Pemabahasan Materi Kelas 6, Tema 3, Subtema 1, Pembelajaran 3

Jika kita mengamati kendaraan yang melintas di jalan, ada mobil, sepeda motor, sepeda, delman, becak, dan lain sebagainya, kita kita akan menemukan benda berbentuk lingkaran yang bernama roda. Apa itu roda? Roda adalah benda berbentuk lingkaran, yang bersama dengan sumbu, dapat menghasilkan suatu gerakan dengan gesekan kecil dengan cara bergulir. Lalu Bagaimana penemuan
roda mempengaruhi kehidupan di dunia? Ayo, kita cari tahu.
Ayo Amati!
Diskusikan bersama temanmu tentang manfaat roda dalam kehidupan manusia sehari-hari.
  • Dalam kehidupan sehari-hari roda memiliki manfaat yang besar. Dengan penemuan roda ini dapat mempermudah pekerjaan manusia khususnya ketika membawa suatu barang. Selain itu roda juga menjadi komponen yang sangat penting untuk dapat melajunya sebuah kendaraan. Dengan adanya roda, dapat menghemat waktu dalam distribusi barang ataupun mobilitas manusia, dengan demikian maka perekonomian di suatu daerah menjadi semakin maju dan berkembang.
Kesimpulan: “Roda memiliki banyak manfaat dalam mempermudah kehidupan manusia.”

Sekarang, tuliskan sebanyak mungkin contoh kendaraan yang menggunakan roda dan beragam benda lain (bukan alat transportasi) yang menggunakan roda untuk dapat bekerja.

Alat transportasiPeralatan dalam Kehidupan
MobilKursi roda
Sepeda motorSepatu roda
BecakTroli belanja
SepedaSpeda statis untuk fitnes
DelmanGerobak sorong/angkong
Kereta apiKerekan sumur

Tahukah Kamu?
Bagaimana sejarah ditemukannya roda? Yuk, kita cermati informasi berikut!

Penemuan Roda dan Pengaruhnya pada Dunia

Perhatikan semua benda di sekeliling kita, adakah yang memiliki roda? Banyak sekali mesin, peralatan, alat transportasi, dan benda buatan manusia yang menjalankan fungsinya dengan menggunakan roda. Roda merupakan salah satu penemuan terbesar manusia yang membuat semua pekerjaan menjadi lebih mudah.

Berkat penemuan roda, jarak antartempat di berbagai belahan dunia dapat ditempuh dengan lebih mudah dan lebih cepat. Pengaruh roda sangat terasa terhadap perkembangan ekonomi masyarakat dunia, karena pendistribusian barang-barang perdagangan menjadi lebih cepat dan mudah.

Awalnya roda dibuat oleh ahli dengan menggunakan mesin pemintal. Artefak roda paling tua berasal dari Mesopotamia yang digunakan untuk kendaraan sekitar tahun 3000 SM. Kemudian muncul juga di Cina, Arab, Eropa dan belahan dunia lainnya. Perkembangan roda dimulai dari bentuk sederhana berupa balok kayu yang digulingkan, kemudian diubah menjadi potongan melintang balok kayu, roda bundar utuh dengan pasak di tengahnya, hingga roda berjari-jari. Bagian tengah roda kemudian diganti besi sehingga roda menjadi semakin kuat.

Seiring dengan perkembangan zaman, roda terus mengalami perbaikan. Charles Goodyear pada tahun 1839 berhasil menciptakan roda terbuat dari karet yang lebih tahan goncangan dan lebih kuat terhadap gesekan permukaan jalan. Kita mengenalnya dengan istilah ban. Pada tahun 1845, Thomson dan Dunlop menciptakan ban yang berisi udara. Pada perkembangannya, saat ini roda mempunyai banyak ukuran dan jenis, ada yang terbuat dari besi, kayu, karet atau gabungan dari beberapa jenis bahan yang disesuaikan dengan fungsinya.

Setelah kamu membaca teks tersebut, jawablah pertanyaan berikut.

a. Bagaimana pengaruh roda terhadap kehidupan manusia di dunia?
  • Pengaruh roda terhadap kehidupan manusia di dunia sangatlah besar. Roda sebagai alat transportasi, dengan adanya roda, mobilitas manusia semakin cepat dan mudah dalam melakukan perjalanan ke berbagai tempat di seluruh penjuru dunia. 
b. Apa jasa Goodyear dan Dunlop terhadap kehidupan di dunia? Bagaimana pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia?
  • Jasa Goodyear dan Dunlop terhadap kehidupan bangsa di dunia pada umumnya dan kehidupan rakyat Indonesia pada khususnya adalah mempermudah transportasi dari satu kota ke kota lain atau bahkan dari satu pulau ke pulau lain
Analisis garis waktu sejarah perkembangan roda berikut ini:

  • Berdasarkan garis waktu di atas, lakukan diskusi dan analisis pengaruh roda terhadap perkembangan kehidupan masyarakat di lingkunganmu dalam aspek: sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya. Carilah informasi dari berbagai sumber yang ada.
  • Tuliskan pada tabel yang tersedia dan buatlah kesimpulannya.

AspekSebelum ditemukan roda
(dulu)
Setelah ditemukan Roda
(sekarang)
SosialMobilitas atau perpindahan
orang terhambat
Orang dapat pergi ke berbagai
tembat dengan mudah dan cepat
EkonomiKesulitan mendistribusikan
atau mengirimkan hasil produksi
Pendistribusian barang hasil produksi
menjadi lebih mudah bahkan skala internasional
(ekspor-impor)
PendidikanAnak usia sekolah kesulitan
menjangkau sekolah yang jauh
Setiap anak mampu bersekolah karena
adanya kemudahan sarana transportasi.
BudayaTidak adanya percampuran budayaAdanya percampuran budaya sehingga
memperkaya budaya lokal di daerah.

Kesimpulannya adalah; Segala aspek kehidupan mulai dari aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya mampu mengalami perkembangan dengan adanya atau dengan ditemukannya roda.

Tahukah kamu bahwa roda ternyata juga digunakan dalam mesin penghitung waktu dan kecepatan seperti stopwatch dan jam?

Ayo Lakukan!
Tahukah kamu untuk meningkatkan kebugaran jasmani kamu dapat melakukan latihan kekuatan, misalkan push up, pool up dan sit up.
Kali ini kamu akan mencoba melakukan Push Up.
Awali kegiatan dengan do’a bersama.

Kamu akan berlatih lima gerakan untuk melatih kebugaran:
1. Gerobak dorong secara berpasangan.
2. Push Up.

Latihan Kebugaran Jasmani melalui Permainan
Otot-otot tubuh perlu dilatih agar kuat. Berikut ini beberapa permainan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kebugaran tubuh.

  • Gerobak dorong dan Push Up adalah latihan untuk menguatkan otot bahu.
  • Push Up pada anak perempuan bisa dilakukan dengan tumpuan pada lutut, sehingga tidak akan terlalu berat untuk dilakukan.
Bayangkan seandainya Tuhan tidak memberi karunia akal dan kecerdasan pada para penemu, apa yang akan terjadi?

Ayo Cari Tahu!
Penemuan roda oleh Charles Goodyear membawa perubahan dan manfaat bagi besar dunia. Bagaimanakah bentuk roda? Apakah roda termasuk ke dalam poligon?
Poligon berasal dari kata polygon yang berarti poly : banyak dan gon(gone) : titik. Poligon adalah serangkaian titik-titik yang dihubungkan dengan garis lurus sehingga titik-titik tersebut membentuk sebuah rangkaian (jaringan) titik. Berdasarkan bentuknya poligon dibedakan menjadi poligon beraturan dan poligon tidak beraturan. Sedangkan berdasarkan besar sudutnya poligon dibedakan menjadi poligon convex dan poligon concave. Bagaimana dengan roda? Bentuk roda adalah lingakaran, jadi roda tidak termasuk bangun poligon.

Seperti disebutkan diatas, bahwa Poligon dibedakan menjdi poligon beraturan dan poligon tidak beraturan. Poligon beraturan mempunyai seluruh sisi dan sudut yang sama besar. Poligon Tidak Beraturan mempunyai panjang sisi dan besar sudut yang tidak sama.

Sekarang amatilah bentuk poligon berikut.

Bersama dengan kelompokmu, kelompokkan gambar poligon tersebut, manakah yang termasuk poligon beraturan dan tidak beraturan?
Poligon Convex mempunyai setiap sudut yang kurang dari 180°. Perhatikan gambar berikut.
Poligon Concave mempunyai salah satu sudutnya lebih besar dari 180°. Perhatikan gambar berikut.
Buatlah diagram frayer untuk poligon concave.
Buatlah diagram frayer untuk poligon convex.

Ayo Renungkan!

  • Apa yang sudah kamu pelajari hari ini?
  • Bayangkanlah seandainya saat ini belum ada penemuan roda. Bagaimana kehidupanmu?
  • Coba ingat-ingat sikap belajarmu hari ini. Sudahkah kamu menunjukkan tanggung jawab, kepercayaan diri, kejujuran, sportivitas, serta kreativitas saat melakukan kegiatan hari ini?

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments