran Babbage terhadap perkembangan komputer.

3. Apakah kamu, merasakan manfaat komputer saat ini. Manfaat apa yang kamu rasakan?
Dengan adanya komputer banyak pekerjaan yang dapat kita selesaikan dengan mudah, apabila dulu orang mengetik surat harus dengan mesin ketik, dan apabila ada kesalahan maka kertas tersebut akan di sobek dan di ketik ulang kembali, selain itu dengan adanya mesin ketik dokumen yang sudah diketik tidak dapat di edit ulang kembali, sementara dengan menggunakan komputer kita akan dapat mengetik dokumen, mengedit dan menyimpan dokumen tersebut dan dapat di edit berulang-ulang kali.

Tidak hanya sampai disitu, Dahulu fasilitas pendidikan hanya kita peroleh melalu sekolah saja, dan selain di sekolah informasi pendidikan dapat kita peroleh melalui media radio, televise, Koran, dan tempat-tempat yang khusus untuk belajar. Dari aplikasi yang kita sudah install.
  1. Setiap aplikasi yang kita sudah install pasti ada menu bantuanya (help) yaitu tutorial dengan cara menggunakan program atau pelatihan.
  2. Aplikasi yang kita sudah install akan dapat membuat kita akan menjadi ahli dalam beberapa bidang seperti : adobe photoshop, power point, autocad.
  3. Selain itu juga aplikasu yang kita install, apabila kita terhubung dengan internet kita dapat memeperoleh pendidikan atau ilmu pengetahuan seperti: sejarah, kebudayaan, matematika, sosial, biologi dll.
Charles Babbage, mengubah dunia dengan komputer temuannya. Mesin hitung yang ia temukan mengurangi terjadinya kesalahan hitung. Komputer yang ia temukan semakin berkembang dari waktu ke waktu. Tahukah kamu bagaimana perkembangan komputer hingga saat ini?
Bersama dengan temanmu, carilah informasi untuk melengkapi tokoh penemu dan dampak penemuannya bagi manusia, pada garis waktu di atas.

  1. 500 SM Alat hitung tradisional abacus. Penemu Abacus adalah Charles Babbage. Abacus adalah bahasa Inggris dari sempoa atau sipoa, sebuah alat hitung kuno terbuat dari kayu dan terdiri dari deretan manik-manik yang bisa digeserkan ke kiri dan ke kanan. Sempoa ini digunakan untuk melakukan operasi aritmetika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan akar kuadrat. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji­-bijian geser yang diatur pada sebuh rak. Abacus, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi.
  2. 1821, komputer pertama ditemukan. Tahun 1821 Babbage menciptakan Difference Engine, sebuah mesin yang dapat menyusun Tabel Matematika. Saat melengkapi mesin tersebut di tahun 1832, Babbage mendapatkan ide tentang mesin yang lebih baik, yang akan mampu menyelesaikan tidak hanya satu jenis namun berbagai jenis operasi aritmatika. Mesin ini dinamakan Analytical Engine (1856), yang dimaksudkan sebagai mesin pemanipulasi simbol umum, serta mempunyai beberapa karakteristik dari komputer modern. Diantaranya adalah penggunaan punched card, sebuah unit memori untuk memasukkan angka, dan berbagai elemen dasar komputer lainnya.
  3. 1939, komputer listrik dibuat. Pada tahun 1937-1939, John Vincent Atanasoff, seorang fisikawan Amerika di Iowa State College dibantu asistennya Clifford Berry mencoba membuat komputer listrik dengan menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit listrik. Atanasoff dan Berry berhasil membuat komputer listrik yang pertama yang disebut Atanasoff-Berry Computer atau ABC.Konsep atanasoff kemudian digunakan John W. Mauchly dan John Presper Eckert,Jr. Dalam pembuatan ENIAC(Electronic Numerical Integrator And Computer).
  4. Tahun 1971. Surat elektronik email adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet). Konsep email pertama kali dikemukakan oleh Ray Tomlinson pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson bereksperimen dengan program komputer yang bernama SNDMSG. Eksperimen Ray kemudian dilanjutkan dengan menghubungkan SNDMSG melalui file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG dapat mengirimkan pesan ke komputer lain" namun masih berada dalam satu jaringan ARPAnet. Eksperimen tersebut berhasil dan Itulah awal terciptanya email.
  5. Tahun 1973. Mouse merupakan ide dari Bill English. Pada tahun 1972 English dan Jack Hawley mendisain ulang mouse karya Engelbart dengan mengganti sistem dua gerigi roda dari logam kecil, dengan sebuah bola yang dapat berputar ke segala arah. Tombolnya pun ditambah menjadi dua. Keyboard pertama kali diciptakan oleh Christopher Latham Sholes. Pada saat sholes menciptakan mesin ketik, susunan hurufnya dibuat urut berdasarkan huruf latin, untuk memungkinkan mengetik dengan cepat sehingga tercipta urutan mengacak urutan abjad menjadi QWERTY . Akhirnya susunan pada mesin ketik inilah yang diturunkan pada keyboard sebagai input komputer dan pada tahun 1973 diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).
  6. 1975 Altair 8800 Altair 8800 merupakan home computer pertama yang tersedia di pasaran. Pada tahun 1975, harganya mencapai 400 dolar. Tahun 1977 Apple II Secara bersamaan muncul beberapa model PC untuk home user, antara lain Apple II, Tandy Radio Shack TRS- 80, dan Commodore. 1981 IBM 5150 Intel masuk ke pasar home computer dengan IBM 5150 yang berbasis pada sistem operasi Microsoft MSDOS. Ini menjadi awal dari kerja sama yang panjang menuju sebuah standar.
  7. Tahun 1983. Internet dimulai ketika Departemen Pertahanan Amerika Serikat membangun sebuah jaringan komputer di tahun 1969, yang diberi nama ARPANET (Advanced Research Project Agency NETwork). Pada tahun 1983 ARPANET mengadopsi protokol TCP/IP menjadi protokol standard untuk ARPANET yang merupakan cikal-bakal internet terbentuk. Pada tahun 1985 dibentuklah jaringan NFSNET (National Science Foundation NETwork) untuk menghubungkan supercomputer yang ada diberbagai universitas di Amerika dan disambungkan dengan ARPANET. Jaringan NSFNET dikembangkan terus oleh periset perguruan tinggi.
  8. 1994, dimulainya penggunaan internet oleh masyarakat. Penggunaan internet secara komersial dimulai pada 1994 dipelopori oleh perusahaan Pizza Hut, dan Internet Banking pertama kali diaplikasikan oleh First Virtual. Setahun kemudian, Compuserve, America Online, dan Prodigy mulai memberikan layanan akses ke Internet bagi masyarakat umum. Sementara itu, kita di Indonesia baru bisa menikmati layanan Internet komersial pada sekitar tahun 1994. Sebelumnya, beberapa perguruan tinggi seperti Universitas Indonesia telah terlebih dahulu tersambung dengan jaringan internet melalui gateway yang menghubungkan universitas dengan network di luar negeri.
Ayo Analisis!

1. Mengapa komputer terus berkembang?
Komputer berkembang pesat seiring dengan permasalahan di dunia yang semakin bertambah dan beragam. Masalah itu bisa dipecahkan dan dikerjakan dengan lebih cepat bila menggunakan komputer. Seperti di bidang matematika, fisika dan biologi. Banyak riset yang membutuhkan perhitungan matematis dan itu bisa semakin cepat dilakukan dengan adanya komputer.

2. Apa dampak perkembangan komputer bagi manusia?
Banyak sekali yang dapat kita manfaatkan dengan adanya komputer, seiring dengan perkembangannya komputer terus-menerus memberikan mafaatnya bagi keidupan, antara lain : 

1. Komputer Sebagai Sarana Manajemen 
Komputer snagat berguna bagi kehidupan. Bagi beberapa orang komputer dapat digunakan untuk mengatur kehidupan mereka. Contohnya bagi orang kantoran, komputer sangat dibutuhkan untuk mengatur tugas dan data-data mereka serta memanage waktu mereka. Bagi toko-toko dan rumah tangga, komputer sangat membantu dalm hal memanage pengeluaran dan pemasukan mereka. 

2. Komputer Sebagai Media Komunikasi 
Komputer sangat berguna sebagai media komunikasi. Dengan komputer para pengguna dapat mengakses berita secara on-line melaui media internet dari situs-situs yang tersedia. Para pengguna komputer juga dapat menggunakan media chatting melaui internet agar dapat berkomunikasi satu sama lain baik dengan tulisan maupun lisan secara langsung dengan visual yang tersedia ke berbagai pelosok dunia. 

3. Komputer Sebagai Media Informasi 
Disini komputer berperan sebagai media lahan informasi yang didapatkan melaui internet. Para pengguna dapat berbisnis, berdagang, promosi, dan bertransaksi cukup dengan menggunakan komputer tanpa bertatap muka. Bagi pelajar dan mahasiswa komputer sebagai sarana penunjang belajar serta mencari bahan belajar melalui internet. Begitu juga bagi para pengajar dan pendidik, komputer sangat berperan untuk meningkatkan kualitas guna mengetahui kemajuan bahan yang akan diajarkan dan refrensi lainnya. 

4. Komputer sebagai Sarana Hiburan 
Disisi lain komputer juga bermanfaat sebagi sarana hiburan. Para pengguna bisa menonton tv, memutar musik dan film serta memainkan aplikasi permainan yang tersedia sebagai hiburan. Selain itu komputer juga merupakan srana menyalurkan hobi para pengguna dengan tersedianya berbagai aplikasi software untuk menyalurkannya. Contohnya mengedit gambar atau film, membuat gambar atau film, menulis cerita atau novel dan lain sebagainya yang tenyunya juga dapat mengembangkan bakat para penggunanya. 

5. Komputer Sebagai Media Lapangan Kerja 
Hal ini terbukti dengan banyaknya kantor dan perusahaan yang mencari karyawan yang mahir menggunakan komputer. Seiring berkembangnya zaman, maka semakin dibutuhkannya seseorang yang mahir dengan teknologi, diantaranya teknologi komputer. 

3. Apa yang terjadi jika komputer tidak ditemukan?
Jika komputer tidak ditemukan mungkin kemajuan teknologi tidak akan seperti sekarang ini. Selain itu, manusia tidak akan bisa merancang/membuat alat yang canggih, modern, seperti pesawat terbang, alat telekomunikasi telephone, dan akan kesulitan informasi media telekomunikasi.

4. Menurutmu komputer seperti apa yang akan tercipta di masa depan? Gambarlah dan deskripsikan.
Model dari komputer ini adalah model pena. Komputer ini disebut P-ISM.  P-ISM ini adalah paket komputer pena yang mencakup 5 fungsi yaitu :
  1. Ponsel bergaya pena dengan cara input data menggunakan tulisan tangan
  2. virtual keyboard
  3. proyektor kecil
  4. Camera Scanned
  5. Personal ID password yang berfungsi sebagai identitas pemilik
P-ISM terhubung satu sama lain dengan technology wireless yang berdekatan. model ini juga bisa tersambung dengan internet menggunakan fungsi telepon selular pada P-ISM ini.. Gadget personal ini bergaya pena minimalis yang mempunyai fitur yang Luar biasa Lengkap.

Charles Babbage, mengubah dunia dengan komputer buatannya. Saat ini manusia di dunia menggunakan komputer untuk membantu pekerjaan mereka. Selain digunakan sebagai alat hitung, komputer juga bisa digunakan untuk menggambar berbagai bentuk, misalkan poligon.

Ayo Berlatih!

Perhatikan dua bentuk poligon berikut, dan jawab pertanyaan berikut.
a. Bagaimana panjang sisi setiap bangun tersebut?
Panjang keempat sisi persegi dan belah ketupat diatas sama panjang.

b. Bagaimana besar sudut setiap bangun tersebut?
Untuk bangun persegi, besar sudutnya sama besar, sedangkan pada bangun belah ketupat sudut yang berhadapan sama besar.

c. Apakah persegi bisa dikatakan sebagai belah ketupat? Mengapa? Berikan alasannya!
Persegi dapat dikatakan sebagai belah ketupat karena keempat sisinya sama panjang dan sudut yang berhadapan sama besar.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments