Bagaimana Listrik Sampai Kerumah Kita

Jik kita memperhatikan lingkungan sekitar, benda-benda di sekitar kita sebagian besar menggunakan energi listrik. Alat rumah tangga, kantor, pabrik hingga industri besar semuanya memakai alat-alat yang menggunakan energi listrik. Mulai dari yang paling sederhana hingga paling rumit, semua memanfaatkan energi listrik. Ada banyak manfaat listrik yang mempermudah kehidupan manusia.

Manfaat alat-alat yang menggunakan energi listrik bagi kehidupan, antara lain:

a. Bel listrik
Bel listrik dipasang di pintu rumah atau pintu gerbang. Fungsinya untuk mengetahui adanya tamu, sebagai tanda masuk, dan istirahat di sekolah.

b. Alarm
Alarm dipasang di gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, dan penyimpanan barang-barang berharga. Fungsinyauntuk mengetahui adanya bahaya, seperti pencurian, kebakaran, dan lain-lain.

c. Kipas angin
Kipas angin dapat berputar karena ada energi listrik. Kipas angin berfungsi untuk membuat angin buatan, sehingga ruangan menjadi sejuk.

d. Televisi dan radio
Televisi dan radio merupakan sumber informasi dan hiburan. Televisi dan radio dapat berfungsi karena ada energi listrik yang mengalirinya. Listrik memberikan tenaga untuk menghidupkan televisi
dan radio.

e. Kulkas
Kulkas berfungsi untuk menyegarkan dan mengawetkan makanan. Kulkas lebih dikenal dengan istilah lemari es. Selain contoh di atas, masih banyak alat-alat yang kerjanya menggunakan energi listrik. Misalnya AC, mesin cuci, mesin fotokopi, komputer, dan lain-lain.

Amatilah gambar di bawah ini.
Dari gambar rumah edo diatas, benda-benda yang menggunakan listrik diantaranya;

  1. Televisi
  2. Radio
  3. Kipas angin
  4. Lampu
Apa manfaat listrik untuk Edo?

1. Televisi
Televisi merupakan media elektronik audio visual sebagai sumber berita dan cakrawala dunia, informasi dan hiburan. Manfaatnya untuk Edo diantaranya;

  • Edo mendapatkan informasi dan berita penting dari televisi
  • Edo memperoleh banyak pengetahuan
  • Edo mendapatkan hiburan dari acara televisi
2. Radio
Radio menjadi media elektronik audio sebagai sumber berita dan cakrawala dunia, informasi dan hiburan. Manfaatnya untuk Edo diantaranya;
  • Edo mendapatkan informasi dan berita penting dari suara radio
  • Edo memperoleh banyak pengetahuan dari suara radio
  • Edo mendapatkan hiburan dari suara radio
3. Kipas Angin
Kipas angin menghasilkan angin untuk mendinginkan udara ruangan, menyegarkan saat udara panas, sebagai exhaust fan serta alat pengering. Manfaatnya untuk Edo diantaranya;
  • Ruangan Edo akan terasa dingin dan segar pada saat udara panas dengan menyalakan kipas angin.
  • Edo dapat memfaatkan kipas angin untuk mengeringkan pakaian saat cuaca hujan, mendung, atau tidak ada panas matahari.
4. Lampu
Adanya lampu listrik akan menerangi ruangan atau halaman rumah saat gelap atau malam hari. Manfaatnya untuk Edo diantaranya;
  • Nyala lampu listrik di malam hari akan menambah tingkat keamanan rumah Edo.
  • Terang lampu membantu Edo melakukan aktifitas mala seperti belajar, bermain dll
  • Edo dapat melihat lebih jelas ruangan atau halaman saat gelap.
Sekarang, coba kamu amati di sekitarmu. Tulislah manfaat listrik yang kamu rasakan.
  1. Sebagai Sumber Energi. Tenaga listrik merupakan sumber energi yang sangat penting bagi kehidupan manusia baik untuk kegiatan industri, kegiatan komersial maupun dalam kehidupan sehari-hari rumah tangga. Energi listrik dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan penerangan dan juga proses produksi yang melibatkan barang-barang elektronik dan alat-alat/mesin industri. Energi listrik dijadikan sebagai sumber energi karena listrik bisa dijadikan sebagai penghasil energi bagi peralatan lainnya. Misalnya saja adalah sumber energi untuk menghidupkan berbagai macam peralatan rumah tangga dan juga peralatan elektronik lainnya.
  2. Penghasil Panas. Energi listrik bisa dapat diubah menjadi energi panas. Dengan panas yang dihasilkan ini dapat digunakan dan juga dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Peralatan yang mengubah energi listrik menjadi energi panas diantaranya adalah setrika listrik, oven listrik, pengering rambut, solder, dan masih banyak lainnya.
  3. Penghasil Gerak. Energi listrik yang ada di dalam kehidupan ini juga bisa diubah menjadi energi gerak. Banyak peralatan rumah tangga yang membutuhkan listrik. Energi listrik yang diubah menjadi energi gerak bisa digunakan untuk menggerakkan motor, mobil, kipas angin , blender dan masih banyak lagi lainnya.
  4. Sebagai sumber penerangan. Pada saat malam hari ketika sinar matahari tidak ada,  Energi listrik bisa dijadikan sebagai sumber penerangan. Energi listrik bisa digunakan untuk menyalakan lampu. Dengan lampu listrik kita dapat belajar dengan baik. Bayangkan jaman dulu ketika belum ada listrik. Sumber penerangan hanya menggunakan lampu minyak tanah. Selain sinarnya kurang terang harga minyak tanah mahal harganya, sehingga pada saat kegiatan belajar terganggu.
  5. Untuk sarana hiburan. Sarana hiburan yang biasa kita gunakan sebagian memanfaatkan energi listrik. Sarana hiburan yang ada di rumah misalnya televisi, radio, tape recorder, dan CD player menggunakan energi listrik untuk menjalankannya.. 
Begitu banyak manfaat listrik bagi kehidupan kita. Dengan listrik kita dapat menonton telivisi, mendengarkan radio, menyalakan lampu, dan lain-lain. Kalian pasti juga pernah mengalami pemadaman listrik. Apa yang kalian rasakan saat itu?
  • Saat terjadi pemadaman listrik, banyak sekali aktifitas yang terhambat. Pekerjaan yang menggunakan litrik akan terhenti, transpotasi massal seperti Kereta Rel Listrik (KRL) akan berhenti beroperasi, tertundanya jadwal penerbangan, dan masih banyak lagi gangguan lain. Kegiatan perekonomian, pendidikan, dan bidang vital lainnya akan terganggu. Dan tentu akan sangat menjengkelkan jika mengalami pemadaman tersebut. 
Tahukah Kamu?
Tahukah kamu bahwa listrik yang saat ini kita rasakan banyak sekali manfaatnya ditemukan pertama oleh Nikola Tesla. Siapakah Nikola Tesla? Bagaimana ia menemukan listrik?
Nikola Tesla
Nikola Tesla seorang berkebangsaan Yugoslavia, adalah penemu sistem pembangkit dan transmisi listrik pada tahun 1895. Sejak kecil Nikola memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang berbagai hal. Ia sangat menyukai matematika dan fisika. Ia pernah bekerjasama dengan Thomas Alva Edison dan merancang 24 jenis dinamo. Setelah Michael Faraday menemukan energi listrik, Nikola mengembangkan penemuan tersebut dengan membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) pertama di dunia. PLTA tersebut memanfaatkan air terjun Niagara di Amerika. Maka sejak saat itu listrik pun menerangi dunia hingga sekarang.
Jawablah pertanyaan berikut!
1. Berdasarkan teks tersebut, hal apa saja yang dilakukan oleh Nikola Tesla?
Nikola Tesla menemukan sistem pembangkit dan transmisi listrik.

2. Bagaimana penemuan Nikola Tesla tersebut mampu mengubah kehidupan warga dunia? Jelaskan dengan singkat.
Setelah Michael Faraday memembangun menemukan energi listrik Nikola Tesla mengembangkan penemuan tersebut dengan PLTA sehingga sejak saat itu listrik menerangi dunia hinga sekarang.

3. Menurutmu, apa yang akan terjadi dengan kehidupan di dunia saat ini, jika Nikola Tesla tidak menemukan pembangkit listrik. Tuliskan dalam satu paragraf sederhana!
Ditemukannya sistem pembangkit dan transmisi listrik oleh Nicola Tesla menjadikan kita dapat menikmati listrik hingga saat ini. Tanpa ditemukannya sistem pembangkit dan transmisi listrik dapat dipastikan kehidupan kita tidak akan seperti saat ini. Dengan penemuan sistem pembangkit dan transmisi listrik inilah ilmu pengetahuan dan teknologi semakin dan terus berkembang sampai tercipta banyak alat yang memudahkan pekerjaan manusia. Hal ini berdapak pada peningkatan kesejahteraan manusia.

4. Nikola Tesla adalah tokoh yang pertama kali membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) pertama di dunia hingga listrik dapat menerangi dunia. Tahukah kamu bagaimana proses hingga listrik itu dapat sampai ke rumah mu?

Tahap I
Di Pembangkit Listrik 
Di pusat pembangkit listrik, terjadi proses perubahan energi menjadi energi listrik. Turbin dan generator merupakan komponen utama dalam beberapa jenis pembangkit listrik. Contohnya di PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). Energi kinetik yang dihasilkan oleh aliran air diubah menjadi energi listrik oleh generator.

Tahap 2
Di Transformator Penaik Tegangan 
Di sini energi listrik dinaikkan tegangannya hingga 500 kV oleh generator. Hal ini diperlukan agar arus listrik yang mengalir di saluran tidak terlalu tinggi. Dengan demikian perpindahan arus listrik berlangsung secara efektif dan efisien.

Tahap 3
Di Gardu Induk 
Melalui SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi), listrik dialirkan
ke Gardu Induk. Di sini tegangan listrik diturunkan menjadi tegangan menengah 20 kV oleh transformator penurun tegangan.

Tahap 4
Di Gardu Distribusi 
Di sini, energi listrik kembali diturunkan lagi tegangannya menjadi
tegangan rendah 220 Volt. Tegangan listrik sebesar ini sudah sesuai dengan kebutuhan di
rumah. Setelah itu, energi listrik dialirkan ke rumah-rumah dan industri melalui jaringan distribusi.

Tahap 5
Di Rumah
Nah, energi listrik sudah sampai di rumahmu. Kamu dapat memanfaatkannya untuk menonton TV, mendinginkan lemari es, menyerika, penerang ruangan, dan lain-lain. Perjalanan yang panjang, dan tentunya membutuhkan biaya yang juga besar. Itulah mengapa, kalian harus bijak dan hemat dalam pemakaian listrik.
Berdasarkan teks yang kamu baca jawablah pertanyaan berikut.
Jelaskan proses transmisi dan distribusi listrik sehingga sampai di rumahmu.

  1. Awalnya Tenaga listrik dibangkitkan dari pusat-pusat pembangkit tenaga listrik.
  2. Tenaga listrik yang dihasilkan dari pusat lisrik, tegangannya dinaikkan oleh Trafo Step Up yang ada di setiap gardu induk. Tujuan penaikan tegangan ini untuk memperbesar daya hantar listrik. 
  3. Setelah tegangan dinaikkan kemudian disalurkan melalui transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) dan/atau Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) menuju Gardu Induk (GI) untuk diturunkan tegangannya kembali menjadi tegangan menengah. 
  4. Setelah tegangan dari tenaga listrik yang dihasilkan diturunkan menjadi tegangan menengah 20 kV maka kemudian disalurkan ke saluran distribusi atau dalam istilah Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM), yang kemudian dari SUTM menuju Trafo distribusi untuk diturunkan kembali tegangannya menjadi 220 V.
  5. Setelah tegangan menurun menjadi 220 volt listrik dibagikan ke setiap konsumen rumah tangga melalui Saluran Udara Tegangan Rendah (SUTR) hingga kita semua bisa menyalakan TV, Radio, AC dan lainnya.
Apa manfaat SUTET?
Manfaat SUTET adalah untuk menyalurkan energi listrik dari pusat pusat pembangkit listrik menuju pusat pusat Beban atau Konsumen yang berjarak ratusan kilometer dengan cara yang Efisien. 

Proses apa yang terjadi pada bagian pembangkit tenaga listrik?
Proses yang terjadi pada bagian pembangkit tenaga listrik adalah proses perubahan energi mekanik menjadi energi listrik. Pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), energi mekanik dari air akan menggerakkan atau memutar turbin yang dihubungkan dengan generator, selanjutnya dengan sistem pengaturannya generator tersebut akan menghasilkan daya listrik.


Ayo Berdiskusi
Teks yang kamu baca tadi adalah teks eksplanasi ilmiah. Bersama dengan kelompokmu, diskusikanlah apa saja ciri-ciri teks eksplanasi ilmiah berdasarkan teks yang telah kamu baca tadi.

Pengertian Teks Penjelasan (Eksplanasi)
Teks eksplanasi adalah teks yang dibuat untuk menjelaskan proses terjadinya suatu fenomena atau peristiwa, baik fenomena alam maupun sosial secara ilmiah.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi:
Strukturnya terdiri atas:
  • Pernyataan Umum: merupakan gambaran awal tentang apa yang disampaikan dengan pernyataan yang bersifat umum
  • Deretan penjelasan (eksplanasi): merupakan inti penjelasan apa yang disampaikan
  • Interpretasi: berisi pandangan atau simpulan penulis bersifat pilihan, boleh ada atau boleh juga tidak ada.
  • Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual)
Contoh Teks Eksplanasi:
Pernyataan Umum
Transmisi dan distribusi adalah proses hantaran listrik yang berawal dari stasiun pembangkit listrik. Energi listrik dibangkitkan dengan memanfaatkan beragam sumber daya alam seperti aliran air sungai atau air terjun, panas bumi, angin, atau gas alam.

Deretan penjelasan(eksplanasi)
Saat energi listrik dibangkitkan, Energi listrik tersebut kemudian dinaikkan tegangannya oleh transformator penaik tegangan hingga 500 kV, agar arus listrik yang mengalir disaluran tidak terlalu tinggi. Sehingga efektif dan efisien. Energi listrik kemudian disalurkan melalui SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi) ke gardu induk. Di gardu induk energi listrik diturunkan tegangannya oleh transformator penurun tegangan menjadi tegangan menengah 20 kV. Kemudian energi listrik disalurkan ke gardu-gardu distribusi dan diturunkan kembali tegangannya dalam gardu distribusi menjadi tegangan rendah 220 Volt. Tegangan sebesar ini sudah sesuai dengan kebutuhan di rumah.

Interpretasi.
Saat ini sistim transmisi menggunakan SUTET masih merupakan pilihan yang digunakan di sebagian besar wilayah Indonesia. Karena selain murah juga lebih mudah menjangkau berbagai wilayah di Indonesia. Tetapi saat ini banyak keluhan dari warga yang rumahnya berada di sekitar jaringan SUTET. Keluhan yang sering dirasakan warga antara lain sakit kepala, kejutan aliran listrik ringan, selain juga dampak secara psikis karena kekhawatiran akan jaringan yang putus atau tiang roboh karena bencana alam.

Ayo Membuat Laporan!
Tulislah semua informasi tentang proses transmisi dan proses distribusi listrik dalam bentuk teks eksplanasi. Perhatikan hal-hal berikut:
  • Tuliskan informasi hasil pengamatan tentang proses transmisi dan distribusi listrik hingga sampai di sekolahmu.
  • Tuliskan fakta manfaat listrik yang kamu rasakan di sekolah, di rumah, dan di lingkungan sekitarmu.
  • Perhatikan penggunaan kosakata, huruf besar, tanda baca, dan kerapian tulisan.
Perhatikan kriteria yang harus ada dalam teks eksplanasi.

Pengertian Teks Penjelasan (Eksplanasi).
Teks eksplanasi adalah teks yang dibuat untuk menjelaskan proses terjadinya suatu fenomena atau peristiwa, baik fenomena alam maupun sosial secara ilmiah.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi:
• Strukturnya terdiri atas:
  1. Pernyataan Umum: merupakan gambaran awal tentang apa yang disampaikan dengan pernyataan yang bersifat umum;
  2. Deretan penjelasan (eksplanasi): merupakan inti penjelasan apa yang disampaikan;
  3. Interpretasi: berisi pandangan atau simpulan penulis bersifat opsional, boleh ada atau boleh juga tidak ada.
• Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual).

Ayo Analisis!
Identifikasi dan tuliskan kembali setiap bagian dari peralatan listrik pada proses transmisi dan distribusi listrik pada gambar di bawah ini.
1. Tuliskan nama dan fungsi dari bagian yang diberi nomor pada tabel berikut.

No.NamaFungsi
1Pusat pembangkit energi
listrik.
Tempat proses perubahan energi
gerak dari sumber daya alam menjadi
energi listrik.
2Saluran penghantar.Menyalurkan energi listrik ke
transformator penaik tegangan.
3Transformator penaik
tegangan.
Menaikkan tegangan listrik.
4Jaringan transmisi tiang
Sutet
Saluran transmisi, menyalurkan energi
listrik tegangan tinggi.
5Transformator penurun
tegangan
Menurunkan tegangan sebelum
didistribusikan ke gardu-gardu di
berbagai wilayah.
6Jaringan distribusiMenyalurkan energi listrik
bertegangan rendah dari gardu ke
rumah-rumah warga.
7Kotak listrik di rumahBerfungsi untuk menyalurkan energi listrik
ke bagian-bagian dalam rumah

2. Nomor berapakah yang merupakan bagian dari proses transmisi?
Proses transmisi yaitu nomor 4.

3. Apakah yang dimaksud dengan proses transmisi?
Proses transmisi yaitu jaringan untuk menyalurkan energi listrik tegangan tinggi dari pusat pembangkit listrik ke gardu-gardu induk.

4. Nomor berapakah yang merupakan bagian dari proses distribusi?
Proses distribusi yaitu nomor 6.

5. Apakah yang dimaksud dengan proses distribusi?
Proses distribusi yaitu jaringan untuk menyalurkan energi listrik bertegangan rendah dari gardu induk ke rumah-rumah warga.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments