Bagaimana Membangun Masyarakat Sehat

Membangun masyarakat bersih dan sehat adalah tanggung jawab kita bersama. Kita bisa memulai dari hal kecil yang dekat dengan kehidupan kita. Lakukan sekarang juga apa yang kita mampu. Hidup bersih dan sehat atau dikenal dengan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat. PHBS jumlahnya banyak sekali, bisa ratusan. Misalnya tentang Gizi: makan beraneka ragam makanan, minum Tablet Tambah Darah, mengkonsumsi garam beryodium, memberi bayi dan balita Kapsul Vitamin A. Tentang kesehatan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, membersihkan lingkungan.

Menurut Hendrik L. Blum, derajat kesehatan dipengaruhi 4 faktor yaitu faktor lingkungan, perilaku masyarakat, pelayanan kesehatan, dan keturunan. Faktor lingkungan inilah yang paling besar menentukan status kesehatan.

Lalu siapa saja yang dapat melakukan PHBS dan dimana saja PHBS itu bisa dilakukan? Pada dasarnya semua bisa melakukan yang namanya PHBS ini, baik anak-anak, remaja, orang dewasa, dan bahkan lansia pun dapat melakukannya, dengan kata lain PHBS ini tidak pandang umur dan tidak mengenal batasa. Kita bisa melakukan Hidup Bersih Dan Sehat di mana saja.

Manfaat yang dapat kita rasakan dari PHBS ini diantaranya;

  1. Masyarakat dapat mengupayakan lingkungan sehat
  2. Masyarakat mampu mencegah dan menanggulangi masalah-masalah kesehatan
  3. Masyarakat dapat memanfaatkan pelayanan kesehatan yang ada
  4. Masyarakat mampu mengembangkan Upaya Kesehatan Bersumber Masyarakat (UKBM) seperti posyandu, jaminan pemeliharaan kesehatan, tabungan bersalin (tabulin), arisan jamban, kelompok pemakai air, ambulans desa dll.
Siswa kelas 6 SD Negeri Melati akan menyelenggarakan pameran tentang lingkungan. Hari ini mereka akan membuat karya seni kreatif dari bahan alam. Karya mereka akan dijual kepada pengunjung. 

Hasil dari penjualan akan disumbangkan untuk masyarakat sekitar sebagai bagian dari program menuju masyarakat sehat.

Karya seni yang akan mereka buat adalah hiasan dinding pewangi ruangan dari bahan alam. Mereka mengamati contoh-contoh dan mempelajari cara membuat hiasan tersebut:
Cara membuat hiasan dinding pewangi ruangan
Bahan-bahan:
  1. Koran bekas
  2. Lem kayu
  3. Benang
  4. Bunga kering
  5. Bahan alam yang sudah dikeringkan (buah pinus, kayu manis, serai, dll)
  6. Pewangi alami (mawar, melati, jahe, cengkih, daun salam, dll)
Cara membuat:
  1. Bentuk kertas koran menyerupai lingkaran, hati, atau bentuk lain yang diinginkan.
  2. Lilit kertas koran menggunakan benang agar kuat.
  3. Tempel bahan-bahan yang sudah dikeringkan pada koran menggunakan lem sesuai pola yang diinginkan.
  4. Ikat menggunakan tali untuk bahan alam yang berukuran lebih besar.
Ayo Bertanya
Setelah mengamati gambar dan membaca cara membuat hiasan dinding pewangi ruangan, kamu dapat mengajukan pertanyaan kepada guru atau siswa lain di kelas untuk hal yang kamu ingin ketahui lebih.

Ayo Berkreasi
Sekarang saatnya kamu membuat hiasan dinding pewangi ruangan menggunakan bahan-bahan alam yang sudah kamu siapkan dari rumah. Kegiatan ini akan dibuat secara berkelompok yang terdiri atas 4 siswa. Hiasan akan dijual dalam kegiatan pameran tentang lingkungan. Hasil penjualan akan digunakan untuk mengembangkan Program Hidup Bersih dan Sehat di lingkungan sekolahmu.

Untuk kegiatan pameran nanti siswa kelas 6 akan menganalisis dan mempresentasikan tentang grafik tingkat perkembangan kendaraan bermotor di Jakarta yang merupakan penyumbang terbesar terjadinya polusi udara. Ayo, bantu mereka dan berikan pendapatmu.
Ayo Amati
Amati dan analisis grafik batang dan lingkaran tentang jumlah kendaraan bermotor di Jakarta berikut.
Ayo Diskusikan
Diskusikan hasil pengamatanmu secara berpasangan dan lengkapi bagan berikut.
Tulis kesimpulanmu tentang kedua grafik tersebut!
  • Dari kedua grafik dapat disimpulkan bahwa sepeda motor menjadi jenis kendaraan terbanyak yang dipilih warga Jakarta. Ini dibuktikan dari grafik yang selalu meningkat dari tahun ke tahun. Sedangkan bus menjadi yang paling sedikit dipilih warga Jakarta sebagai kendaraan atau alat transportasi mereka.
Ayo Cari Tahu
Untuk membangun masyarakat sehat diperlukan kerja sama dari semua masyarakat. Kerja sama tersebut dimulai sejak janin dalam kandungan sampai dewasa. Apa saja kerja sama yang diharapkan dari masyarakat dan bagaimana hal tersebut bisa terlaksana?

Ayo Amati
Berikut adalah kegiatan dan kerja sama yang diharapkan dari masyarakat agar terwujud masyarakat yang sehat. Amati gambar berikut.

  • Apakah keluargamu sudah melaksanakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tadi?
  • PHBS apa saja yang telah dilaksanakan oleh keluargamu?
  • PHBS apa yang belum dilaksanakan oleh keluargamu?
Pentingnya Kerja Sama
Manusia adalah makhluk sosial. Kita tidak bisa hidup sendiri. Kita perlu berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat.
Kita sering mendengar bahwa dengan bekerja sama, pekerjaan lebih mudah dan tujuan lebih cepat tercapai.
Kerja sama dapat dimulai di lingkungan rumah. Seperti kamu ketahui bahwa rumah adalah tempat tinggal keluarga.
Salah satu contoh kerja sama yang sangat sederhana di lingkungan keluarga adalah menjaga kebersihan rumah. Menjaga kebersihan rumah tidak dapat dilakukan oleh satu orang saja, namun perlu melibatkan seluruh anggota keluarga, misalnya dengan melaksanakan kerja bakti.
Kerja sama juga diperlukan untuk menciptakan masyarakat sehat. Banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya: melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan secara rutin, memilah dan mengolah sampah bersama-sama, menanam pohon di lingkungan rumah, serta mencegah penyebaran penyakit menular melalui 3 M (menguras tempat penampungan air secara rutin, menutup tempat-tempat penampungan air, dan mengubur barang-barang yang tidak terpakai yang dapat menimbulkan genangan air). Tanpa kerja sama, masyarakat sehat tidak akan terlaksana.
Ayo Diskusikan

Berdasarkan teks di atas, diskusikan secara berkelompok kerja sama yang kamu lakukan di lingkungan keluarga untuk menciptkan rumah yang bersih dan sehat.

Tuliskan hasil diskusimu.

Kerja sama mutlak diperlukan untuk menciptakan masyarakat sehat. Banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya:
  1. melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan secara rutin, 
  2. memilah dan mengolah sampah bersama-sama, 
  3. menanam pohon di lingkungan rumah, serta 
  4. mencegah penyebaran penyakit menular melalui 3 M (menguras tempat penampungan air secara rutin, menutup tempat-tempat penampungan air, dan mengubur barang-barang yang tidak terpakai yang dapat menimbulkan genangan air).

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments